SISTEM EKONOMI PANCASILA | ekonomiakuntansiid

SISTEM EKONOMI PANCASILA  | ekonomiakuntansiid
Sistem Ekonomi Pancasila adalah salah sati penataan ekonomi dimana palaksanaannya sangat dijiwai oleh ideologi Pancasila, didalamnya terkandung makna demokrasi ekonomi yaitu kegiatan ekonomi yang dilakukan berdaarkan usha bersama berdasarkan kekeluargaan dan kegotong royongan dari,oleh,dan untuk rakyat dibawah pimpinan dan pengawasan pemerintah.Sistem ekonomi Pancasila(SEP) merupakan sistem ekonomi yang digali dan dibangun dari nilai-nilai yang dianut dalam masyarakat indonesia.Beberapa prinsip dasar yang ada dalam SEP tersebut antara lain berkaitan drngan prinsip kemanusiaan,nasionalisme ekonomi, demokrasi ekonomi dan diwujudkan dalam ekonomi kerakyatan, dan keadilan.
Ciri-ciri Sistem ekonomi Pancasila
Ciri pokok sistem ekonomi Pancasila terdapat didalam UUD 1945 Pasal 33, dan GBHN Bab III B.No.14.

Adapun Ciri-ciri pokok sistem ekonomi Pancasila sebagai berikut;
1. Perekonomian disusunsebagai usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan
2. Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara.
3. Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat.
4. Perekonomian nasional diselenggarakan berdasar atas demokrasi ekonomi dengan prinsip kebersamaan, efisiensi berkeadilan, berkelanjutan, berwawasan lingkungan, kemandirian,serta dengan menjaga keseimbangan kemajuan dan kesatuan ekonomi nasional.
5. Ketentuan lebih lanjut mengenai pelaksanaan pasal ini diatur dalam Undang-undang.
Berdasarkan GNHN BAB III B No.14 sebagai berikut;
Pembangunan ekonomi yang yang didasarkan kepada demokrasi ekonomi menentukan bahwa masayarakat harus memegang peanan aktif dalam kegiatan pembangunan.Oleh karena itu maka pemerintah pemerintah berkewajiban memeberikan pengarahandan bimbingan terhadap pertumbuhan ekonomi serta menciptakan iklim yang sehat bagi pperkembangan dunia usaha; Sebaliknya dunia usaha  perlu memberikan tanggapan terhadap pengarahan dan biimbingan serta penciptaan iklim tersebut dengan kegiatan yang nyata.
Ciri-ciri sistem ekonomi Pancasila menurut Para Ahli:
Ciri-ciri sistem ekonomi Pancasila menurut Mubyarto
Konsep ekonomka etik ekonomi Pancasila  oleh Mubyarto dalam bukunya sistem dan moral Ekonomi Pancasila dicirikan sebagai berikut;
1. Roda perekonomian digerakkan oleh angsangan ekonomi, moral dan sosial.
2. Ada kehendak kuat dari seluruh anggoa masyarakat untuk mewujudkan suasana meratanya kehidupan sosial ekonomi.
3. Prioritas kebijaksanaan ekonomiadalah pengembangan ekonomi nasional yang kuat dan tangguh, yang berarti nasionalisme selalu menjiwai setian kebijaksanaan ekonomi.
4. Koperasi merupakan soko guru peekonomian nasional.
5. Adanya imbangan yang jelas dan tegas antara sentralisme dan deentralisme kebijaksanaan ekonomi untuk menjamin keadilan ekonomi dan keadilan sosial dengan sekaligusmenjaga efisiensi dan pertumbuhan ekonomi.
Selain dari Prof Mubyarto masih ada lagi pendapat lai seperti Prof.Boediyono (mantan wakil presiden RI) Semasa periode kedua Presiden SBY.mengatakan bahwa sistem ekonomi pancasila dicirikan oleh lima hal sebagai berikut:
1. Koperasi adalah sokoguru perekonomian nasional
2. Manusia adalah "economic man" sekaligus "social and religious man"
3. Ada kehendak sosial yang kuat kearah egalitarianisme dan kemertaan sosial.
4. Priotitas utama kebijakan diletakkan pada penyusunan perekonomian nasional yang tangguh.
5. Pengandalan pada sistemdesentralisasi dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan ekonomi, diimbangi dengan perencanaan yang kuat sebagai pemberi arah bagi perkemmbangan ekonomi seperti yang dicerminkan dalam cita-cita koperasi.
Emil Slim mantan menteri lingkungan hidup pada era Orde Baru, didalam bukunya "membangun koperasi dan sistem ekonomi Pancasila",mengatakan bahwa ciri-ciri Sistem Ekonomi Pancasila sebagai berikut;
1. Peranan negara adalah penting namun tidak dominan, dan begitu juga peranan pihak swasta yang posisinya penting namun tidak mendominasi.
2. Modal ataupun buruh tidak mendominasi perekonomian karena didaari atas asas kekeluargaan antar sesama manusia.
3. Masyarakat adalah bagian yang penting dimana kegiatan produksi dilakukan oleh semua untuk semua serta serta dipimpin dan diawai oleh anggota masyarakat.
4. Yang menguaai hajat hidup oang banyak adalah negara/pemerintah.contoh hajad hidup orang banyak yakni seperti ,air,bahan bakar minyak/BBM, Pertambangan/hsil bumi, dan lain-lain.
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SISTEM EKONOMI PANCASILA
Kelebihan:
1. Perekonomian disusun sebagai usaha berama berdasar atas asas kekeluargaan.
2. Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajad hidup rakyat dikuasai oleh negara.
3. Bumi dan air dan kekayaan alamyang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara da dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat.
4. Sumber-sumber kekayaan dan keuangan negara digunakan dengan permufakatan lembaga perwakilan rakyat serta pengawasan terhadap kebijakannya ada pada lembaga perwakilan rakyat pula.
5. Wrga Negara memiliki kebebasan dalam memilih pekerjaan yang dikehendaki serta memounyai hak akan pekerjaan dan penghidupsn ysng layak.
6. Hak milik perorangan diakui dan pemanfaatannya tidak boleh bertentangan dengankepentingan masyarakat.
7. Potensi, inisiatif dan daya kreasi setiap warga negara diperkembangkan sepenuhnya dalam batas yang tidak merugikan kepentingan umum.
8. Fakir miskin dan anak terlantar dipelihara oleh negara.
Kekurangan sistem ekonomi Pancasila
Barangkali sudah menjadi suatu kesepakatan dalam khidupan ini bahwa sebaik-baiknya sesuatu pasti terdetik didalamnya beberapa kekurangan, kekurangan itu yang perlu dihindari dalam sistem perekonomian kitakarena bersifat kontradiktif dengan nilai-nilai kepribadian bangsa indonesia adalah sebagai berikut;
1. Sistem Free fight liberalism (sistim persaingan bebas yang saling menghancurkan)
2. Sitem terpusat, yang dapat mematikan potensi,kreasi dan inisiatif warga masyarakat.
3. Pemusatan kekuatan ekonomi pada satu kelompok dalam bentuk menopoli yang merugikan masyarakat.
Kritikan terhadap sistem ekonomi Pancasila.
Sistem ekonomi pancasila dinilai oleh kalangan seperti frans seda, adalah sebuah sistem ekonomi yang utopia atau angan-angan. Karena kalau sebuah sistem yang tidakberada pada kedua sistem sosialisme dan liberalime itu hanya dimilik oleh malaikat katanya.
Fungsi sistem ekonomi Pancasila
1. Menyediakan perangsang untuk berproduksi
2. Menyediakan cara/metode untuk mengkoordinasi kegiatan individu dalam suatu perekonomian.
3. Menyediakan mekanisme tertentu agar pembagian hasil produksi diantara anggota masyarakat dapat terlaksana sebagaimana mestinya.
Berdasar dari uraian mengenai sistem ekonomi pancasila maka penulis menilai bahwa sistem ekonomi pancasila adalah mirip dengan sistem akonomi campuran antara sistem ekonomi tradisional,sistem ekonomi sosialis, dan sistem ekonomi liberal
            

0 Response to "SISTEM EKONOMI PANCASILA | ekonomiakuntansiid"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel