PEMANFAATAN BIAYA PELUANG DALAM RANGKA MENGATASI MASALAH EKONOMI

    Berbagai cara untuk mengatasi masalah ekonomi termasuk yang telah dipaparkan sebelumnya yakni menetukan pilihan yang tepat. Sekarang tiba saatnya memanfaatkan biaya peluang untuk mengatasi masalah ekonomi, melakukan skala prioritas dan pengelolaan keuangan, selain itu mengatasi masalah ekonomi mikro, juga mengatasi masalah ekonomi makro, dan sistem ekonomi sebagai solusi masalah ekonomi.
      Dalam rangka menentukan pilihan yang paling tepat untuk menetapkan alternatif yang paling  menguntungkan. Maka sangat diperlukan pertimbangan dalam menentukan biaya peluang sebab:
1. Pengertian biaya peluang 
    Biaya peluang adalah pengorbanan segala sesua untuk memperoleh sesuai dengan harapan. Pada saat menentukan suatu tindakan maka pada saat itu pula harus membuat keputusan, sebab kita tidak hanya memilih, tetapi juga haarus mempertimbangkanbiaya peluang. Ada beberapa pendapat mengenai biaya peluang, diantaranya sebagai berikut:
a. N.Gregory Mankiw mengatakan, biaya peluang adalah segala sesuatu yang harus dikorbankan untuk   memperoleh sesuatu (the opportunity cost of an item is what you give up to get that item).Artinya biaya  peluang diharuskan memperhitungkan biaya nyata yang dikorbankan dan biaya tidak nyata yang   dikorbankan.
b.Robert B. Ekelund, Jr. dan Robert D. Tollison mengatakan biaya peluang adalah biaya dari penggunaan sumberdaya ekonomi untuk tujuan tertentu,yang diukur dalam ukuran keuntungan yang tidak jadi diperoleh karena belum memilih alternatif itu dibandingkan dengan komoditi yang didapat sebgai gantinya karena memilih alternatif.(the opportunity cost is the cost of using resources for a certain purpose, measured in term of the benefit given up by not using therm in the alternative way, that is, measured in term of other commodities, that could have been obtained instead).
c. Paul A. Samuelson dan William D. Nordhaus berkata bahwa memilih biaya peluang, karena memilih satu hal dalam dunia kelangkaan berarti menyerahkan sesuatu yang lain. Biaya peluang adalah nilai barang atau jasa yang berharga yang hilang (decision have opportunity cost, because choosing one thing in aworld of scarcity means giving up something else. The opportunity cost is the value of the most valuable goods or service forgone).
       Dari ketiga pendapat tersebut diatas mengenai biaya peluang maka suatu kewajaran kalau penulis berkesimpulan :
1) Biaya peluang dari sesuatu adalah pengorbanan sesuatu memperoleh sesuatu
2) Biaya peluang juga dapat dijadikan dasar pilihan jika melakukan alternatif yang dibatalkan untuk dipilih. Hasilnya adalah sesuatu yang tidak dapat dikomfaransi dengan sesuatu yang diperoleh setelah memilih alternatif tindakan.Jelasnya perhatikan contoh pada tulisan berikutnya:

1 Response to "PEMANFAATAN BIAYA PELUANG DALAM RANGKA MENGATASI MASALAH EKONOMI"

Postingan Populer

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel