PENGERTIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN | ekonomiakuntansiid



        Manajemen Pendidikan merupakan suatu cabang ilmu yang dianggap usianya relatif masih muda sehingga tidaklah aneh apabila banyak yang belum mengenal. Padahal manajemen pendidkan sebenarnya sudah lama hanya dengan nama perencanaan pendidikan. Selain itu juga biasa dikatakan strategi pengelolaan pendidikan. Istilah lama yang sering digunakan adalah ‘administrasi’ pendidikan. Untuk memperjelas pengertian manajemen pendidikan, tampaknya perlu ada penjelasan lain yang lebih bervariasi mengenai makna manajemen pendidikan. Berikut ini penulis mencoba membahas pengertian manajemen pendidikan.
         Manajemen Pendidikan dalam kamus bahasa Belanda-Indonesia disebutkan bahwa istilah manajemen berasal dari “administratie” yang berarti tata-usaha. Dalam pengertian manajemen tersebut, administrasi menunjuk pada pekerjaan tulis-menulis di kantor. Pengertian inilah yang menyebabkan timbulnya contoh-contoh keluhan kelambatan manajemen yang sudah disinggung, karena manajemen dibatasi lingkupnya sebagai pekerjaan tulis-menulis.
Pengertian lain dari “manajemen” berasal dari bahasa Inggris “administration” sebagai “the management of executive affairs”. Dengan batasan pengertian seperti ini maka manajemen disinonimkan dengan “management” suatu pengertian dalam lingkup yang lebih luas (Encyclopedia Americana, 1978, p. 171). Dalam pengertian Manajemen Pendidikan ini, manajemen bukan hanya pengaturan yang terkait dengan pekerjaan tulis-menulis, tetapi pengaturan dalam arti luas.
Pengertian Manajemen Pendidikan
          Pada waktu ini istilah-istilah yang digunakan dalam menunjuk pekerjaan pelayanan kegiatan adalah manajemen, pengelolaan, pengaturan dan sebagainya, yang didefinisikan oleh berbagai ahli secara bermacam-macam. Beberapa pengertian Manajemen Pendidikan yang kiranya ada manfaatnya disadur maknanya atau hanya dikutip dari sumbernya sebagai berikut.
        Menurut Leonard D. White, pengertian manajemen pendidikan adalah segenap proses, biasanya terdapat pada semua kegiatan berkaitan dengan pendidikan atau lembaga pendidikan baik formal maupun pendidikan non formal, maupun pendidikan khusus yang dilakukan oleh Negara maupun pendidikan kemiliteran. baik usaha yang berskala besar maupun kecil. Seiring dengan ungkapan The liang Gie, manajemen pendidikan adalah segenap proses penyelenggaraan dalam setiap usaha kerjasama sekelompok manusia untuk mencapai tujuan pendidikan.
          Berdasar dari pendapat tersebut maka Pengertian manajemen pendidikan tidak jauh beda dengan pengertian manajemen secara umum, hanya saja manajemen pendidikan bertujuan untuk mencapai tujuan pendidikan. Dengan memanfaatkan berbagai macam sumber daya untuk mencapai tujuan pendidikan. Yakni secara umum mencerdaskan kehidupan bangsa. Ketika ditarik ke pembelajaran disekolah untuk meningkatkan prestasi belajar baik siswa maupun mahasiswa.
       Selain itu Menurut S P Siagian, pengertian manajemen pendidikan adalah keseluruhan proses kerjasama antara dua orang atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang ditentukan sebelumnya. Tidak jauh berbeda yang dikemukakan oleh  Pariata Westra, pengertian manajemen pendidikan adalah segenap rangkaian perbuatan penyelenggaraan dalam setiap usaha kerjasama sekelompok manusia untuk mencapai tujuan pendidikan. Ketika kita menyimak kedua pendapat tersebut yang terkandung dalam manajemen pendidikan benar-benar suatu usaha yang sadar dan rasional untuk melaksanakan semua kegiatan untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah direncanakan sebelumnya.
          Dalam kurikulum 1975 yang disebutkan dalam Buku Pedoman Pelaksanaan Kurikulum IIID, baik untuk Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama maupun Sekolah Menengah Atas, Pengertian manajemen pendidikan  ialah segala usaha bersama untuk mendayagunakan semua sumber-sumber (personil maupun materiil) secara efektif dan efisien guna menunjang tercapainya tujuan pendidikan.
      Dari pengertian Manajemen Pendidikan yang terakhir tersebut maka secara eksplisit disebutkan bahwa manajemen sebagaimana yang digunakan secara resmi oleh Departemen Pendidikan Nasional seperti dimuat dalam kurikulum 1975 dan kurikulum kelanjutannya, diarahkan kepada tujuan pendidikan. Lebih luas lagi, apabila ditinjau dari definisi-definisi yang lain, pengertian manajemen tersebut masih dapat diartikan untuk semua jenis kegiatan, yang dapat diambil suatu kesimpulan pengertian manajemen  pendidikan adalah rangkaian segala kegiatan yang menunjuk kepada usaha kerjasama antara dua orang atau lebih untuk mencapai suatu tujuan pendidikan yang telah ditetapkan sebelumnya..
       Lebih terpokus lagi serta lebih lengkap pengertian manajemen pendidikan sebagaimana dikemukakan oleh Mulyani A. Nurhadi adalah sebagai berikut :
           Pengertian Manajemen pendidikan adalah suatu kegiatan atau rangkaian kegiatan yang berupa proses pengelolaan usaha kerjasama sekelompok manusia yang tergabung dalam organisasi pendidikan, untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan sebelumnya, agar efektif dan efisien.
            Dari definisi-definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa di dalam pengertian manajemen selalu menyangkut adanya tiga hal yang merupakan unsur penting, yaitu: (a). usaha kerjasama, (b). oleh dua orang atau lebih, dan (c) untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam pengertian tersebut sudah menunjukkan adanya gerak, yaitu usaha kerjasama, personil yang melakukan, yaitu dua orang atau lebih, dan untuk apa kegiatan dilakukan, yaitu untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Tiga unsur tersebut, yaitu gerak, orang, dan arah dari kegiatan, menunjukkan bahwa manajemen terjadi dalam sebuah organisasi, bukan pada kerja tunggal yang dilakukan oleh seorang individu.
            Jika pengertian Manajemen Pendidikan ini diterapkan pada usaha pendidikan maka sudah termuat hal-hal yang menjadi objek pengelolaan atau pengaturan. Lebih tepatnya, definisi Manajemen Pendidikan adalah sebagai berikut : Pengertian manajemen Pendidikan adalah rangkaian segala kegiatan yang menunjuk kepada usaha kerjasama dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.
             Dengan menerapkan definisi tersebut pada usaha pendidikan yang terjadi dalam sebuah organisasi, maka pengertian Manajemen Pendidikan selengkapnya adalah sebagai berikut :
Manajemen Pendidikan adalah suatu kegiatan atau rangkaian kegiatan yang berupa proses pengelolaan usaha kerjasama sekelompok manusia yang tergabug dalam organisasi pendidikan, untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan sebelumnya, agar efektif dan efisien.
       Lebih lanjut Mulyani A. Nurhadi menekankan adanya ciri-ciri atau pengertian Manajemen Pendidikan yang terkandung dalam definisi tersebut sebagai berikut : (Mulyani A. Nurhadi, 1983, pp. 2-5)
1. Manajemen merupakan kegiatan atau rangkaian kegiatan yang dilakukan dari, oleh dan untuk  manusia.
2. Rangkaian kegiatan itu merupakan suatu proses pengelolaan dari suatu rangkaian kegiatan pendidikan yang sifatnya kompleks dan unik yang berbeda dengan tujuan perusahaan untuk memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya ; tujuan kegiatan pendidikan ini tidak terlepas dari tujuan pendidikan secara umum dan tujuan pendidikan yang telah ditetapkan oleh suatu bangsa.
3. Proses pengelolaan itu dilakukan bersama oleh sekelompok manusia yang tergabung dalam suatu organisasi sehingga kegiatannya harus dijaga agar tercipta kondisi kerja yang harmonis tanpa mengorbankan unsur-unsur manusia yang terlibat dalam kegiatan pendidikan itu.
4. Proses itu dilakukan dalam rangka mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya, yang dalam hal ini meliputi tujuan yang bersifat umum (skala tujuan umum) dan yang diemban oleh tiap-tiap organisasi pendidikan (skala tujuan khusus).
5. Proses pengelolaan itu dilakukan agar tujuannya dapat dicapai secara efektif dan efisien.
        Berdasar dari uraian mengenai pengertian manajemen pendidikan penulis berkesimpulan bahwa pengertian manajemen pendidikan tidak jauh berbeda dengan pengertian manajemen secara umum. Yang membedakan adalah dari segi tujuan. Sedangkan pengertian manajemen pendidikan tujuannya bersifat kualitatif dan tidak kuantitatif. Seperti pengertian manajemen pendidikan adalah suatu kegiatan atau rangkaian kegiatan yang berupa proses pengelolaan usaha kerjasama sekelompok manusia yang tergabung dalam organisasi pendidikan, dengan memanfaatkan seluruh sumber daya untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan sebelumnya, agar efektif dan efisien.

0 Response to "PENGERTIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN | ekonomiakuntansiid"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel