KETEPATAN DALAM PENENTUAN PILIHAN SALAH SATU UPAYA UNTUK MENGATASI MASALAH EKONOMI

    Keterbatasan sumber daya finansial menyebabkan pula keterbatasan kemampuan konsumen untuk membeli barang-barang konsumsi. Selain itu keterbatasan sumber daya alam menyebabkan kemampuan produsen untuk memproduksi barang ikut terbatas. Tidak ketinggalan pula kelangkaan SDM dan modal membatasi pembangunan ekonomi suatu negara. Begitupla keterbatasan waktu bagi siswa untuk melakukan kegiatan yang diinginkan, seperti menyelesaikan PR. Berolahraga, nonton film, dan lain-lain. Keinginan yang tidak terbatas dan sumber daya yang terbatas menyebabkan orang harus memilih dengan baik keinginan atau kebutuhan mana yang harus mereka penuhi diantara keinginan-keinginan atau kebutuhan-kebutuhan yang ada.
      Penentuan pilihan ekonomi adalah suatu kesadaran untuk memutuskan mengenai penggunaan sumber daya yang langka dengan cara tertentu. Seiring dengan ungkapan Alam S dalam buku, Ekonomi kur 2013. Pilihan ekonomi, keputusan sadar untuk menggunakan sumber daya yang langkah dengan cara tertentu.Pilihan dapat ditentukan dalam lingkup pribadi maupun dalam lingkup masyarakat terlebih lagi dalam negara.Barangkali tidak ada stupun yang menyangkal kalau penulis mengatakan bahwa semua orang pasti diperhadapkan dengan masalah kelangkaan dalam lingkup pribadi.Begitupula negara dengan berbagai macam keinginan penduduknya sehingga memerlukan suatu kesadaran besama dalam menetukan pilihan dalam penggunaan sumber daya yang langkah dengan cara dan stategi tertentu.Sekalipun dalam menentukan pilihan diperlukan adanya keseimbangan dengan manfaat yang kita akan peroleh jika kita memiliki sesuatu dan biaya yang harus kita keluarkan kalau memang ada yang harus dikorbangkan. Hal inilah disebut biaya peluang.
       Oleh karena itu dalam menentukan pilihan, ada beberapa hal yang perlu kita lakukan, diantaranya;(1) analisa biaya peluang,(2) Analisa biaya manfaat, (3) mengidentifikasi faktor pendorong kegiatan ekonomi, (4) menyadari trade off, adalah situasi dimana seseorang harus membuat keputusan untuk memilih suatu hal drngan mengorbankan hal lain dengan alasan ekonomis. Misalnya kita memilih menggunakan waktu untuk belajar dari pada bermain game atau yang lainnya.(5) berpegang pada prisif ekonomi. Begitupula dalam kegiatan konsumsi, ada beberapa prinsip yang mendasari pilihan konsumen, prinsip intu antara lain sebagai berikut; (1) Keterbatasan pendapatan yang mengharuskan pemilihan, (2) Konsumen mengambil keputusan dengan pertimbangan alternatif, jika biaya dua produk sama, konsumen akan memilih untuk membeli produk yang memiliki manfaat lebih tinggi. (3) Sebuah barang sudah memiliki barang subtitusi atau dapat diganti dengan barang yang lain, (4) Konsumen harus membuat keputusan tanpa informasi sempurna, tapi pengetahuan dan pengalaman akan membantu.(5) terjadinya hukum nilai guna marjinal.Ketika jumlah konsumsi meningkat, nilai guna marjinal yang didapat dari mengkonsumsi unit tambahan, akan menurun.Contohnya, meskipun kita senag eskrim, kepuasan marjinal yang kita dapatkan dari mengonsumsi es krim akan makin berkurang ketika kita makin banyak mengkonsumsinya.  
          

0 Response to "KETEPATAN DALAM PENENTUAN PILIHAN SALAH SATU UPAYA UNTUK MENGATASI MASALAH EKONOMI "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel