MASALAH EKONOMI | ekonomiakuntansiid

MASALAH EKONOMI

Sudah menjadi kesepakatan publik bahwa setiap negara memiliki permasalahan yang disatu sisi pasti ada kesamaan, dan disisi lain pasti ada perbedaan begitupula cara mengatasinya juga sangat bervariasi.    
1. Kelangkaan timbul karena kebutuhan manusia yang tidak terbatas, sementara benda pemuas kebutuhan tersedia dalam jumlah terbatas.Akibat adanya kelangkaan, kita terpaksa harus memilih, dengan akibat timbulnya biaya kesempatan.Dengan demikian tidaklah mengherankan ketika kelangkaan mengakibatkan adanya pilihan biaya kelangkaan.
2. Setiap perekonomian menghadapi masalah pokok yang sama, namun kendatipun penyelesainnya dengan cara berpariasi. Masalah pokok yang dihadapi kurang lebih : (1) jenis dan jumlah komoditas yang akan diproduksi,(2) tekhnik produksi yang digunakan, (3) distribusi hasil produksi. Kemudian selajutnya 
3. Ada tiga sistem ekonomi murni yang pernah dikenal adalah (1) sistem ekonomi tradisional, (2) sistem ekonomi komando, (3) sistem ekonomi pasar. Sekalipun dalam kenyataannya tidak ada satupun masyarakat yang menggunakan salah satu sistem ekonomi yang murni. Hampir semua negara menggunakan sistem ekonomi campuran.
4. Ilmu ekonomi merupakan bagian dari ilmu sosial. Dalam ilmu-ilmu sosial, pembuktian sebuah teori tidak dapat dilakukan dengan percobaan. Seorang peneliti didorong untuk memmahami tingkah laku individu atau kelompok individu. Untuk mempridiksi tingkah laku tersebut, digunakan hukum jumlah yang besar (law of large number). Jika kita menanyakan suatu hal yang sama pada orang banyak, maka jawabannya akan saling menutupi atau sama lain dan akhirnya akan timbul suatu pola yang seragam atau teratur.
5. Pernyataan positif berhubungan dengan pertanyaan apa yang terjadi atau apa yang akan terjadi ? penyataan ini lebih melihat sesuatu keadaan apa adanya, yang dapat diuji dari fakta. Pernyataan normatif bekaitan dengan pertanyaan apa yang seharusnya terjadi atau apa yang seharusnya ada. Dengan demikian salah atau benarnya sangat bergantung dari perinsip yang dianut oleh suatu negara.
6. Ada dua cara pandang berbeda yang dapat digunakan untuk menganalisis masalah ekonomi. Ilmu ekonomi mikro mempelajari cara kerja para pelaku ekonomi secara individu dan hubungan antara individu.Sedangkan ilmu ekonomi makro mempelajari hubungan antar para pelaku ekonomi dalam skala yang lebih besar.
7. Salah satu tujuan negara adalah untuk meningkatkan kemakmuran masyarakat dinegaranya. Untuk itu perlu dilakukan analisis yang berkaitan dengan; (1) tingkat kesejahteraan, (2) produktivitas tenaga kerja, (3) distribusi pendapatan.
8. Dengan meluasnya kegiatan ekonomi, terjadi pula perubahan kebutuhan. Mula-mula dalam perekonomian sederhana atau subsistem semua kegiatan dilakukan sendiri-sendiri. Kemudian timbul spesialisasi sehingga seseorang bekerja seuai keahliannya.
9. Kegiatan membuat barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat disebut kegiatan produksi dan pelakunya disebut produsen. Sedangkan kegiatan menggunakan atau membeli berbagai barang dan jasa yang telah diproduksi disebut kegiatan konsumsi dan pelakunya disebut konsumen.
10. Pertemuan antara penjual dan pembeli disebut sebagai pasar, pasar kongkrit adalah pasar yang dilakukan disuatu lokasi tertentu. Pasar abstrak adalah pasar dimana penjual dan pembelinya tidak langsung bertemu.
11. pelaku kegiatan ekonomi pada dasarnya dapat dibagi kedalam tiga kelompok penting , yaitu rumah tangga, perusahaan dan pemerintah. Disamping itu, untuk lingkup yang lebih luas masyarakat diluar negeri juga dapat dianggap sebagai pelaku kegiatan ekonomi.
12. Keuntungan pembagian kerja ;(1) produktivitas meningkat,(2) standar kehidupan meningkat,(3) pilihan produk bagi konsumen semakin banyak.
13. Kerugian pembagian kerja ; (1) kebosanan meningkat, (2) tidak ada variasi produk yang dihasilkan, (3) pekerja sangat tergntung pada pekerja lainnya.
14. para pelaku kegiatan ekonomi diasumsikan mempunyai motif-motif ekonomi tetentu. Rumah tangga diasumsikan mencari kepuasan atau utilitas maksimum dengan menggunakan berbagai sumber daya yang ada. Perusahaan, dilain pihak, diasumsikan selalu mempunyai tujuan untuk memaksimumkan  keuntungan.  
Evaluasi 
Setelah membaca  uraian tersebut diatas maka untuk lebih memperdalam ilmunya jawablah pertanyaan berikut dengan benar ;
1. Mengapa dalam perjalanan hidup manusia sering terjadi kelangkaan
2. Jelaskan dengan singkat apa akibat dari kelangkaan
3. Jelaskan tiga penyelesaian masalah masalah pokok  dalam perekonomian
4. Sebutkan tiga sistem ekonomi murni 
5. sebutkan duan cara pandang dalam menganalisis  masalah ekonomi
6. kemukakan perbedaan pernyataan positif dan pernyataan normatif
7. apa yang dilakukan oleh suatu negara jika negara ingin meningkatkan kemakmuran masyarakat dinegaranya
8. Jelaskan secara singkat apa yang dimaksud dengan pasar
9. sebutkan tiga kelompok  pelaku kegiatan ekonomi ekonomi
10. sebutkan tiga keuntungani pembagian kerja dalam ekonom, dan tiga kerugian pembagian kerja dalam ekonomi 
11.jelaskan motif ekonomi bagi perusahaan.

0 Response to "MASALAH EKONOMI | ekonomiakuntansiid"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel