SISTEM EKONOMI



SISTEM EKONOMI | Tidak ada satupun Negara didunia yang tidak diperhadapkan  oleh masalah pemenuhan kebutuhan dari ada rakyatnya atau penduduknya. Sebab yang namanya pemenuhan kebutuhan diberbagai segi  dalam hidup berbangsa dan bernegara  adalah sangat esensial. Terbukti tidak ada satupun pemimpin dunia yang tidak mendengungkan kesejahteraan bangsanya, dan bahkan sampai pada kesejahteraan lahir batin sekalepun agak sulit dipenuhi. Untuk itu diberbagai Negara didunia dengan mengatasi permasalahan ekonominya dengan menggunakan cara atau system sesuai dengan latar belakang masing-masing negara tersebut. Sekalipun kesemuanya itu bermuara pada kesejahteraan rakyat Negara bersangkutan. Untuk mengatasinya dengan menggunakan sisstem ekonomi yang mereka pilih.  
Pengertian  Sistem ekonomi , 
           Sistem ekonomi adalah kehidupan ekonomi suatu Negara menyangkut berjuta-juta orang, ribuan perusahaan besar dan kecil, serta ribuan macam barang dan jasa. Kehidupan ekonomi juga merupakan suatu kesatuan karena semuanya berhubungan satu sama lain dan saling mempengaruhi. Singkatnya adalah sistem ekonomi adalah cara suatu bangsa atau Negara untuk mengatasi masalah perekonomiannya dengan menggunakan sebuah system yang saling berhubungan dan saling mempengaruhi.
          Cara suatu bangsa untuk menata kelangsungan ekonominya disebut sistem ekonomi atau tatanan ekonomi. Sistem ekonomi menampilkan strategi suatu bangsa dalam mengorganisir kehidupan ekonominya demi menjawab tantangan yang mereka hadapi terutama menyangkut; (1) barang apa yang akan diproduksi dan berapa banyaknya, (2) bagaimana cara memproduksinya,(3) kepada siapa barang dibuat,(4) kapan barang itu diproduksi.
         Setiap Negara berbeda-beda dalam membuat keputusan mengenai masalah tersebut. Hal itu tergantung pada system ekonomi yang mereka ingin diterapkan oleh suatu Negara. Sekalipun tidak menafikan kondisi alam dan lingkungan Negara tersebut, manusia, kemampuan modalnya, dan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki Negara tersebut.
Macam-macam sistem ekonomi | ada beberapa macam sistem ekonomi didunia ini sekalipun berbagai macam sistem ekonomi tapi kesemuanya itu adalah upaya untuk mensejahterakan bangsanya.Sistem ekonomi tersebut; Sistem ekonomi tradisional, system ekonomi sosialis, system ekonomi liberal, Sistem ekonomi Indonesia.
         Sistem ekonomi tradisional atau konserfatif, adalah cara mengatasi permasalahan ekonomi dengan cara konfensional atau dasar. Pola piker dalam mengelolah factor-faktor produksi masih sangat terbatas. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan keahlian maupun modalnya, cara berproduksi hanya mengandalkan tenaga manusia. Itupun tanpa diperhitungkan sumber daya yang dimili oleh tenaga kerjanya, bahkan ketergantungannya terhadap alam sangat tinggi.
       Ciri-ciri sistem ekonomi tradisional terdiri dari ;
1.      Manajemen kerja masih sangat sederhana karena belum pembagian kerja.
2.      Masih menggunakan cara barter karena belum mengenal uang.
3.      Masih sangat berpatokan pada tradisi yang berlaku didalam masyarakat mengenai hasil produksi dan distribusi.
4.      Memproduksi barang sesuai dengan kebutuhan
5.      Kekeluargaan dalam kehidupan masyarakatnya besifat kekeluargaan
6.      Masih mengandalkan tanah sebagai sumber penghidupan dan sumber kemakmuran.
Berdasarkan uraian tersebut diatas  barangkali tidak salah kalu penulis perkesimpulan bahwa system ekonomi tradisional adalah suatu cara penyelesaian masalah perekonomian suatu Negara dengan sangat sederhana sehinggi produksi dan distribusi sesuai dengan kebutuhan atau pesanan.         

0 Response to "SISTEM EKONOMI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel