NERACA SALDO


Neraca SaLdo |                                  
      Sebelum melanjutkan kelaporan keuangan kita harus terlebih dahulu kita menyusun neraca saldo agar didalam mengklasifikasi perkiraan atau akun lebih muda.Dalam penyusunan laporan keuangan klasifikasi akun merupakan suatu kemutlakan. Yakni, mana akun riil (neraca) yang teridiri dari harta, utang, dan modal. Sedangkan akun nominal(akun rugi laba) yang terdiri dari pendapatan/penghasilan dan biaya secara keseluruhan.        

ali ini saya akan membuat pencatatan transaksi ke jurnal umum serta pemindahbukuan transaksi ke buku besar. Tahap selanjutnya adalah tahap pengikhtisaran dimana transaksi-transaksi yang terjadi diikhtisarkan. Hal yang penting dalam tahap ini adalah neraca saldo dan kertas kerja.
Setelah pemindahbukuan, saldo-saldo akun di buku besar dapat diketahui. Selanjutnya saldo-saldo tersebut diikhtisarkan dalam suatu neraca yang disebut neraca saldo. Jadi, neraca saldo adalah suatu daftar tempat mencatat secara sistematis saldo-saldo akun buku besar berdasarkan kelompok akun.
Neraca saldo disusun dengan langkah-langkah sebagai berikut.
1. Siapkan kolom neraca saldo seperti contoh, kemudian tulis judul yang memuat (tiga) 3 hal, yaitu nama perusahaan, neraca saldo, dan tanggal pembuatan (1).
2. Tulis nomor akun pada kolom nomor (2) dan nama akun yang dibuka perusahaan pada kolom nomor (3).
3. Catat saldo debit suatu akun ke neraca saldo kolom debit (4) dan saldo kre dit suatu akun ke neraca saldo kolom kredit (5).
4. Setelah saldo-saldo setiap akun dipindahkan dengan benar selanjutnya jumlahkan. Jumlah kolom debit (6) dan kolom kredit (7) harus seimbang. Keseimbangan merupakan indikasi pemindahbukuan sudah benar.


DAFTAR AKUN BUKU BESAR
1
Harta/Aset
D
2
Utang/Liabilitas
K
3
Modal/Ekuitas
K
4
Pendapatan/Income
K
5
Biaya/Cost
D


No
Akun
Saldo
D
K
1
Harta/Aset
D
-
2
Utang/Liabilitas
-
K
3
Modal/Ekuitas
-
K
4
Pendapatan/Income
-
K
5
Biaya/Cost
D
-
Jumlah debet dan kredit harus sama kapan tidak sama maka dipastikan ada kesalahan posting sebelumnya.

0 Response to "NERACA SALDO"

Post a Comment

Postingan Populer

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel