DEFENISI ILMU POLITIK DAN KELEMAHANNYA

Tidak ada satupun pembahasan jika ingin secara sistimatis dan tidak terlalu jauh serta emosional yang tidak diawali dengan memberikan sebuah defenisi mengenai apa yang akan dibahas. Meskipun dari batasan-batasan itu bermacam-macam, seperti juga ilmu politik, sepintas lalu  nampaknya membingungkan sehingga orang tidak tahu dengan tepat apa sesungguhnya ilmu politik itu. Namun apabila dikaji lebuh jauh an lebih cermat menurut suatu proses ilmiah kiranya kerumitannya tidak akan terlihat lagi.
Dengan dasar tersebut maka berikut ini akan dibahas mengenai defenisi ilmu politik dan kelemahannya.
Defenisi ilmu politik dan kelemahannya  
Defenisi Ilmu Politk
Defenisi Ilmu Politik menurut Prof Iwa Kusuma  Sumantri, SH; ilmu poitik itu adalah ilmu yang memberikan pengetahuan tenntang segala sesuatu kearah usaha penguasaan negara dan alat-alatnya atau untuk mempertahankan kedudukannya/kekuasaannya atas negara dan alat-alat itu atau melaksanakan hubungan tertentu dengan negara-negara lain.
Menyimak pendapat tersebut maka penulis menilai bahwa ilmu politik menurut Prof.Iwa Kusuma Sumantri, adalah ilmu yang mempelajari bagaimana cara untuk melanggengkan kekuasaan atau berorientasi pada untuk mempertahankan  kekuasaan serta untuk memperluas ruang lingkup kekuasaan.Selain itu ungkapan yang berbeda tapi ketika dicermati labih dalam maka arahnya tidak berbeda sebab; Dliar Noor dalam pengantar kepemikiran politik, merumuskan ; Ilmu politik alah ilmu yang mempelajari bagaimana cara untuk mengatasi dan  memusatkan perhatian pada masalah kekuasaan dalam kehidupan bersama atau masyarakat. Kehidupan seperti ini tidk terbatas pada bidang hukum semata-mata dan tidak pula pada negara yang tumbuhnya dalam sejarah hidup manusia yang relatif baru. Diluar bidang hukum serta sebelum negara ada masalah kekuasaan itupun telah ada. Hanya dalam zaman moderen ini memanglah kekuasaan itu berhubungan erat dengan negara.
Kelemahan Defenisi Ilmu Politik
Defenisi-defenisi tersebut sekalipun agak panjang masih mengandung beberapa kelemahan yakni tidak dapat mencakup seluruh wilayah ilmu politik karena hanya meninjau atu segi saja, masalah kekuasaan dan kehidupan bersama padahal ilmu politik itu jauh lebih luas cakupannya.  
 

0 Response to "DEFENISI ILMU POLITIK DAN KELEMAHANNYA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel