PENGERTIAN MANAJEMEN (DEFINITION OF MANAGEMENT) |ekonomiakuntansiid



Pengertian Manajemen (Definition of Management) Menurut beberapa Ahli |ekonomiakuntansiid
   Dalam perjalanan hidup manusia tanpa sebuah keteraturan dan pengaturan maka kehidupan mereka dapat dipastikan senantiasa mendapat hambatan dan tidak pernah memperoleh apa yang dikatakan sukses atau berhasil.manusia siapapun juga baik itu pelajar maupun mahasisiwa apatah lagi kalau seorang pengusaha.   
       Pada mata kuliah tersebut kita akan banyak membahas mengenai manajemen itu sendiri, antara lain: pengertian manajemen . Dan disini semua akan dibahas secara lugas dan lengkap.

       Untuk sementara kata Manajemen diambil dari bahasa Prancis kuno dan bahasa Italia,serta bahasa Latin Dari. bahasa Prancis kuno yaitu "menagement", yang mempunyai arti seni melaksanakan dan mengatur.Sedangkan dari bahasa Italia “Maneggio”  dan bahasa Latin “maneggiare” yang berarti mengendalikan kuda.Menurut seorang pakar Mary Parker Follet, manajemen berperan sebagai seni untuk menyelesaikan suatu pekerjaan lewat orang lain. Seiring dengan ungkapan Manullang mengenai manajemen adalah seni dan ilmu pencatatan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, serta pengawasan (pengetrolan) sember daya manusia (SDM) sumber daya alam(SDA) untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
       Definisi tersebut menunjukkan bahwa seorang manajer mempunyai tugas mengarahkan dan mengatur seseorang untuk mencapai suatu tujuan organisasi. Menurut Ricky W. Griffin : Pengertian Manajemen adalah sebuah proses pengorganisasian, pengkoordinasian, perencanaan, dan pengontrolan sumber daya agar dapat mencapai sasaran (goals) secara efisien dan efektif. Efisien ialah dimana sebuah tugas yang ada telah dilaksanakan secara terorganisir, benar dan sesuai dengan schedule, sementara efektif sendiri berarti bahwa sebuah tujuan mampu dicapai sesuai dengan apa yang telah direncanakan.
       Pendapat Prajudi Atmosudirdjo, pengertian manajemen adalah menyelenggarakan sesuatu dengan menggerakkan orang-orang, uang, mesin-msin, dan alat-alat sesuai dengan kebutuhan.Sondang P.Siagian, mengatakan manajemen adalah kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka mencapai tujuan melalui kegiatan-kegiatan orang lain. Lain halnya dengan ungkapan Karnadi Wargasasmita, Melihat pengertian manajemen dari sisi fungsi yakni, mengatur, mengurus, memimpin,dan mengawasi pekerjaan-pekerjaan untuk mencapai  tujuan usaha yang telah ditetapkan.
       Selain pendapat tersebut diatas, The Liang Gie, Pengertian Manajemen adalah proses yang menggerakkan tindakan-tindakan dalam usaha kerja sama manusia sehingga tujuan yang ditentukan benar-benar tercapai.Seiring dengan ungkapan John D.Millet  Pengertian Manajemen adalah suatu kesatuan proses pembimbingan dan penyediaan fasilitas-fasilitas kerja terhadap orang-orang yang tergabung dalam organisasi untuk mencapai tujuan.
         Berbeda dengan dengan ketiga pendapat berikut ini sekalipun sasarannya sama yakni; untuk mencapai tujuan. Seperti Henry Fayol, pengertian Manajemen , suatu proses yang terdiri dari kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan SDM, dan mengadakan pengendalian dalam rangka mencapai tujuan.George R.Terry, mengatakan Pengertian Manajemen adalah suatu proses yang terdiri atas kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan, dan mengdakanpengendalian melalui kegiatan orang lain dalam rangka mencapai suatu tujuan. Begitupula Harold Koontz dan Cyrill O Donnel  Pengertian Manajemen adalah pencapaian tujuan yang ditetapkan terlebih dahulu dengan menggunakan kegiatan orang lain.
Ada tiga pengertian yang dikandung dari istilah manajemen yaitu : 
  1. Manajemen sebagai suatu proses, 
  2. Manajemen sebagai sebuah kolektivitas bagi orang-orang yang sedang melakukan aktivitas manajemen, 
  3. Manajemen sebagai seni atau Art & sebagai ilmu pengetahuan atau Science.
Manajemen sebagai suatu proses, dikemukakan tiga buah definisi, yaitu: 
  1. Dikatakan dalam Encylopedia of the Social Sience bahwa manajemen merupakan suatu proses dimana pelaksanaannya untuk mendapat suatu tujuan tertentu itu diselenggarakan dan diawasi. 
  2. Menurut Hilman, manajemen ialah sebuah fungsi yang bertujuan untuk mendapatkan sesuatu dengan kegiatan orang lain & mengawasi berbagai usaha individu agar mencapai tujuan yang sama. Manajemen merupakan kolektivitas dari berbagai orang yang melakukan suatu aktivitas manajemen. Jadi bisa dikatakan, bahwa beberapa orang yang sedang melakukan suatu aktivitas manajemen dalam suatu organisasi tertentu disebut manajemen. 
  3. Manajemen merupakan sebuah seni (Art) atau ( Science ) suatu ilmu pnegetahuan. Dalam hal ini belum ada kesamaan pendapat, suatu kelompok mengatakan bahwa manajemen merupakan sebuah seni & sekelompok lain mengatakan bahwa manajemen adalah sebuah ilmu. Pada dasarnya kedua pendapat tersebut mengandung arti yang sama kebenarannya.
Ketiga ahli tersebut yakni, Henry Fayol, G.R. Terry, Harold Koontz dan Cyrill O Donnel, mengatakan bahwa manajemen ialah suatu proses / kerangka kerja, yang melibatkan pengarahan atau bimbingan suatu kelompok orang yang mengarah ke tujuan organisasional atau maksud yang real atau nyata.

Sedangkan Mary Parker Follet dan Manullang mengemukakan bahwa manajemen merupakan suatu bentuk seni untuk melakukan suatu pekerjaan lewat orang lain. Definisi dari Mary Parker Follet Manullang ini mengandung perhatian pada sebuah kenyataan bahwa para manajer dapat mencapai tujuan organisasi dengan cara mengatur orang lain agar dapat melaksanakan apa saja yang diperlukan dalam suatu pekerjaan, tidak dengan cara melaksanakan pekerjaan tersebut seorang diri.
       Demikian pembahasan dari pengertian manjemen menurut sebagian ahli, tentunya masih banyak kekurangannya akan tetapi semoga yang kurang ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

0 Response to "PENGERTIAN MANAJEMEN (DEFINITION OF MANAGEMENT) |ekonomiakuntansiid"

Post a Comment

Postingan Populer

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel