Pengertian Pergerakan |ilmu pengetahuan

Pengertian pergerakan ditinjau dari segi perjuangan  berbeda dengan pengertian pergerakan dilihat dari segi  organisasi, Berikut ini diuraikan keduanya ;
Pergerakan dilihat dari perjuangan Nasional.
Kata “Pergerakan Nasional“ memiliki suatu pengertian yang khas yakni merupakan sebuah perjuangan yang dilakukan oleh organisasi secara modern ke arah perbaikan hajat hidup bangsa Indonesia yang disebabkan rasa ketidakpuasan terhadap keadaan masyarakat yang ada. Dengan demikian istilah ini mengandung arti yang sangat luas. Gerakan yang mereka jalankan memang tidak hanya terbatas untuk memperbaiki taraf hidup bangsa tetapi juga meliputi gerakan di berbagai sektor, seperti: sosial, ekonomi, pendidikan,  keagamaan, kebudayaan, wanita, pemuda dan lain-lain.
Istilah “nasional” berarti bahwa pergerakan-pergerakan tersebut mempunyai cita-cita nasional untuk mencapai kemerdekaan bagi bangsanya yang masih terjajah. Disamping itu, sifat pergerakan pada masa ini lebih bersifat nasional bila dibanding dengan sifat pergerakan sebelumnya yang bercorak kedaerahan.
Pergerakan dilihat dari segi Organisasi 
Penggerakan atau Actuating adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha-usaha organisasi. Jadi actuating artinya adalah menggerakkan orang-orang agar mau bekerja dengan sendirinya atau penuh kesadaran secara bersama-sama untuk mencapai tujuan yang dikehendaki secara efektif. Dalam hal ini yang dibutuhkan adalah kepemimpinan (leadership).
Ada beberapa pendapat para ahli tentang definisi dari teori dasar penggerakan (motivating) :
1. Terry mengatakan bahwa Pergerakan (Motivating) merupakan usaha untuk menggerakkan anggota kelompok sedemikian rupa sehingga mereka berkeinginan dan berusaha untuk mencapai sasaran perusahaan yang bersangkutan dan anggota perusahaan tersebut oleh karena anggota itu ingin mencapai sasaran tersebut.
2. Mitchel berpendapat bahwa Motivasi mewakili proses psikologikal yang menyebabkan timbulnya, diarahkannya dan terjadinya persistensi kegiatan sukarela yang diarahkan ke arah tujuan tertentu.
3. Robbin mendefinisikan Motivasi sebagai kesediaan untuk melaksanakan upaya tinggi untuk mencapai tujuan organisasi yang di kondisi oleh kemampuan, upaya demikian untuk memenuhi kebutuhan individual tertentu
Motivasi berhubungan dengan jiwa manusia dan pola prilaku manusia seutuhnya dan berbicara manusia selalu berhubungan dengan sebuah kebutuhan. Maslow berpendapat kebutuhan manusia berhirarkhi antara lain meliputi :
1. Kebutuhan Psikologis
Manifestasi kebutuhan ini terlihat dalam tiga hal, yaitu seperti berikut L
1) Sandang
2) Pangan
3) Tempat berlindung
Kebutuhan-kebutuhan ini merupakan kebutuhan-kebutuhan yang amat primer karena kebutuhan-kebutuhan ini telah terasa sejak seorang manusia dilahirkan hingga memasuki liang kuburnya
2. Kebutuhan akan keamanan
1) Kebutuhan akan keamanan jiwa
2) Kebutuhan akan keamanan harta
3. Kebutuhan akan apeksi
4. Kebutuhan akan pandangan masyarakat
5. Kebutuhan akan aktualisasi diri sendiri.
Herzberg beranggapan bahwa manusia memiliki dua macam kebutuhan fundamental yaitu :
1. Kebutuhan akan pertumbuhan psikologis
2. Kebutuhan untuk menghindari perasaan sakit.
Berdasar dari uraian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pergerakan dilihat dari segi perjuangan dengan dilihat dari segi organisasi jelas perbedaanya kalau secara sepintas tapi kalau dikaji ternyata tujuannya memiliki kesamaan hanya saja ruang lingkupnya yang berbeda. Ada bertujuan secara nasional ada bertujuan hanya untuk mencapai tuuan organisasi.

0 Response to "Pengertian Pergerakan |ilmu pengetahuan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel