B.ILMU EKONOMI

Istilah-istilah yang perlu dipahami

Ekonomi sebagai ilmu sosial, hukum jumlah yang besar, teori,pernyataan positif, pernyataan normatif, ilmu ekonomi mikro, ilmu ekonomi makro, tingkat kesejahteraan, produktifitas tenaga kerja, distribusi pendapatan

1.Definisi ilmu ekonomi
        Pada dasarnya  ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana manusia berusaha dengan memanfaatkan segala sumber daya yang tersedia untuk memenuhi segala kebutuhannya guna mencapai kemakmuran.Begitu pula dalam buku Paul A Samuelson yang diterjemahkan oleh penerbit Erlangga Mikro ekonomi, edisi ke-14.ilmu ekonomi merupakan studi tentang perilaku masyarakat dalam menggunakan sumberdaya/faktor produksi yang langka dalam rangka memproduksi berbagai komoditas (barang dan jasa) untuk kemudian menyalurkannya kepada berbagai individu dalam suatu masyarakat.
     Berdasar dari definisi tersebut, termuat didalamnya;
a. perilaku masyarakat mengenai berupa perilaku indifidu/rumah tangga, perusahaan, industri, atau                 negara.selain itu 
b.sumberdaya/faktor produksi.. Telah dikemukakan dimuka bahwa Sumber daya /faktor produksi meliputi alam, manusia,modal, dan kewirausahaan.Sumber-sumber produksi tersebut bersifat langka. sumber-sumber produktif yang langka tersebut harus digunakan secara cermat dan tepat. Artinya kita harus membuat pilihan penggunaan.
c. Kegiatan produksi dan penyaluran hasil produksi. Kegiatan produksi dilakukan untuk menghasilkan barang dan jasa. Penyaluran hasil produksi dilakukan untuk menjadikan barang dan jasa tersebut siap dikonsumsi, atau menentukan siapa yang akan mengkonsumsi barang dan jasa tersebut.

2.Ilmu ekonomi dan kedudukannya dalam ilmu-ilmu sosial

0 Response to "B.ILMU EKONOMI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel