PENGERTIAN POLITIK SECARA ETIMOLOGI MENURUT BEBERAPA ILMUAN



Pengertian politik secara etimologi dari beberapa ilmuwan
Menurut F, Isjwara, Pengertian politik menurut etimologi– Kata politik secara etimologis berasal dari bahasa Yunani “Politeia”, yang akar katanya adalah polis dan teia. Kata polis ini memiliki arti kesatuan masyarakat yang berdiri sendiri, yaitu negara. Adapun kata teia memiliki arti urusan. Maka, kata politik bisa diartikan sebagai urusan kehidupan negara. Selanjutnya “politis” diartikan sebagai warga Negara dan politicos nama sifat yang berarti kewaraan Negara( civic ) dan politike techne untuk kemahiran politik serta politik episteme untuk ilmu politik. Kemudian orang Romawi mengambil over perkataan Yunani itu dan menamakan pengetahuan tentang Negara(pemerintah). Arts politica artinya kemahiran (kunts) tentang masalah-masalah kenegaraan.   
Dalam bahasa Indonesia, politics mempunyai makna kepentingan umum warga negara suatu bangsa. Politik merupakan suatu rangkaian azas, prinsip, keadaan, jalan, cara dan alat yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu yang kita kehendaki.
Dalam bahasa Inggris, politics adalah suatu rangkaian asas atau prinsip, keadaan, cara dan alat yang digunakan untuk mencapai cita-cita atau tujuan tertentu. Politik secara umum menyangkut tujuan negara dan cara melaksanakannya.
 Berdasar dari istlah politik tersebut sudah jelas menggambarkan bidangnya masing-masing . Sekalipu masa kini pengertian-pengertian politik tersebut dikaburkan oleh orang-orang yang mempunyai kepentingan kelompok dan bukan kepentingan Negara pada umumnya. Boleh jadi karena ketidak pahaman akan arti politik itu sendiri.   
Pengertian politik menurut etimologi adalah sebagai berikut :
1. Pengetahuan mengenai ketatanegaraan atau kenegaraan (sistem pemerintahan/dasar pemerintahan).
2. Segala urusan dan tindakan (kebijaksanaan, siasat, dan sebagainya) mengenai pemerintahan negara atau terhadap orang lain.
3. Cara bertindak dalam menghadapi dan menangani suatu masalah.
Adapun pengertian politik beserta pengertian ilmu politik menurut para ilmuwan dikemukakan sebagai berikut :
    Harol Laswell mengemukakan bahwa politik membahas tentang masalah apa, mendapat apa, kapan, dan bagaimana.
    Willem Zeven Berger berpendapat bahwa politik dihubungkan dengan dua hal, yaitu seni (kunst) dan ilmu (wetwens cahp).
 Prof. Miriam Budiarjo berpendapat bahwa politik merupakan bermacam-macam kegiatan yang menyangkut penentuan tujuan-tujuan dan pelaksanaan tujuan itu. Tujuan yang dimaksud adalah tujuan masyarakat dan bukan tujuan pribadi seseorang. Selain itu, politik juga menyangkut kegiatan berbagai kelompok, termasuk partai politik dan kegiatan perorangan.
 Joyce Mitchel menyatakan bahwa politik adalah pengambilan keputusan kolektif atau perbuatan kebijaksanaan untuk masyarakat atau melalui cara umum.
Karl W. Duetch menyatakan bahwa politik adalah pengambilan keputusan melalui sarana umum.
Lindsay Rogers, memberi arti ilmu politik dengan ilmu kemahiran memerintah. Selain itu Nazi Jerman Carl Schmidt menyatakan bahwa politik adalah alat untuk membedakan antara kawan dan lawan. Sedangkan Prof Koentjoro Poerbopranoto, Politik adalah suatu keahlian untuk mengendalikan Negara. Sayangnya masyarakat awam senantiasa mnafsirkan bahwa politik itu adalah ilmu pengetahuan yang digunakan untuk membohongi masyarakat. Karena perbuatan oknu tertentu sehingga orang politik itu orang yang suka berjanji tapi inkar,lalai . bahka dianggap suka dusta dan curang.  
Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa pengertian politik secara umum adalah berbagai kegiatan dalam suatu sistem politik atau negara yang menyangkut proses penentuan tujuan dari sistem itu dan melaksanakan tujuan itu untuk memenuhi kepentingan bersama

0 Response to "PENGERTIAN POLITIK SECARA ETIMOLOGI MENURUT BEBERAPA ILMUAN"

Post a Comment

Postingan Populer

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel