MACAM - MACAM BARANG



        Dalam rangka memenuhi kebutuhan manusia yang beraneka ragam, manusia sangat memerlukan alat-alat untuk memenuhi kebutuhannya, yaitu berupa barang dan jasa. Barang atau benda diartikan segala sesuatu yang menjadi sarana, baik secara langsung maupun tidak langsung, untuk memenuhi kebutuhan manusia, dan merupakan barang berwujud. Sedangkan jasa diartikan segala sesuatu yang dapat memenuhi kebutuhan manusia yang tidak berwujud. Makanya itu dari beberapa macam barang dapat digolongkan menurut beberapa cara seperti berikut:
DARI SEGI CARA MEMPEROLEHNYA, terdiri dari ;(1) barang ekonomi, (2)barang bebas, (3) barang illith.
Barang ekonomi, ialah barang yang mempunyai kegunaan dan langka atau jumlahnya terbatas. Dengan kata lain jumlahnya lebih sedikit dibanding dengan yang dibutuhkan masyarakat. Barang ekonomi hanya dapat kita peroleh dengan pengorbanan. Hampir setiap barang yang kita perlukan  merupakan barang ekonomi. Misalnya, makanan,minuman, pakaian, rumah, dan kendaraan. Barang ekonomi dapat juga dikelompokkan sebagai berikut; barang ekonomi yang berwujud, barang ekonomi tidak berwujud.
       Oleh karena barang ekonomi yang berwujud itu diperoleh dengan melalui pengorbanan, dan beraneka ragam maka berikut ini dikelompokkan sebagai berikut; (1) barang konsumsi adalah barang yang keberadaanya tidak memerlukan pengolahan lagi dan dapat secara langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Barang ini sering pula disebut barang jadi atau barang akhir.
       Barang konsumsi dilihat dari segi masa pakainya terdiri dua yaitu barang konsumsi yang tahan lama, seperti pakaian, perabot raumah tangga, dan sepatu. Sedangkan barang konsumsi yang tidak tahan lama biasa juga disebut barang habis satu kali pakai, seperti makanan dan minuman.(2) Barang produksi atau barang modal adalah barang yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia secara tidak langsung.Barang ini digunakan untuk menghasilkan  barang konsumsi dan atau barang-barang modal lainnya.
       Barang produksi dapat pula dibagi menjadi dua yakni, barang produksi satu kali pakai seperti bahan mentah dan bahan baku, sedangkan barang produksi lebih dari atu kali pakai misalnya,mesin, peralatan pabrik,dan gedung.
      Barang ekonomi yang tidak berwujud atau jasa contohnya, jasa dokter, jasa guru, salon kecantikan, pengacara, dan bengkel kendaraan.
Barang bebas, ialah barang jumlahnya berlimpah, barang ini tersedia dalam melebihi dari yang dibutuhkan masyarakat. Barang bebas dapat diperoleh tanpa pengorbanan. Barang ini berbeda dengan barang ekonomi.Karena jumlah lebih besar dan perolehannya tanpa pengorbanan maka dikatakan barang bebas. Contohnya, udara yang kita hirup, sinar matahari dan air laut didaerah pantai.
Barang illith, adalah barang yang terkadang disuka karena merupakan kebutuhan terkadang juga merupakan bencana. Kalau mereka terlalu banyak dan berlebihan. Bukannya penopang kebutuhan akan tetapi sebuah bencana. Seperti air dan api pada saat berlebihan akan mengakibatkan kebakaran dan banjir.
DARI SEGI  FUNGSINYA, dapat dibedakan menjadi dua yakni; (1)barang subtitusi, (2) barang komplementer.
Barang Subtitusi, biasa disingkat dengan barang pengganti. Yaitu barang yang pemakaian nya saling mengganti. Misalnya tidak ada beras bias diganti dengan jagung,roti barang pengganti beras atau nasi, ikan sebagai subtitusi daging ayam.Gula merah diganti oleh gula pasir atau sebaliknya.
Barang Komplementer, artinya barang yang kalau pasangannya tidak lengkap pungsinya hampir tidak sesuai dengan sasaran, Makanya dikatakan barang pelengkap. Makanya barang seperti ini barang komplementer adalah barang yang penggunaannya saling melengkapi.Mobil dengan bensin atau solar.
DARI SEGI JAMINAN, Barang ekonomi dapat dibedakan menjadi dua, (1) barang bergerak, (2) barang tidak bergerak.       
Barang Bergerak, adalah barang yang digunakan sebagai jaminan untuk memperoleh kredit atau pinjaman jangka pendek.Contohnya, perhiasan sebagai jaminan untuk memperoleh pinjaman dari pegadaian.
Barang tidak bergerak, adalah barang yang sering dan bisa digunakan sebagai jaminan untuk memperoleh kredit atau pnjaman jangka panjang. Contoh tanah atu rumah dijadikan sebagai jaminan untuk mendapatkan pinjaman dana dari bank.
DARI SEGI PROSES PEMBUATANNYA,
        Dari segi proses pembuatannya, barang dapat dibedakan sebagai berikut ;
a.      Bahan mentah, adalah bahan produksi awal untuk dijadikan bahan baku pada produksi selanjutnya.misalnya, kapas untuk membuat benang, kulit binatang untuk membuat kulit sebagai bahan baku sepatu.
b.      Barang setengah jadi. Barang yang merukan produksi kedua dari bahan mentah dan siap digunakan pada produksi selanjutnya.misalnya, benang dari kapas, kemudian benang untuk membuat tekstil, dan tekstil untuk membuat pakaian.
c.       Barang jadi, yaitu merupakan barang siap dikonsumsi atau siap digunakan. Contohnya, pakaian dan sepatu.   
Berdasarkan uraian tersebut diatas maka disimpulkan bahwa barang dan macam-macam  barang sungguh sangat bermacam ragam, serta dapat dikelompokkan dari berbagai segi.       

  
         

0 Response to "MACAM - MACAM BARANG"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel