KEGUNAAN BARANG




         Sejak awal keberadaan manusia dimuka bumi belum parnah terjadi ada manusia yang tidak mengakui   bahwa   barang dapat memuaskan kebutuhan  manusia. karenanya, barang itu mempunyai kegunaan. Dengan kata lain, barang itu dapat dikatakan berguna ketika barang itu dapat memenuhi kebutuhan manusia. Oleh karena kegunaannya maka barang tersebut disukai orang, sehingga terkadang barang tersebut menjadi rebutan.
        Ada beberapa macam kegunaan barang sebagai berikut yakni: kegunaan dasar (elementary utility),kegunaan bentuk (form utility), kegunaan tempat (utility of place), kegunaan pemilikan(ownership utility), kegunaan waktu(utility of time), kegunaan pelayanan(service utility)
1.       Kegunaan dasar  (elementary utility) kegunaan dasar adalah peningkatan dari bahan dasar menjadi barang jadi yang mempunyai nilai guna yang lebih tinggidari pada barang asalnya. Misalnya kapas sebagai bahan dasar membuat benang, tekstil bahan dasarnya benang, sedangkan pakaian bahan dasarny tekstil.
2.       Kegunaan bentuk (formutility), agar menjadi berguna, sesuatu yang harus diubah terlebih dahulu dari bentuk aslinya, Kulit sapi lebih berguna jika dubah menjadi kulit bahan baku tas, sepatu.  Apatah lagi kalau kulit sudah berubah menjadi tas pesta kaum ibu dan selebrity, serta diubah menjadi sepatu. Kayu lebih berguna jika sudah dirubah mrnjadi meja dan kursi.
3.       Kegunaan tempat (etility of place) ,barang akan lebih berguna jika telah dipandahkan ketempat lain. Padi yang dipanen tetap disimpan dilumbung kurang berguna. Padi akan lebih berguna apabila dibawah kekota didaerah-daerah yang kekurangan beras.Pasir dipantai atau disungai kegunaannya kecil.Akan tetapi, sangat berguna setelah diangkut ketempat-tempatlain sebagai bahan bangunan.Demikian ula kapur digunung menjadi berguna setelah dibawah ketempat lainuntuk behan bangunan.
4.       Kegunaan pemilikan (ownership utility), adalah suatu barang akan lebih berguna jika benda itu telah dimiliki atau disewa oleh orang yang membutuhkan.Buah-buahan yang bukan milik kita tidak dapat kita makan.Buah-buahan itu baru kita dapat makan setelah kita miliki.Mobil ditoko akan akan mempunyai nilai guna jika sudah dibeli seseorang.Kamar hotel akan berguna jika disewa orang.
5.       Kegunaan waktu (time of utility), Kegunaan waktu adalah pada saat etrtentu barang akan berguna, misalnya jas hujan akan berguna pada saat musim hujan.
6.       Kegunaan pelayanan (service utility), Suatu barang akan menjani berguna jika dapat memberikan jasa kepada kita. Misalnya, televise akan berguna jika ada siaran.
         Berdasarkan uraian tersebut diatas maka dapat disimpulkan bahwa barang itu akan berguna jika sudah dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan manusia. Dengan kata lain terjadi sebab akibat antara kegunaan barang dengan kepuasan manusia artinya barang itu akan berguna jika dapat memuaskan kebutuhan manusia. Tapi manakala sebaliknya artinya manakala barang itu tidak dibutuhkan maka dapat dipastikan barang itu belun berguna.            

0 Response to "KEGUNAAN BARANG"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel