Skip to main content

Pengertian Perusahaan Dagang |ekonomiakuntansiid

Pengertian Perusahaan Dagang Dan Ciri-Ciri Perusahaan dagang |ekonomiakuntansiid
Bahasan kali ini penulis akan menampilkan mengenai pengertian perusahaan dagang dan ciri-ciri perusahaan dagang beserta karakteistik perusahaan dagang. Pentingnya bahasan ini karena disatu sisi materi akuntansi perusahaan dagang ini adalah merupakan lanjutan mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa pada kelas sebelumnya. disisi lain pelajaran ini merupakan pelajaran yang merupakan mata pelajaran yang seharusnya diketahui oleh seluruh ummat manusia terutama yang bergelut pada bidang dunia usaha.
Perusahaan dagang
1. Pengertian Perusahaan Dagang
 Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan usahanya melakukan transaksi pembelian barang dagang kemudian untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuknya.
Perusahaan – perusahaan yang digolongkan sebagai perusahaan dagang antara lain adalah distributor, agen tunggal, pengecer, toko swalayan, toko serba ada, plasa, pusat-pusat perbelanjaan, atau pusat barang-barang grosir.
Adapun ciri-ciri perusahaan dagang, antara lain sebagai berikut :
Kegiatan usahanya melakukan pembelian barang untuk dijual kembali tanpa melakukan proses produksi (mengolah/mengubah bentuk)
    Pendapatan pokoknya diperoleh dari penjualan barang dagang
    Harga pokok barang yang dijual adalah : Nilai persedian awal + Pembelian Bersih – Persediaan Akhir
    Laba kotor diperoleh dari : Penjualan bersih – Harga pokok barang yang dijual
Perusahaan dagang memiliki karakteristik yang berbeda dengan perusahaan jasa dan perusahaan industry (manufaktur). Oleh karena itu, siklus perusahaan dagang mempunyai karakter khas, yang hanya dijumpai dalam perusahaan dagang. Akun-akun yang merupakan ciri khas perusahaan dagang selain seperti yang terdapat di perusahaan jasa adalah sebagai berikut :
        Akun pembelian di sisi debit (D)
        Akun penjualan dicatat di sisi kredit (K)
        Akun potongan pembelian dicatat di sisi kredit (K)
        Akun potongan penjualan dicatat di sisi Debit (D)
        Akun retur pembelian dicatat di sisi kredit (K)
        Akun retur penjualan dicatat di sisi debit (D)
        Akun biaya angkut pembelian dicatat di sisi debit (D)
        Akun biaya pengiriman dicatat di sisi debit (D)
        Akun persediaan barang dagang dicatat di sisi debit (D)
        Akun utang usaha dicatat di sisi kredit (K)
        Akun piutang usaha dicatat di sisi debit (D)
        Harga pokok penjualan dicatat di sisi debit (D)
Karakteristik dan kegiatan utama perusahaan dagang adalah sebagai berikut :
Melakukan transaksi pembelian barang dagang, baik secara tunai maupun kredit
Melakukan transaksi penjualan barang dagang, baik secara tunai maupun kredit
Melakukan pembayaran utang usaha yang terjadi akibat adanya berbagai transaksi dalam aktivitas   perusahaan dari segi pembelian barang secara kredit
Menerima pembayaran/pelunasan piutang usaha yang terjadi akibat adanya berbagai transaksi dalam aktivitas perusahaan terutama karena aktivitas jual beli barang secara kredit.
Melakukan penyimpanan barang dagang selama belum dijual dan diserahkan kepada pembeli.

Selamat belajar semoga mendapat berkah dari yang maha kuasa.




Comments

Popular posts from this blog

SOAL DAN JAWABAN POKOK BAHASAN INDEKS HARGA | ekonomiakuntansiid

SOAL DAN JAWABAN POKOK BAHASAN INDEKS HARGA DAN INFLASI
Untuk lebih memperdalam lagi mengenai indeks haraga maka ada beberapa hal yang harus sahabat ilmu ekonomi ketahui, oleh sebab itu pembahasan kali ini akan membahas tentang metode penghitungan indeks harga, metode penghitungan indeks harga tidak terimbang dan penghitungan indeks harga.
Metode Penghitungan Indeks Harga Secara garis besar, ada dua metode penghitungan indeks harga, yakni metode tidak tertimbang dan metode tertimbang.
a. Metode tidak tertimbang Yaitu metode yang tidak menggunakan faktor penimbang dalam menghitung indeks harga. Karena tidak menggunakan faktor penimbang maka semua barang dianggap sama penting.

Ada dua jenis metode tidak tertimbang, yaitu:

1) Metode agregatif sederhana, yang dirumuskan sebagai berikut:








Contoh soal

Diketahui harga rata-rata 6 macam barang adalah sebagai berikut:

Jika tahun 2001 dijadikan sebagai tahun dasar maka dengan menggunakan metode agregatif sederhana, indeks harga tahun 200…

Soal dan Jawaban Pokok Bahasan Permintaan (Demand) dan Penawaran (Supply) | ekonomiakuntansiid

Soal dan Jawaban Pokok Bahasan Permintaan  (Demand) dan Penawaran (Supply)
Berikut ini akan ditampilkan beberapa soal uraian atau essay dan pembahasan. Akan tetapi sebelumnya ditampikan beberapa teori mengenai Permintaan dan Penawaran, Harga Keseimbangan, Struktur Pasar, Elastisitas, Hukum, Kurva, Komoditas, Input, Ekonomi, agar pembaca tidak terlalu terisolasi kedalam satu pokus . Artinya kalau hanya ditampilkan soal saja boleh jadi pemikiran hanya terkhusus pada satu permasalahan padahal masih banyak permasalahan lain yang berkaitan dengan itu. Permintaan dan Penawaran, Harga Keseimbangan, Struktur Pasar, Elastisitas, Hukum, Kurva, Komoditas, Input, Ekonomi - Masihkah Anda ingat dengan masalah pokok ekonomi? Pada bab sebelumnya telah dijelaskan bahwa masalah itu adalah apakah barang atau jasa yang harus diproduksi dan berapa jumlahnya? Masalah tersebut dapat dipecahkan dengan memperhatikan interaksi antara pembeli dan penjual di pasar. Interaksi tersebut akan menentukan tingkat …

Soal-Soal dan Jawaban Badan Usaha | ekonomiakuntansiid

Soal-Soal dan Jawaban Badan Usaha

Latihan Soal Kegiatan Ekonomi Masyarakat Bab Badan Usaha
Salah satu cara untuk memancing bangkitnya daya nalar setiap orang adalah dengan belajar melalui soal-soal. Makanya itu ditampilkan beberapa soal-soal untuk memancing daya nalarnya sekaligus memacu semangat belajarnya. silahkan dicoba-coba-coba terus insya Allah pasti sukses. 

Soal dan Jawaban Uraian Badan Usaha
1.    Bedakan pengertian antara usaha, perusahaan dan Badan Usaha

Usaha merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan memperoleh hasil yang berupa laba.perusahaan adalah kegiatan usaha yang bersifat tetap, dilakukan secara terus-menerus, dan dikelola secara baik dengan tujuan menghasilkan barang dan jasa sehingga dapat melayani kepentingan umum sekaligus memperoleh laba.Badan usaha merupakan suatu unit ekonomi yang mengkombinasikan seluruh sumber daya ekonomi, seperti sumber daya alam, manusia, modal, serta kewirausahaan untuk menghasilkan barang dan jasa.

2.    Sebutkan jenis bada…