STRATEGI UNTUK MENGATASI MASALAH EKONOMI SUATU NEGARA

      Sepanjang perjalanan hidup ummat manusia di negara manapun berada, ekonomi senantiasa menjadi  suatu masalah secara absolut, seiring dengan kebutuhan manusia diberbagai segi juga ikut tak tertahankan-sementara sumberdaya pemuas kebutuhan manusia tanpa dibatasi sudah pasti terbatas.
       Bahkan para ahli ekonomi sepakat untuk mengatakan bahwa andaikan kebutuhan manusia diberbagai segi bisa dibatasi ataukah sumberdaya untuk memuaskan kebuhan tidak terbatas maka secara pasti ekonomi tidak menjadi masalah. Kenapa demikian, karena ekonomi itu berhubungan langsung dengan aturan rumaha tangga, baik itu rumah tangga keluarga maupun rumah tangga negara.Dengan kepandaian apapun yang digunakan, apatah lagi jika hanya menunggu nasib baik untuk memenuhi kebutuhan itu tidak akan akan mungkin kecuali dengan menempuh beberapa strategi untuk mengatasinya, itupun belum tentu maksimal. Akan tetapi didalam ajaran islam diyakini bahwa nasib sesuatu kaum tidak akan mungkin berubah kearah yang lebih baik kecuali dengan usaha sendiri sambil berdoa kepada yang maha kuasa.
        Oleh karena itu ada beberapa strategi untuk mengatasi masalah ekonomi; (1) menentukan pilihan yang tepat, (2) memanfaatkan biaya peluang, (3) skala prioritas dan pengelolaan keuangan, (4) mengatasi masalah ekonomi mikro, (5) mengatasi masalah ekonomi makro, (6) sistem ekonomi sebagai solusi masalah ekonomi.     
Drs. Zaenuddin Kabai, M.Pd.
Drs. Zaenuddin Kabai, M.Pd. Born in Bantaeng 07 January 1960, I was the seventh child of seven children graduated .1970 ST SD.1974.Graduated Building Department NEG.Bantaeng SMEA Neg.Bantaeng. Majors Tata Gedung.Th1977.Graduated Book (Accounting) .1980 training Draftsman building / architect in BLKI makassar for three months. In 1988 completed the study (S1) IKIP THE END OF IT. Strata year 2005 completed two (S2) UNM Makassar. IPS. Specific Management Education.