Pengertian Ekonomi dan Definisi Ekonomi Menurut Sebagian Ahli Ekonomi



Pengertian Ekonomi dan Definisi Ekonomi
Menurut Sebagian Ahli Ekonomi
      Secara garis besar, ekonomi adalah bagian dari ilmu sosial yang mengkaji tentang pengelolaan  sumber daya material individu, masyarakat, dan negara untuk memenuhi kebutuhan dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup manusia. Karena ekonomi menurut paham klasik bagaimana manusia untuk memenuhi kebutuhannya yang tidak terbatas serta bervariasi dan berkembang seiring dengan perkembangan sumber daya yang ada melalui beberapa pilihan dari kegiatan produksi distribusi, dan konsumsi.
       Berikut ini adalah pengertian ekonomi dan definisi ekonomi menurut beberapa ahli ekonomi:Adam Smith mengatakan Ekonomi identik dengan penyelidikan mengenai situasi dan penyebab adanya harta kekayaan Negara. Seiring dengan ungkapan Mill J.S Ekonomi, adalah ilmu praktikal tentang pengeluaran dan penagihan.Tidak jauh berbeda dengan ungkapan  Abraham Maslow menganngap behwa ekonomi adalah salah satu bidang kajian yang berusaha untuk mengatasi masalah pemenuhan kebutuhan dasar kehidupan manusia melalui pengelolaan seluruh sumber daya okonomi yang tersedia dengan asas prinsip dan teori tertentu dengan menyesuaikan dengan sistem ekonomi yang paling efektif dan efisien. Seiring dengan pengertian ekonomi menurut Paul A. Samuelson menegaskan bahwa ekonomi adalah metode atau cara-cara yang dipilih oleh manusia dan kelompoknya  untuk melakukan seluruh kegiatan untuk memanfaatkan segala sumber daya yang terbatas untuk memperoleh berbagai komoditi dan mendistribusikannya untuk dikonsumsi oleh masyarakat.
        Berdasar dari pengertian dan definisi ekonomi menurut para ahli ekonomi tersebut maka penulis barangkali ada benarnya jika mengatakan bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana manusia baik secara individu maupun berkelompok untuk melakukan segala usaha yang positif, produktif dengan memanfaatkan segala sumberdaya yang tersedia untuk memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya guna mencapai kemakmuran. .
Drs. Zaenuddin Kabai, M.Pd.
Drs. Zaenuddin Kabai, M.Pd. Born in Bantaeng 07 January 1960, I was the seventh child of seven children graduated .1970 ST SD.1974.Graduated Building Department NEG.Bantaeng SMEA Neg.Bantaeng. Majors Tata Gedung.Th1977.Graduated Book (Accounting) .1980 training Draftsman building / architect in BLKI makassar for three months. In 1988 completed the study (S1) IKIP THE END OF IT. Strata year 2005 completed two (S2) UNM Makassar. IPS. Specific Management Education.