DISTRIBUSI BARANG| Ekonomiakuntansiid



DISTRIBUSI BARANG| Ekonomiakuntansiid
         Barang yang telah diproduksi oleh produsen dan beberapa jenis kegunaan harus diciptakan agar semua barang produksi dapat memenuhi kebutuhan kita. Produsen telah menciptakan keginaan bentuk. Akan tetapi , bagi konsumen masih lebih dari kegunaan bentuk saja, yakni barang yang dihasilkaan dapat tersedia pada waaktu dan ditempat yang sesuai dengan kebutuhan orang yang memakai barang tersebut. Brang-barang yang dihasilkan tidak akan berguna jika tidak disalurkan atau didistribusikan kepada semua pihak yang membutuhkannya pada saat yng tepat. Jadi selain produksi juga sangat diperlukan adanya distribusi. Skalipun dalam pendistribusian barang tidak semudh untuk membalikkan telapak tangan sehingga dengan demikian perantara dalam distribusi juga sangat dibutuhkan.
         Berdasar dari uraian tersebut barangkali ada benarnya kalau penulis mempertanyakan , apakah itu distribusi,. Apakah itu perantara dalam distribusi /perdagangan. Agar tulisan ini lebih terarah dan bermanfaat bagi pembaca. Dengan tujuan untuk menyebarkan ilmu pengetahuan kepada seluruh yang ingin menambah  wawasan mengenai distribusi dan perantara dalam perdagangan.
Distribusi Barang atau Jasa
 Pengertian Distribusi
           Distribusi adalah  semua kegiatan yang ditujukan untuk menyalurkan barang-barangan dan jasa dari produsen (dunia usaha) menuju konsumen. Para konsumen dapat memperoleh barang – barang dan yang dibutuhkan jika barang itu telah diantar oleh penyalur ketempat pembeli atau yang membutuhkannya. Kenapa, karena kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi dengan cara yang baik dan tepat apabila peningkatan produksi diimbangi dengan distribusi barang yang lancar dan teratur. Sebab bagaimanapun juga masyarakat merasa puas ketika dapat memperoleh barang kebutuhannya dengan mudah dan tepat waktu. Juka produsen memang betul-betul ingin meningkatkan polumen penjualan maka pelayanan terhadap pembeli harus ditingkatkan sampai batas-batas yang lebih menguntungkan. Kapan tidak dilakukan pelayanan dengan baik maka saingan pasti akan bermunculan. Makanya itu distribusi dengan tepat pada tempat atau wilayah terdekat pada konsumen adalah suatu kemutlakan. Untuk memudahkan distribusi diperlukan perantara yang tepat.
Perantara Dalam Distribusi/Perdagangan  
           Pengertian perantara dalam distribusi/perdagangan, merupakan bagian dari distributor dalam rangka mempermudh produsen untuk menyalurkan barang-barang atau  jasa ketempat konsumen atau pembeli.Selain itu perantara juga mempermudah konsumen untuk memperoleh barang atau jas yang dibutuhkan. Sebab dalam bidang perekonomian , masalah konsumsi, produksi, dan distribusi merupakan masalah yang sngat signifikan karena ketiganya terletak pada titik pemenuhan kebutuhan masyarakat. Artinya berada pada penyebab kepuasan masyarakat atau ketidak puasan masyarakat. Barang – barang sebagian didistribusikan melalui pasar.
          Pasar adalah tempat bertemunya seluruh orang – orang yang berhubungan dengan jual beli barang atau jasa. Dengan demikian penjualan barang merupakan suatu usaha perdagangan. Oleh karena itu perantara dalam distribusi barang dari produsen ke konsumen pada umumnya dapat dikelompokkan menjadi empat golongan Yakni; pedagang,perantara khusus, eksportir dan importir, dan lembaga-lembaga pembantu dalam proses distribusi.
           Dari uraian singkat tersebut diatas brangkali penulis tidak berlebihan jika meberi kesimpulan sementara mengenai distribusi.
           Distribusi adalah semua kegiatan yang ditujukan untuk menyalurkn barang-barang atau jasa dari produsen kekonsumen dalam rangka memberi pelayanan maksimal guna memudahkan konsumen untuk mendapatkan barang-barang atau jasa yang dibutuhkan.   

0 Response to "DISTRIBUSI BARANG| Ekonomiakuntansiid"

Post a Comment

Postingan Populer

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel