SISTEM EKONOMI LIBERAL



SISTEM EKONOMI LIBERAL | Sistem ekonomi dimana pemerintah terlibat dalam mencampuri atau menetukan kegiatan ekonomi masyarakat yang mereka ingin lakukan. Masyarakat diberi kebebasan penuh dalam kegiatan ekonomi emerintah tidak ikut  sama sekali didalam kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat. Dangan kata lain seluruh sumber daya yang tersedia yang dimiliki oleh dikuasai oleh anggota masyarakat, mereka diberi kebebasan untuk menentukan pengunaannya. Bahkan pekerjaan yang ingin dikerjakan selama tidak merugikan kepentingan umum juga diberi kebebasan.
        Begitupula barang-barang yang ingin dibeli dari penghasilan masyarakat diberi kebebasan sepenuhnya. Dengan kondisi seperti inilah sehingga dikatakan sistem ekonomi liberal adalah system yang memberikan sepenuhnya kepada anggota masyarakat untuk menentukan kegiatan ekonomi yang akan dilakukan disebut sebagai laissez faire (bahasa perancis) yang artinya biarlah mereka melakukan pekerjaan sesuai dengan kehendak mereka. Rumah tangga perusahaan, industri diberi kebebasan untuk membuat keputusan serta menjalankannya.        
       Mereka bebas mengikuti kehendaknya dalam batas-batas norma, hokum, tradisi, kebudayaan,dan politik yang berlaku dinegaranya. Olehnya itu dalam system ekonomi liberal disebut juga system ekonomi pasar karena pasar yang diberi kebebasan untuk menentukan kegiatan ekonominya. Campur tangan pemerintah yang menjadi penghambat dalam kehidupan perekonomian sudah tidak ada. Negara yang banyak menganut sistem ini Amerika serikat.
     Ciri-ciri sistem ekonomi liberal;
1.      Semua alat dan sumber produksi berada ditangan perseorangan, masyarakat atau perusahaan-perusahaan. Dalam hal ini masyarakat secara indifidu maupun kelompok diberi kebebasan untuk mengatur dan memilikinya.
2.      Adanya pembagian kelas dalam masyarakat, yakni; (1) kelas pemilik,dan (2) kelas pekerja bahkan (3) kelas juragan.
3.      Adanya persaingan antar pengusaha. Karena setiap orang diberi keleluasaan mempunyai dan berkarya maka persaingan antar pengusaha tidak dapat dihindarkan. Karena mereka masing-masing beorientasi untuk mempeoleh keuntungan sebesar-besarnya.
Kebaikan sistem ekonomi liberal adalah;
1.      Setiap individu bebas mengatur perekonomiannya dan tidak perlu menunggu perintah dari pemerintah, sehingga bebas berusaha untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya.
2.      Setiap individu diberi kebebasan untuk memiliki aiat-aiat produksi.
3.      Metivasi kreatifitas dikalangan pengusaha meningkat terus dengan adanya ersaingan.
4.      Produksi sesuai dengan kebutuhan pasar.
       Selain kebaikan dari sistem ekonomi liberal juga tidak terlepas dari keburukan yang mungkin terjadi dengan adanya kebebasan sepenuhnya oleh masyarakat untuk menentukan produksi dan distribusi, maka berikut ini keburukan sistem ekonomi liberal.
       Keburukan sistem ekonomi liberal ;
1.      Tidak menutup kemungkinan lahirnya peindasan terhadap manusia lainnya. Yang kaya makin kaya makin kaya dan yang miskin tambah miskin alias semakin melarat.
2.      Menopolistik tak terhindarkan dan sangat merugikan masyarakat.
3.      Pemerataan pendapatan tidak ada karena setiap orang berburu penghasilan sebanyak-banyaknya.             

0 Response to "SISTEM EKONOMI LIBERAL"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel