PENGERTIAN PRODUKSI SEBAGAI KEGIATAN EKONOMI |ekonomiakuntansiid




        Pengaruh kemajuan pemikiran yang diakibatkan oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga tidak boleh tidak tingkat kemajuan kehidupan manusia juga ikut melaju secara absolut tanpa disadari bahwa kemajuan tingkat kehidupan itu sekaligus menyabakan manusia tidak mampu memenuhi kebutuhannya sendiri. Meskipun petani dapat menghasilkan beras, ia tidak dapat mencukupi semua kebutuhannya tanpa bantuan orang lain. MIsalnya kebutuhan akan baju memerlukan jasa penjahit.
        Dengan demikian , timbul pembagian kerja meransang manusia memupuk bakatnya masing-masing
Guna meningkatka nilai guna suatu barang yang dibuat, baik untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun kebutuhan orang lain. Untuk itulah sehingga disebut produksi. Permasalahan sekarang adalah; Apa itu pengertian produksi, apa tujuan produksi, ada berapa bidangkah produksi itu, berapa jenis usaha produksi, berapa tahap proses produksi, produksi menurut sifatnya,peningkatan jumlah dan mutu hasil produksi, faktor-faktor produksi, fungsi produksi, teori produksi,perbaikan teknik produksi,Adapun tujuan penulisan ini adalah Untuk memperdalam pemahaman kita mengenai produksi berikut kita akan membahas pengertian produksi, tujuan produksi, bidang-bidang produki, tingkatan produk, faktor-faktor produksi, proses produksi, dan perluasan produksi, teori produksi, perbaikan teknik produksi.
A.Pengertian produksi
Menurut para ahli dalam ekonomi, produksi adalah setiap kegiatan atau usaha manusia untuk menghasilkan atau menambah nilai guna suatu benda atau  barang dan jasa. Contoh: menanam tebu (menghasilkan), mengambil ikan dari sungai (menambah guna tempat), menjahit kain menjadi baju (menambah guna bentuk). Agar lebih jelas, marilah kita perhatikan. Dari pengertian tersebut didalamnya terkandung dua makna yakni, menghasilkan dan meningkatkan nilai guna suatu benda atau barang dan jasa. Pendapat lain mengatakn pengertian produksi adalah setiap tindakan yang menciptakan atau menambah faedah/manfaat (utility).Pangkal pohon yang tertinggal setelah pohonnya ditebang tidak ada faedahnya dan biasanya ditinggal begitu saja. Tapi dimanfaatkan oleh seorang pengrajin. Pangkal pohon tersebut digali dan diambil kemudian dibuat sebuah meja yang sudah dibentuk sedemikian rupa sehingga ketika terjual harganya mahal. Makanya itu produksi dapat dikatakan bahawa mencakup setiap usaha manusia yang baik secara langsung maupun tidak langsung, dalam menghasilkan barang dan jasasupaya (lebih) berguna untuk memenuhi suatu kebutuhan manusia.
        Dengan demikian, suatu kegiatan disebut produktif apabila sungguh-sungguh membantu atau menyumbangkan sesuatu yang berguna dalam proses produksi masyarakat.    
B. Tujuan produksi
       Produksi barang-barang dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan untuk tuuan sebagai berikut.
1.       Memenuhi kebutuhan masyarakat
     Dalam memenuhi kebutuhan hidup, masyarakat membutuhkan berbagai macam barang, barang-barang tersebut diproduksi oleh perusahaan. Perusahaan dalam memproduksi barang jumlahnya disesuaikan dengan jumlah yang dibutuhkan masyarakat. Apabila jumlah yang diproduksi melebihi jumlah yang dibutuhkan masyarakat, maka harga barang-barang akan murah.
2.       Mencari keuntungan
     Tujuan perusahaan memproduksi barang ialah mencari keuntunganatau laba setingi-tingginya. Laba diperoleh dari selisih antara penerimaan dengan biaya produksi.
C. Bidang Produksi
        Dalam masa pembangunan usaha produksi luas sekali. Pengertian usaha produksi tidak terbatas dalam bidang usaha yang menghasilkan barang saja tetapi lebih luas lagi.
       Kegiatan produksi dapat digolongkan dalam lima bidang produksi atau lapangan uaha sebagai berikut.
1.       Ekstraktif, yaitu mengambil bahan-bahan/barang-barang dari alam ( pertambangan, penggalian, perikanan laut, dan perburuan), misalnya menghasilkan bahan-bahan dasar, seperti minyak bumi, batu bara, gamping, pasir, garam, dan kayu.
2.       Pertanian atau agraris, yaitu pekerjaan mengolah tanah dengan bantuan kesuburan tanahnya, misalnya pertanian, perkebunan, dan kehutanan.
3.       Perdagangan , yaitu pekerjaan yang melakukan jual beli barang dari suatu tempat ketempat lainnya. Dalam hal ini mengumpulkan dan menyalurkan hasil produksi dari produsen kepihak yang memerlukan, yaitu bahan-bahan keprodusen lain dari hasil produksi akhir kekonsumen.
4.       Industri, yaitu mengolah/mengubah bahan-bahan menjadi barang-barang (barang jadi atau barang setengah jadi), misalnya, mengolah, kapas menjadi benang, benang menjadi tekstil, atau tekstil, atau tekstil menjadi pakaian.
5.       Jasa, yaitu melakukan usaha dibidang jasa atau membantu dalam proses produksi lainnya tanpa membuat barang itu sendiri. Misalnya, transportasi, pergudangan, asuransi, perbankan, dan perhotelan. Jasa untuk konsumen misalnya pendidikan, keehatan, hotel, rumah makan, dan bioskop.
Dari semua jenis produksi itu terdapat kaitan usaha, misalnya usaha ekstraktif yang mengumpulkan kayu dari hutan. Kemudian, kayu diolah melalui industri kayu lapis. Dengan melalui angkutan atau transportasi, hasil industri kayu lapis diperdagangkan kepada pemakai. Untuk melancarkan uaha produksi, perlu tersedia faktor-faktor produksi.            

1 Response to " PENGERTIAN PRODUKSI SEBAGAI KEGIATAN EKONOMI |ekonomiakuntansiid"

  1. aslamu alaikum wr wb..
    bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis
    dan berbagi kepada teman2 melalui tempat ini,
    sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
    dan mencapai kesuksesapossiblen yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
    namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
    hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
    akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta ,
    saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sememtarah kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
    demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
    ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
    dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
    dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan K.H. Tambring Abdullah hidupnya kembali sukses,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
    dan melihat langsung hasilnya, `
    saya akhirnya bergabung dangan mengunjungi website di www.programdanainstan.blogspot.com semua petunjuk K.H. Tambring Abdullah saya ikuti dan hanya 1 hari astagfirullahallazim,
    alhamdulilah demi allah dan anak saya,
    akhirnya 5m yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
    semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
    kini saya kembali sukses terimaksih K.H. Tambring Abdullah saya tidak akan melupakan jasa aki.
    jika teman teman berminat, yakin dan percaya insya allah,
    saya sudah buktikan demi allah silakan kunjungi website di www.programdanainstan.blogspot.com atau KLIK DISINI

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel