FUNGSI PEMASARAN | ekonomiakuntansiid




A. PENDAHULUAN
Untuk memanfaatkan dan merebut peluang pasar yang ada, maka setiap perusahaan, harus mampu mendayagunakan keseluruhan aktifitas usaha pemasaran secara optimal dengan menerapkan fungsi-fungsi pemasaran yang lebih efektif dan tepat melalui pembangunan aspek-aspek pemasaran baik fungsional maupun strategi termasuk fungsi pemasaran maupun bauran pemasaran dalam kerangka kerja perusahaan sehingga mampu menguasai pasar yang ada. 
Dengan memanfaatkan setiap peluang pasar yang ada pihak perusahaan harus mampu memperkenalkan produk-produk bermutu yang dihasilkan kepada konsumen. Untuk memperkenalkan produk itu merupakan kegiatan awal dari komunikasi pemasaran, meskipun bukan pekerjaan yang mudah akan tetapi perusahaan dituntut untuk dapat melakukannya secara efektif.
Tanpa hal itu maka produk yang dipasarkan oleh setiap perusahaan walaupun sudah direncanakan dengan baik- serta telah ditentukan harga jual secara tepat belum tentu dapat menjamin keberhasilan dalam memasarkan produk tersebut. Ketidak-berhasilan promosi itu yang seringkali menyebabkan produk tersebut gagal di dalam pasaran karena beberapa faktor yakni pemilihan media promosi yang tidak tepat dan perumusan pesan yang tidak persuasif. Fungsi-fungsi pemasaran mencakup semua kegiatan yang perlu diselenggarakn dalam proses memasarkan barang/jasa hingga barang itu ditangan konsumen. Makanya itu penulis mempermasalahkan mengenai  fungsi-fungsi pemasaran. Dengan tujuan untuk lebih meningkatkan pengetahuan mengenai pemasaran. Selain itu kalau memang ada manfaatnya dapat dijadikan sebagai salah satu bahan referensi bagi penulis berikutnya.


B.   PEMBAHASAN

Fungsi Pemasaran
Fungsi Pemasaran adalah aktivitas yang dijalankan pada bisnis yang terlibat didalam menggerakkan barang atau jasa dari produsen hingga sampai ke tangan para konsumen.  Adapun fungsi-fungsi pemasaran yang dibahas dalam tulisan ini adalah :
1. Fungsi Pertukaran
           Produk harus dijual dan dibeli sekurangnya sekali dalam proses pemasaran. Fungsi pertukaran yaitu melibatkan kegiatan yang menyangkut pengalihan hak kepemilikan dari satu pihak ke pihak lainnya dalam sistem pemasaran. Pihak-pihak yang terlibat dalam proses ini ialah pedagang, distributor dan agen yang memperoleh komisi karena mempertemukan pembeli dan penjual.
Fungsi Pertukaran dalam fungsi pemasaran terdiri atas 2 bagian, yaitu :

a. Fungsi penjualan
          Tugas pokok pemasaran adalah mempertemukan permintaan dan penawaran (pembeli atau penjual). Hal ini dapat dilakukan secara langsung atau tidak langsung (melalui perantara).
.           Penjualan (Selling), Mencakup aktivitas-aktivitas yang dilakukan untuk mencari calon pembeli produk yang ditawarkan dengan harapan dapat menguntungkan. Kegiatan penjualan merupakan lawan dari pembelian. Buying tidak akan terjadi tanpa selling demikian pun sebaliknya
Fungsi penjualan yaitu meliputi sejumlah fungsi tambahan sebagai berikut.

(1) Fungsi perencanaan dan pengembangan produk. Sebuah produk yang memuaskan konsumen merupakan tujuan mendasar dari semua usaha pemasaran. Perencanaan dan pengembangan produk dianggap sebagai fungsi produksi, tetapi hal itu penting pula bagi pemasaran.
(2)Fungsi mencari kontak. Fungsi ini meliputi tindakan-tindakan mencari dan membuat kontak dengan para pembeli.
(3)Fungsi menciptakan permintaan. Fungsi ini meliputi semua usaha yang dilakukan oleh para penjual untuk mendorong para pembeli membeli produk-produk mereka. Termasuk pada tindakan yang menjual secara individu, dengan undian dan juga mengadakan reklame.
(4)Fungsi melakukan negosiasi. Syarat serta kondisi penjualan harus dirundingkan oleh para pembeli dan penjual. Termasuk merundingkan kualitas, kuantitas, waktu, harga, pengiriman, cara pembayaran dan sebagainya.
(5)Fungsi melakukan kontak. Fungsi ini mencakup persetujuan akhir untuk melakukan penjualan dan tranfer hak milik.

b. Fungsi pembelian
Fungsi pembelian yaitu meliputi segala kegiatan dalam rangka memperoleh produk dengan kualitas dan jumlah yang diinginkan pembeli serta mengusahakan agar produk tersebut siap dipergunakan pada waktu dan tempat tertentu dengan harga yang layak.
Fungsi Pembelian, sebagai berikut :
          Pembelian (Buying) Ialah fungsi yang mengikuti aktivitas-aktivitas mencari dan mengumpulkan barang-barang yang di perlukan sebagai persediaan memenuhi kebutuhan konsumen. Fungsi ini pada dasarnya merupakan proses atau kegiatan mencari penjual dan merupakan timbal balik dari kegiatan penjualan (Selling). Untuk itu maka, sangat perlu dipahami kegiatan apa saja yang dapat mengakibatkan orang melakukan pembelian.
 (1) Fungsi perencanaan. Pembeli harus mempelajari pasar mereka sendiri untuk mengetahui Kualitas, jenis dan kuantitas dari produk yang mereka perlukan. Konsumen akhir juga harus dapat membuat keputusan mengenai produk yang ingin mereka miliki.
(2) Fungsi Mencari Kontak. Fungsi ini meliputi usaha-usaha mencari sumber produk yang mereka inginkan. Penting bagi seorang pembeli agar mencari para penjual yang dapat menawarkan produk atau jasa tertentu.
(3) Fungsi assembling. Persediaan bahan harus dikumpulkan untuk digunakan dalam proses produksi oleh para produsen dan pedagang eceran atau untuk dikonsumsi sendiri oleh para konsumen akhir.
(4) Fungsi mengadakan perundingan. Dalam hal ini syarat serta kondisi pembelian harus dirundingkan terlebih dahulu dengan pihak penjual agar tidak ada perselisihan di kemudian hari.
             Fungsi kontrak. Setelah syarat dan kondisi tertentu yang telah disepakati, selanjutnya dibuat perjanjian akhir dalam bentuk kontrak jual beli dan perpindahan hak milik terjadi
2. Fungsi Fisis
Kegunaan waktu, tempat dan bentuk ditambahkan pada produk ketika produk diangkut, diproses dan disimpan untuk memenuhi keinginan konsumen. Oleh karena itu, fungsi fisis meliputi hal-hal berikut.
  a.Pengangkutan. Pengangkutan merupakan gerakan perpindahan barang-barang dari asal mereka menuju ke tempat lain yang diinginkan (konsumen).
b.Penyimpanan atau penggudangan. Penyimpanan berarti menyimpan barang dari saat produksi mereka selesai dilakukan sampai dengan waktu mereka akan dikonsumsi.
c.Pemrosesan. Bahan hasil pertanian sebagian besar adalah bahan mentah bagi industri sehingga pengolahan sangat diperlukan untuk memperoleh nilai tambah (value added).

3. Fungsi Penyedia Sarana
Fungsi penyediaan sarana adalah kegiatan-kegiatan yang dapat membantu sistem pemasaran agar mampu beroperasi lebih lancar. Fungsi ini meliputi hal-hal berikut.
a.Informasi Pasar
         Informasi pasar. Pembeli memerlukan informasi mengenai harga dan sumber-sumber penawaran. Informasi pasar ini dapat diperoleh dari berbagai sumber, baik itu media massa, pemerintahan, perusahaan swasta, maupun perusahaan Negara. Dan daerah.Poin ini merupakan fungsi pemasaran yang luas dan penting, karena fungsi ini memberikan informasi tentang situasi perdagangan pada umumnya yang berhubungan dengan produk, harga yang inginkan konsumen dan situasi pasar secara menyeluruh. Menurut Sofjan Assauri (1987: 303) yang dimaksudkan dengan informasi adalah keterangan baik berupa data atau fakta maupun hasil analisa, pertimbangan atau pandangan dari yang menyampaikan mengenai kondisi yang berkaitan dengan kebutuhan dalam pengambilan keputusan.
b.Standardisasi dan grading. Standardisasi memudahkan produk untuk dijual dan dibeli, sedangkan Grading adalah klasifikasi hasil pertanian ke dalam beberapa golongan mutu yang berbeda-beda, masing-masing dengan lebel dan nama tertentu.
.
c.Transportasi, Adalah proses pendistribusian atau pemindahan barang dari suatu tempat ke tempat yang lain.
d. Penggudangan/ penyimpanan, Ialah fungsi penyimpanan produk yang dibeli sebagai persediaan agar terhindar dari resiko kerusakan maupun resiko lainnya.
4. Fungsi Pembantu.
  a. Promosi dan Komunikasi
       Dalam memasarkan barang atau jasa, promosi mempunyai arti sangat penting, terutama bagi barang-barang hasil produksi pabrik dan digunakan oleh masyarkat luas. Agar produknya laku, perlu ada usaha untuk memperkenalkannyakepada masyarakat melalui alat kemunikasi massa ( dikenal sebagai sales promosion). Usaha promosi umumnya menggunakan sarana iklan atau disebut disebut juga advertensi.
      Iklan adalah usaha mempublikasikan suatu barangatau jasa dengan tujuan menarik dan menimbulkan perhatian orang terhadap barang atau jasa tersebut. Media yang digunakan untuk iklan adalah melalui media massa, media electronic, papan reklame dijalan, dan terkadang berbentuk brosur dan lain-lain. Yng penting perlu diperhatikan adalah, (1) golongan yang akan membeli barang yang diiklankan,(2) tempat kediaman orang-orang,(3) dana yang tersedia untuk iklan.Selain tu iklan yang baik sedikitnya tiga syarat; menncolok, menarik, meikat hati.
b. Penelitian pasar    
       Untuk dapat menyusun kebijaksanaa perusahaan, terutama yang menyangkut masalah pemasaran, perlu dikumpulkan imformasi yang lengkap dan terinci mengenai keadaan pasar, jumlah dan perkembangan penduduk, selera konsumen, perkembangan harga, keadaan saingan, peraturan-peraturan pemerintah, dan lain-lain.
 c. Asuransi, Penanggungan risiko. Pemilik produk menghadapi risiko sepanjang saluran pemasaran.
d. Pembiayaan. Pemasaran modern memerlukan modal (uang) dalam jumlah besar untuk membeli mesin-mesin dan bahan-bahan mentah, serta untuk menggaji tenaga kerja. Proses pemasaran pun menghendaki pemberian kredit kepada pembeli   
Sekian ulasan mengenai pengertian Pemasaran dan fungsi pemasaran, semoga tulisan saya mengenai pengertian pemasaran dan fungsi pemasaran dapat bermanfaat.

.E.  PENUTUP
a.    KESIMPULAN
Dalam aktifitas perekonomian, pemasaran merupakansuatu kegiatan yang dapat menciptakan atau menambah nilai guna/ekonomis dari suatu produk atau jasa tertentu. Sedangkan nilai ekonomis akan menentukan tingkat harga dari produk dan jasa itu bagi setiap individu.
Kegiatan pemasaran adalah bentuk kegiatan bisnis oleh suatu badan usaha atau perorangan dengan memanfaatkan seluruh pasilitas, baik pasilitas utama maupun pasilitas pendukung pemasaran dengan tujuan untuk memuaskan keinginan dan memenuhi kebutuhan konsumen akan produk dan jasa yang diinginkan dengan harapan untuk  mendapatkan keuntungan.

b.     SARAN
Mengingat pemasaran sebenarnya suatu fungsi khusus dari manajemen dewasa ini maka istilah pemasaran makin lama makin dipopulerkan melalui berbagai macam literature. Aktifitas pemasaran semakin lama semakin kompleks, untuk itu diperlu kan tenaga yang lebih professional.

DAFTAR PUSTAKA
Assauri S, 1993. Manajemen Pemasaran. Rajawali Jakarta.
……….., 1992. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi. Penertbit Rajawali Press Jakarta.
Buchari Alma, 1992. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Penerbit Alfabet Bandung.
Cravens DW, 1999. Pemasaran Strategis, Jilid I. Penerbit Erlangga Jakarta.
Fandy Tjiptono,  Strategi Pemasaran, Edisi II. Penerbit ANDI Yogyakarta,
Kotler, Phillip, 1989. Manajemen Pemasaran analisa Pemasaran dan Pengendalian, Jilid I. Penerbit Erlangga.
Lucy Max, S.Sos, 2005. Komunikasi Pemasaran, bahan ajar mata kuliah pada Jurusan Ilmu Komunikasi Fisipol Unwira. Kupang.
Radiosunu, 1986. Manajemen Pemasaran Suatu Pendekatan Analisis. Penerbit BPFE Yogyakarta.
Sukamti, 2003. Posisi Persaingan Merek Mie Instan Berdasarkan Persepsi Konsumen di Kota Malang. Dalam Majalah Ilmiah Prajna-Unwira. Kupang,.
Winardi, 1980. Asas-asas Marketing. Penerbit Alumni Bandung.
………, 1989. Aspek-Aspek Bauran Pemasaran (Marketing Mix). Penerbit Mandar Maju Bandung.
 Muhammad Firdaus, 2009. Manajemen Agribisnis. Yang Menerbitkan PT Bumi Aksara : Jakarta.

0 Response to "FUNGSI PEMASARAN | ekonomiakuntansiid"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel