Skip to main content

KELANGKAAN DAN FAKTOR PENYEBABNYA

KELANGKAAN DAN FAKTOR PENYEBABNYA

         Manusia menurut ahli ekonomi sebagai homo ekonomicus, karena mereka memiliki keinginan yang tidak terbatas, sekalipun kemampuan untuk memenuhinya sangat terbatas, baik dari segi potensi yang dimilikinya maupun alat pemenuhannya.Ritonga dkk (2004) mengatakan kelangkaan (scarcity),apabila kelangkaan terjadi maka maka pemenuhan barang-barang dan jasa menjadi terbatas, yang berarti tidak semua permintaan ysng tidak terbatas itu dapat dipenuhi.Oleh karenanya manusia diberi potensi oleh Allah untuk menentukan pilihannya.
         Buhanuddin (2004) memiliki pandangan tidak jauh berbeda dengan sebelumnya mengenai kelangkaan atau scarcity adalah suatu keadaan pada saat manusia ingin mengkonsumsi jauh lebih banyak dari apa yang diproduksi atau suatu keadaan saat yang diinginkan manusia jauh lebih banyak dari apa yang tersedia.Begitupula Alam S (2013) mengatakan, kelangkaan dimana kondisi   manusia memiliki sumberdaya ekonomi terbatas untuk memenuhi kebutuhannya yang tidak terbatas.Terdapat dua hal didalamnya yakni sumber daya ekonomi bersifat terbatas dan pemenuhan kebutuhan memerluksn sumber dsys ekonomi ysng tidak terbatas.
           Bedasar dari uraian tersebut diatas maka kelangkaaan dapat diartikan bahwa ketika terjadi keinginan manusia melebihi dari potensi sumber daya yang tersedia, baik itu sumber daya alam, maupun sumberdaya manusia. Hal ini semakin nyata ketika manusia ingin memanfaatkan sumber daya ekonomi, seperti sumber daya alam, tenaga kerja, modal, dan keterampilan kewirausaan. Makanya itu faktor penyebab kelangkaan,   antara lain (1) keterbatasan benda pemenuhan kebutuhan di alam,(2) kerusakan sumberdaya alam akibat ulah manusia,(3) keterbatasan kemanpuan manusia mengolah somber daya ekonomi yang ada,(4) peningkatan kebutuhan yang lebih cepat dibandingkan dengan penyediaan sarana pemenuhan kebutuhan.

Sumber;

Ritonga dkk  (2004) Ekonomi SMA  kurikulum  2004 Jakarta; Erlangga
Burhanuddin  (2004) Ekonomi untuk SMA Kelas X  Kurikulum 2004 Surakarta; PT.Pabelan.
Alam S          (2013) Ekonomi Kurikulum  2013 Jakata; Erlangga.           

Comments

Popular posts from this blog

SOAL DAN JAWABAN POKOK BAHASAN INDEKS HARGA | ekonomiakuntansiid

SOAL DAN JAWABAN POKOK BAHASAN INDEKS HARGA DAN INFLASI
Untuk lebih memperdalam lagi mengenai indeks haraga maka ada beberapa hal yang harus sahabat ilmu ekonomi ketahui, oleh sebab itu pembahasan kali ini akan membahas tentang metode penghitungan indeks harga, metode penghitungan indeks harga tidak terimbang dan penghitungan indeks harga.
Metode Penghitungan Indeks Harga Secara garis besar, ada dua metode penghitungan indeks harga, yakni metode tidak tertimbang dan metode tertimbang.
a. Metode tidak tertimbang Yaitu metode yang tidak menggunakan faktor penimbang dalam menghitung indeks harga. Karena tidak menggunakan faktor penimbang maka semua barang dianggap sama penting.

Ada dua jenis metode tidak tertimbang, yaitu:

1) Metode agregatif sederhana, yang dirumuskan sebagai berikut:








Contoh soal

Diketahui harga rata-rata 6 macam barang adalah sebagai berikut:

Jika tahun 2001 dijadikan sebagai tahun dasar maka dengan menggunakan metode agregatif sederhana, indeks harga tahun 200…

Soal dan Jawaban Pokok Bahasan Permintaan (Demand) dan Penawaran (Supply) | ekonomiakuntansiid

Soal dan Jawaban Pokok Bahasan Permintaan  (Demand) dan Penawaran (Supply)
Berikut ini akan ditampilkan beberapa soal uraian atau essay dan pembahasan. Akan tetapi sebelumnya ditampikan beberapa teori mengenai Permintaan dan Penawaran, Harga Keseimbangan, Struktur Pasar, Elastisitas, Hukum, Kurva, Komoditas, Input, Ekonomi, agar pembaca tidak terlalu terisolasi kedalam satu pokus . Artinya kalau hanya ditampilkan soal saja boleh jadi pemikiran hanya terkhusus pada satu permasalahan padahal masih banyak permasalahan lain yang berkaitan dengan itu. Permintaan dan Penawaran, Harga Keseimbangan, Struktur Pasar, Elastisitas, Hukum, Kurva, Komoditas, Input, Ekonomi - Masihkah Anda ingat dengan masalah pokok ekonomi? Pada bab sebelumnya telah dijelaskan bahwa masalah itu adalah apakah barang atau jasa yang harus diproduksi dan berapa jumlahnya? Masalah tersebut dapat dipecahkan dengan memperhatikan interaksi antara pembeli dan penjual di pasar. Interaksi tersebut akan menentukan tingkat …

Soal-Soal dan Jawaban Badan Usaha | ekonomiakuntansiid

Soal-Soal dan Jawaban Badan Usaha

Latihan Soal Kegiatan Ekonomi Masyarakat Bab Badan Usaha
Salah satu cara untuk memancing bangkitnya daya nalar setiap orang adalah dengan belajar melalui soal-soal. Makanya itu ditampilkan beberapa soal-soal untuk memancing daya nalarnya sekaligus memacu semangat belajarnya. silahkan dicoba-coba-coba terus insya Allah pasti sukses. 

Soal dan Jawaban Uraian Badan Usaha
1.    Bedakan pengertian antara usaha, perusahaan dan Badan Usaha

Usaha merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan memperoleh hasil yang berupa laba.perusahaan adalah kegiatan usaha yang bersifat tetap, dilakukan secara terus-menerus, dan dikelola secara baik dengan tujuan menghasilkan barang dan jasa sehingga dapat melayani kepentingan umum sekaligus memperoleh laba.Badan usaha merupakan suatu unit ekonomi yang mengkombinasikan seluruh sumber daya ekonomi, seperti sumber daya alam, manusia, modal, serta kewirausahaan untuk menghasilkan barang dan jasa.

2.    Sebutkan jenis bada…