SISTEM EKONOMI SOSIALIS/TERPUSAT |



 SISTEM EKONOMI SOSIALIS/TERPUSAT | Negara yang menganut sistem ekonomi sosialis, maka tatanan ekonominya sangat ditentukan oleh pemerintah, ini berarti bahwa segala persoalan ekonomi baik dalam negeri  maupun ekonomi luar negeri ditentukan oleh pemerintah.Makanya system ini disebut juga system ekonomi terpusat atau sosialis dan bahkan dikatakan system ekonomi komando.
       Sistem ekonomi tersebut adalah Segala ermasalahan ekonomi dijawab oleh pemerintah pusat, mengenai  barang apa yang akan diproduksi dan berapa banyak jumlahnya. Jawaban dari persoalan ini adalah dalam bentuk perencanaan ekonomi yang telah terincin dengan dengan baik mengenai kegiatan produksi beberapa tahun kemudian atau mendatang, bahkan sampai tahapan-tahapan tigapuluh lima tahunan atau jangka panjang. Berdasarkan perencanaan atas jenis dan jumlah barang yang akan diproduksi. Badan perencanaan ekonomi Negara tersebut akan memberikan tugas-tugas keada berbagai unit produksi. Unit-unit tersebut diharuskan untuk mencapai target tertentu  didalam kegiatan memproduksi barang. Dalam system ekonomi terpusat, prosess ekonomi melaju lewat komando pusat. Semua segala putusan ditentukan oleh pemerintah pusat. Sistem ini rumah tangga, perusahaan, dan industry hanyalah sebagai pekerja saja, tidak bebas untuk berbuat sesukanya. Makanya itu system ini dikatakan juga system ekonomi perncanaan terpusat.
Ciri-ciri system ekonomi terpusat minimal ada tiga berikut;
1.       Semua alat dan sumber produksi adalah milik Negara. Oleh karena alat-alat produksi dan sumber produksi dimiliki dan dikuasai oleh Negara, maka hak milik perorangan tidak ada, kalaupun ada hanya dengan jumlah yang telah ditentukan oleh pemerintah. Setiap orang didalam Negara yang menganut sistem perekonomian ini tidak mempunyai apa-apa. Mereka hanyalah sebagai pelaksana belaka atau sebagai obyek dan bukan subyek.
2.       Kebijakan perekonomian diatur oleh pemerintah. pemerintah sebagai penguasa akan membuat rencana pembangunan nasionalnya. Segala kebijaksanaan yang akan dilaksakan ada ditangan pemerintah pusat, baik dalam hal perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan,  maupun pengawasannya.
3.       Jenis pekerjaan dan pembagian kerja diatur  oleh pemerintah. Jenis-jenis pekerjaan didalam suau Negara serta pembagin kerja diatur oleh pemerintah. Rakyat tidak bebas memilih pekerjaan dan tidak  bebas untuk berpindah-indah pekerjaan.
       Sistem ekonomi terpusat atau sosialis dianut oleh Negara-negara eropa timur, seperti Rusia, Rumania, dan Polandia. Sekalipun demikian Sistem ekonomi sosialis ini ada juga kegaikannya;
1.       Pemerintah bertanggung jawab sepenuhnya terhadap perekonomian nasionalnya.
2.       Pemerintah dapat menentukan jenis-jenis produksi / industri sesuai keinginan negaranya.
3.       Pemerintah bertanggung jawab terhadap distribusi barang-barang.
4.       Sangat mudah dikendalikan dan diawasi.
Disamping kebaikan adajuga keburukannya yakni;
1.       Hak milik perorangan tidak ada kecuali barang-barang yang sudah dibagikan.
2.       Potensi kreatifitas dan inovasi yang konstruktif tiap warga Negara tidak berkembang bahkan ter eleminasi karenanya.


                

0 Response to "SISTEM EKONOMI SOSIALIS/TERPUSAT |"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel