Soal dan jawaban PERTUMBUHAN EKONOMI | ekonomiakuntansiid

Soal dan jawaban PERTUMBUHAN EKONOMI,PERUBAHAN STRUKTUR DAN KRISIS EKONOMI



PERTUMBUHAN EKONOMI,PERUBAHAN STRUKTUR
DAN KRISIS EKONOMI
1.      Apa yang di maksud dengan pertumbuahan ekonomi?
Jawaban
Pertumbuhan ekonomi ialah proses kenaikan output perkapita yang terus menerus dalam jangka panjang.
2.      Sebutkan sumber-sumber pertumbuhan ekonomi!
Jawaban
Pertumbuhan ekonomi dapat bersumber dari pertumbuahan pada sisi permintaan agregat (AD) dan sisi penawaran agregat (AS)
·         Sisi Permintaan Agregat
Dari sisi AD, pergeseran kurvanya ke kanan yang mencerminkan permintaan di dalam ekonomi bisa terjadi karena PN, terdir dari permintaan masyarakat, perusahaan dan pemerintah, meningkat.
·         Sisi Penawaran Agregat
Dari sisi AS, pertumbuhan output bisa disebabkan oleh peningkatan valume dari faktor-faktor produksi yang digunakan, seperti Tenaga kerja (L), modal (K) dan tanah (Tn) serta Energi (E). Juga dipengaruhi oleh peningkatanproduktifitas dari faktor-faktor tersebut
3.      Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi!
Jawaban
·         Faktor Sumber Daya Manusia
·         Faktor Sumber Daya Alam,
·         Faktor Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
·         Faktor Budaya meningkatkan kualitas IPTEK
4.      Apa saja teori dan model pertumbuhan?
Jawaban
·         Teori klasik
Ø  Teori Pertumbuhan Adam Smith
Di dalam teori ini, ada tiga faktor penentu proses produksi/pertumbuhan, yakni SDA, SDM (sumber daya Manusia), dan barang modal.
Ø  Teori Pertumbuhan David Ricardo
Menurut teori ini, pertumbuhan ekonomi ditentukan oleh SDA (dalam arti tanah) yang terbatas jumlahnya, dan jumlah penduduk yang menghasilkan jumlahnya, dan jumlah  penduduk yang menghasilkan jumlah tenaga kerja yang menyesuaikan diri dengan tingkat upah, di atas atau di bawah tingkat upah alamiah (atau minimal). David ricardo juga melihat adanya perubahan teknologi yang selalu terjadi.
·         Teori Neo-Keynes
Teori neo-Keynes adalah modal dari Harrod dan Domar yang mencoba memperluas teori Keynes mengenai keseimbangan pertumbuhan ekonomi dalam perspektif jangka panjang dengan melihat pengaruh dari investasi, baik pada AD maupun pada perluasan kapasitas produksi AS, yang pada akhirnya akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.
·         Model Pertumbuhan WW. Rostow
Menurut rostow, pembangunan ekonomi di manapun juga merupakan proses yang bergerak dalam sebuah garis lurus, yakni dari masyarakat terbelakang ke masyarakat maju.
5.      Pendapatan dan kualitas hidup suku bangsa tergantung pada perekonomian. Jelaskan dengan factor yang   mempengaruhinya
Jawaban
·         Pendapatan nasional per kapita untuk tingkat negara (nasional) dan PDRB per kapita untuk tingkat propinsi dan Kabupaten atau Kota
·         Pendapatan nasional per kapita dan PDRB per kapita merupakan cermin dari daya beli masyarakat atau pasar. Makin tinggi daya beli masyarakat suatu negara atau daerah (yang dicerminkan oleh pendapatan nasional per kapita atau PDRB per kapita) maka akan makin menarik negara atau daerah tersebut untuk berinvestasi.
6.      Sebutkan faktor-faktor yang menentukan terjadinya perubahan struktur ekonomi!
Jawaban
Ada beberapa faktor yang menentukan terjadinya perubahan struktur ekonomi antara lain :
·         Produktivitas tenaga kerja per sektor secara keseluruhan
·         Adanya modernisasi dalam proses peningkatan nilai tambah dari bahan baku, barang setengah jadi dan barang jadi.
·         Kreativitas dan penerapan teknologi yang disertai kemampuan untuk memperluas pasar produk/jasa yang dihasilkannya.
·         Kebijakan pemerintah yang mendorong pertumbuhan dan pengembangan sektor dan komoditi unggulan
·         Ketersediaan infrastruktur yang menentukan kelancaran aliran distribusi barang dan jasa serta mendukung proses produksi.
·         Kegairahan masyarakat untuk berwirausaha dan melakukan investasi secara terus-menerus
·         Adanya pusat-pusat pertumbuhan baru yang muncul dalam wilayah daerah
·         Terbukanya perdagangan luar daerah dan luar negeri melalui ekspor-impor
7.      Apa yang dimaksud dengan krisis ekonomi dan berikanlah contoh krisis ekonomi?
Jawaban
Krisis ekonomi adalah istilah yang digunakan pada bidang ekonomi dan mengacu pada perubahan drastis pada perekonomian. Perubahan ekonomi yang terjadi secara cepat tersebut mengarah pada turunnya nilai tukar mata uang dan harga kebutuhan pokok yang semakin tinggi. Krisis ekonomi dapat melanda suatu negara apabila perubahan perekonomian sudah tidak dapat dibendung lagi
Contoh :
Krisis ekonomi pertama melanda eropa sebelum perang dunia pertama yang sering disebut era great depression, selanjutnya krisis ekonomi terjadi pada era booming minyak periode tahun 1970, krisis ekonomi ketiga terjadi pada tahun 1997 yang melanda sebagian besar wilayah Asia serta yang terakhir terjadi di Amerika Serikat pada tahun 2008.
8.      Sebutkan kondisi krisis yang dapat melanda perekonomian indonesia!
Jawaban
·         Hutang luar negeri
Indonesia yang sangat besar menjadi penyebab terjadinyakrisis ekonomi. Meskipun, hutang itu bukan sepenuhnya hutang negara, tetapisangat besar pengaruhnya terhadap upaya-upaya untuk mengatasi krisis ekonomi
·         Industrialisasi
pemerintah Orde Baru ingin menjadikan negara RI sebagai negaraindustri. Keinginan itu tidak sesuai dengan kondisi nyata masyarakat Indonesia.Masyarakat Indonesia merupakan sebuah masyarakat agraris dengan tingkat pendidikan yang sangat rendah (rata-rata)
·         Pemerintahan Sentralistik
pemerintahan Orde Baru sangat sentralistik sifatnyasehingga semua kebijakan ditentukan dari Jakarta. Oleh karena itu, peranan pemerintah pusat sangat menentukan dan pemerintah daerah hanya sebagaikepanjangan tangan pemerintah pusat
9.      Sebutkan sebab terjadinya krisis ekonomi pada tahun 1998!
Jawaban
·         Stok hutang luar negeri swasta yang sangat besar dan umumnya berjangka pendek yang telah menciptakan “ketidakstabilan”. Hal ini diperburuk oleh rasa percaya diri yang berlebihan, bahkan cenderung mengabaikan, dari para menteri dibidang ekonomi maupun masyarakat perbankan sendiri menghadapi besarnya serta persyaratan hutang swasta tersebut.
·         Banyaknya kelemahan dalam sistem perbankan di Indonesia. Dengan kelemahan sistemik perbankan tersebut, masalah hutang swasta eksternal langsung beralih menjadi masalah perbankan dalam negeri.
·         Tidak jelasnya arah perubahan politik, maka isu tentang pemerintahan otomatis berkembang menjadi persoalan ekonomi pula.
·         Faktor utama yang menyebabkan krisis moneter tahun 1998 yaitu faktor politik. Pada tahun 1998 krisis ekonomi bercampur kepanikan politik luar biasa saat rezim Soeharto hendak tumbang. Begitu sulitnya merobohkan bangunan rezim Soeharto sehingga harus disertai pengorbanan besar berupa kekacauan (chaos) yang mengakibatkan pemilik modal dan investor kabur dari Indonesia. Pelarian modal besar-besaran (flight for safety) karena kepanikan politik ini praktis lebih dahsyat daripada pelarian modal yang dipicu oleh pertimbangan ekonomi semata (flight for quality). Karena itu, rupiah merosot amat drastis dari level semula Rp 2.300 per dollar AS (pertengahan 1997) menjadi level terburuk Rp17.000 per dollar AS (Januari 1998).
·         Banyaknya utang dalam valas, proyek jangka panjang yang dibiayai dengan utang jangka pendek, proyek berpenghasilan rupiah dibiayai valas, pengambilan kredit perbankan yang jauh melebihi nilai proyeknya, APBN defisit yang tidak efisien dan efektif, devisa hasil ekspor yang disimpan di luar negeri, perbankan yang kurang sehat, jumlah orang miskin dan pengangguran yang relative masih besar, dan seterusnya.
10.  Langkah-langkah apa saja yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya krisis ekonomi?
Jawaban :
Langkah-langkah yang harus diambil diantaranya :
·         Ekspor diperkuat,
·         Ketergantungan pada ULN, impor, dan investasi jangka pendek atau yang   bermotivasi spekulasi dihilangkan,
·         Sektor perbankan diperkuat,
·         Menerapkan kembali mekanisme penentuan kurs berdasarkan sistem bebas terkendali, dan
·         Menyiapkan cara/kebijakan penanggulangan krisis yang bagus dengan memerhatikan semua faktor yang secara teori sangat memungkinkan munculnya suatu krisis serupa.
Pertanyaan dan Jawaban tentang Pertumbuhan Ekonomi
Semoga bermanfaaat !!
1.       
Pertanyaan: Seberapa besar pemgaruh pertumbuhan ekonomi terhadap pembangunan ekonomi disetiap negara, dan bagaimana kualitas pembangunan ekonomi di Indonesia berdasarkan pertumbuhan ekonomi pada periode akhir?
Jawaban: 7% dan kualitas pembangunan ekonominya diukur dengan pendapatan riil per kapita. Pendapatan riil per kapita adalah merupakan pendapatan nasional riil atau output  secara keseluruhan yang dihasilkan pada suatu negara selama satu tahun yang dibagi dengan jumlah penduduknya. Dengan demikian kualitas hiduptidak akan dapat ditingkatkan kecuali jika total output meningkat lebih cepat dari pada pertumbuhan jumlah penduduk.
2.       
Pertanyaan: Sistem pemerintahan yang bagaimana yang tidak menghambat pertumbuhan dan pembangunan ekonomi ?
Jawaban: Sistem pemerintahan presidensial demokratik liberal.
3.       
Pertanyaan: Jelaskan persoalan utama yang perlu diatasi dalam pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi dan tolong kalian jelaskan tentang pernyataan ini "Pembangunan ekonomi dapat diwujudkan melalui peningkatan dalam investasi dan perluasan pasar".
Jawaban: Masalah kemiskinan dan pengangguran merupakan masalah utama yang harus diatasi. Untuk mengatasi masalah kemiskinan dibutuhkan pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi dan berkesinambungan agar dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja sekaligus mengurangi kemiskinan dan didukung dengan program yang berpihak kepada masyarakat miskin itu sendiri. Mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang tinggi bukanlah suatu pekerjaan yang mudah, karena harus didukung oleh peningkatan investasi yang dipengaruhi oleh suasana kondusif berupa kemudahan-kemudahan dalam peraturan dan adanya kepastian hukum.
Tabungan yang diciptakan di dalam negeri tidak dengan sendirinya mewujudkan pembangunan. Diperlukan kegiatan investasi untuk menggunakan tabungan tersebut. Oleh sebab itu, pihak swasta perlu didorong dan dibantu untuk menggunakan tabungan tersebut dalam kegiatan investasi, kekurangan minat swasta untuk meminjam dan melakukan investasi dapat menimbulkan efek buruk kepada usaha mempercepat pertumbuhan ekonomi. Dengan kata lain, usaha pemerintah untuk mendorong pihak swasta menggunakan tabungan yang tersedia untuk melakukan penanaman modal merupakan langkah penting yang perlu disediakan.
4.       
Pertanyaan: Apakah ada hubungan antara kurva IS LM dengan pertumbuhan dan perkmbangan ekonomi? Jelaskan menggunakan kurva berikut deskripsinya. Lalu sebenarnya apa yg menjadi perbedaan anatara pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi itu sendri?
Jawaban: Kurva IS LM berwujud pada kebijakan fiscal moneter. Kebijakan fiscal dan moneter dapat mengurangi infasi. Dengan meredamnya inflasi, maka pertumbuhan ekonomi dapat ditingkatkan.
Pertumbuhan ekonomi selalu digunakan sebagai suatu ungkapan umum yang menggambarkan tingkat perkembangan suatu Negara yang diukur melalui persentase pertambahan pendapatan nasional riil. Istilah perkembangan ekonomi biasanya dikaitkan dengan perkembangan ekonomi di negara-negara berkembang. Dalam pembangunan ekonomi tingkat pendapatan perkapita terus-menerus meningkat, sedangkan pertumbuhan ekonomi belum tentu diikuti oleh kenaikan pendapatan per kapita.
5.       
Pertanyaan: Kapan penduduk dapat dikatakan menjadi sebuah masalah dan kapan penduduk dapatdikatakan tidak menjadi masalah? Dan bagaimana cara menciptakan suatu negara yang sistematis,pertumbuhan dan perkembangan nya ?
Jawaban: Penduduk itu dapat dikatakan dapat menjadi masalah ketika pertumbuhan penduduk tidak berbanding lurus dengan pertumbuhan ekonomi sehingga pembangunan suatu negara tersebut tidak akan berkembang. Dan Penduduk tidak akan menjadi masalah ketika penduduk tersebut memiliki kualitas dan kuantitas yang memadai, karna suatu pembangunan dapat berhasil jika didukung oleh subjek pembangunan yakni penduduk.
Untuk menciptakan suatu kebijakan yang simultan antara pertumbuhan dan pemerataan daoat dilakukan dengan beberapa cara :
        Melakukan akumulasi modal sebaik mungkin  , karna akumulasi modal terjadi bilasebagian pendapatan ditabung dan di investasikan kembali karna dengan begitu akan dapat memperbesar  output dan pendapatan dikemudian hari sehingga akan berdampak bagus untuk pemerataan suatu negara
        Adanya kemampuan sistem perekonomian yang bisa untuk menyerap dan secara produktif memanfaatkan tambahan tenaga kerja
        Membangun industri kebutuhan sehari hari
        Dalam mengeksploitasi sumber daya manusia beberapa persen % dari hasil hasil total eksploitasi digunakan untuk pemenuhan kebutuhan dasar
        Memanfaatkan kemajuan teknologi
Dengan pemanfaatan  teknologi yang tanggas maka akan bermanfaat lebih baik.
Melalui cara-cara yang telah dituliskan itu maka untuk menciptakan suatu negara yang simultan, simultan pertumbuhan dan oerkembangan nya dapat lebih mudah untuk dilaksanakan.
6.       
Pertanyaan: Jelaskan pengaruh pertumbuhan ekonomi terhadap pembangunan ekonomi? Bagaimana pertumbuhan ekonomi indonesia kuartal pertama di tahun 2015 ini?
Jawaban: Pertumbuhan ekonomi merupakan peningkatan output nasional perkapita dimana hal tersebut dalam mempengaruhi sebuah pembangunan suatu negara,  pasalnya apa bila pendapatan perkapitanya meningkat otomatis pembangunannya pun akan lebih lancar dan baik, sehingga  pertumbuhan ekonomi dapat dijadikan indikator dari pembangunanekonomi.
Angka pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal pertama tahun 2015, melambat dibanding periode yang sama tahun 2014 lalu yang mencapai 5,14 persen (konstan 2010) atau 5,21 persen (konstan 2000). Penyebabnya adalah adalah lemahnya permintaan dari pasar ekspor utama Indonesia seperti China dan Singapura serta belanja pemerintah yang lebih rendah dari harapan.
7.       
Pertanyaan: Menurut kalian bagaimana pertumbuhan ekonomi di Indonesia?
Jawaban: Menurut pendapat kami, sangat lambat. Bahkan pada tahun inipertumbuhan ekonomi diperkirakan sulit untuk mencapai level 5,7 persen seperti yang ditargetkan. Itu disebabkan karena  oleh minimnya pencairan duit dari kementerian keuangan, atau belanja pemerintah dalam APBN belum maksimal, dan juga inflasi tinggi (yang disebabkan oleh kenaikan harga BBM subsidi), menghambat aliran keluar modal menjelang pengetatan moneter AS, membatasi defisit transaksi berjalan dan mendukung nilai rupiah.
8.       
Pertanyaan: indah novita harahap bagaimana akumulasi modal mempengaruhi pola pertumbuhan suatu negara dalam jangka panjang ?bagaimana dampaknya terhadap pertumbuhan ekonomi jika pertambahan modal yang ada tidak cukup untuk menutup despriasi yang ada ? dan bagaimana mengurangi tinggkat infasi pada pertumbuhan ekonomi ?
Jawaban: Dalam pembangunan ekonomi, modal memegang peranan yang penting. Menurut teori ini, akumulasi modal ini akan menentukan cepat atau lambatnya pertumbuhan ekonomi yang terjadi pada suatu negara. Modal tersebut diperoleh dari tabungan yang dilakukan masyarakat. Adanya akumulasi modal yang dihasilkan dari tabungan, maka pelaku ekonomi dapat menginvestasikannya ke sektor riil, dalam upaya untuk meningkatkan penerimaannya. Akumulasi modal dan investasi sangat bergantung pada perilaku menabung masyarakat, sementara disisi lain kemampuan menabung masyarakat ditentukan oleh kemampuan menguasai dan mengeksplorasi  sumberdaya yang ada. Artinya bahwa orang yang mampu menabung pada dasarnya adalah kelompok masyarakat yang menguasai dan mengusahakan sumber-sumber ekonomi, yaitu para pengusaha dan tuan tanah. Pekerja merupakan satu-satunya pelaku ekonomi yang tidak memiliki kemampuan menabung karena mereka tidak mampu menguasai dan mengusahakan sumber-sumber ekonomi yang ada. Menurut Adam Smith, proses pertumbuhan ekonomi akan terjadi secara simultan dan memiliki hubungan keterkaitan satu dengan yang lain. Timbulnya peningkatan kinerja pada suatu sektor akan meningkatkan daya tarik bagi pemupukan modal, mendorong kemajuan teknologi, meningkatkan spesialisasi, dan memperluas pasar. Hal ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi semakin pesat.  (Kuncoro; 2000).
Cara mengatasi inflasi:
1.      Menjaga keserasian antara laju penambahan uang beredar dengan laju pertumbuhan barang dan jasa. Penambahan jumlah uang beredar harus dilakukan secara proporsional dengan tingkat pertumbuhan penawaran barang dan jasa. Di samping itu, jumlah uang beredar senantiasa harus dipantau dan dikendalikan. Beberapa instrumen yang dapat digunakan oleh pemerintah (Bank  Indonesia guna mengendalikan jumlah uang beredar adalah: Politik operasi pasar terbuka (Open Market Operation);Politik diskonto dan bunga pinjaman; serta Politik mengubah cadangan minimal bank-bank umum pada Bank Indonesia. Selain itu perlu dilakukan pengawasan pinjaman secara selektif maupun Pembujukan moral (moral suation).
2.      Menjaga kestabilan nilai tukar mata uang. Nilai tukar rupiah yang cenderung merosot terhadap mata uang asing, akan mendorong laju inflasi. Mengapa? Sebab negara kita masih banyak mengimpor barang-barang modal dan juga bahan baku produksi. Jika mata uang rupiah meroset, maka harga barang-barang impor untuk kebutuhan produksi menjadi lebih mahal. Hal ini berati akan menaikkan biaya produksi, yang selanjutnya akan menaikkan harga barabf dan jasa di pasar.
3.      Melakukan intervensi pasar. Pada masa-masa tertentu dapat terjadi lonjakan terhadap permintaan barang-barang dipasar, seperti menjelang hari raya Idul Fitri dan Natal. Keadaan ini tidak dapat dibiarkan terus, karena dapat menyulut kenaikan harga barang-barang pada umunya. Kenaikan harga barang-barang secara temporer memang tidak dapat disebut inflasi.
9.       
Pertanyaan: Pertumbuhan ekonomi di pengaruhi baik oleh faktor ekonomi maupun non ekonomi. Jelaskan bagaimana faktor ekonomi dan faktor non ekonomi saling berinteraksi dalam menghasilkan pertumbuhan ekonomi?
Jawaban: Faktor ekonomi nya yaitu sumber daya alam dan sumber daya modal. Sedangkan factor non ekonominya yaitu sumber daya manusia, sistem politik dan administratif.
Kedua factor ini saling berkaitan. Jika factor ekonomi tidak didukung oleh factor non ekonomi yang baik, makan pertumbuhan ekonomi tidak akan terjadi. Tetapi jika factor ekonomi didukung oleh factor non ekonomi yang baik, maka akan terjadi pertumbuhan ekonomi.
10.   
Pertanyaan: Apa yang harus dilakukan oleh pemerintahan Indonesia dan masyarakat Indonesia agar perekonomian di Indonesia meningkat tanpa di iringi Inflasi?
Jawaban: Yang harus dilakukan pemerintah oleh pemerintah Indonesia dan masyarakat Indonesia agar pertumbuhan di Indonesia meningkat tanpa diiringi inflasi yaitu :
Pemerintah diminta untuk memilih fokus kebijakan antara meningkatkan pertumbuhan ekonomi atau menjaga inflasi. Karena jika tidak fokus, akan berdampak pada penurunan pertumbuhan ekonomi. Sejumlah ekonom menilai, keinginan menjaga inflasi pada angka yang rendah akan sulit dicapai jika pertumbuhan ekonomi terus ditingkatkan. Hal lain yang dapat dilakukan untuk meredam inflasi adalah dengan menaikkan suku bunga.  Dengan menaikkan suku bunga, dana di masyarakat naik maka permintaan turun, jika permintaan masyarakat turun maka komponen inflasi akan turun. Namun pertumbuhan ekonomi tidak meningkat. Maka dari itu, pemerintah harus memilih fokus kebijakan antara meningkatkan pertumbuhan ekonomi atau menjaga inflasi.
11.   
Pertanyaan: Apa yang harus dilakukan oleh pemerintahan Indonesia dan masyarakat Indonesia agar perekonomian di Indonesia meningkat tanpa di iringi Inflasi?
Jawaban: Yang harus dilakukan pemerintah oleh pemerintah Indonesia dan masyarakat Indonesia agar pertumbuhan di Indonesia meningkat tanpa diiringi inflasi yaitu:
Pemerintah diminta untuk memilih fokus kebijakan antara meningkatkan pertumbuhan ekonomi atau menjaga inflasi. Karena jika tidak fokus, akan berdampak pada penurunan pertumbuhan ekonomi. Sejumlah ekonom menilai, keinginan menjaga inflasi pada angka yang rendah akan sulit dicapai jika pertumbuhan ekonomi terus ditingkatkan. Hal lain yang dapat dilakukan untuk meredam inflasi adalah dengan menaikkan suku bunga.  Dengan menaikkan suku bunga, dana di masyarakat naik maka permintaan turun, jika permintaan masyarakat turun maka komponen inflasi akan turun. Namun pertumbuhan ekonomi tidak meningkat. Maka dari itu, pemerintah harus memilih fokus kebijakan antara meningkatkan pertumbuhan ekonomi atau menjaga inflasi.
12.   
Pertanyaan:    Disebuah artikel yang pernah saya baca mengatakan bahwa “untuk menaikan pendapatan nasional dan pertumbuhan ekonomi maka pemerintah harus menaikan harga-harga bahan pokok seperti BBM. Setujukah kalian pernyataan tersebut?
Jawaban: Kelompok kami tidak setuju, alasannya Jika terjadi kenaikan harga BBM di negara ini, akan sangat berpengaruh terhadap permintaan (demand) dan penawaran (supply). Kenaikan BBM ini akan  diikuti oleh naiknya harga barang-barang dan jasa-jasa di masyarakat. Kenaikan harga barang dan jasa ini menyebabkan tingkat inflasi di Indonesia mengalami kenaikan dan mempersulit perekonomian masyarakat terutama masyarakat yang berpenghasilan tetap.
13.   
Pertanyaan: Tolong berikan contoh dari setiap teori yang dikemukakan oleh Weyner Sumbart dimana atau kapan pertumbuhan ekonomi suatu bangsa dapat dibagi menjadi 3 tingkatan.
Jawaban:
·         masa perekonomian tertutup: Korea Utara
·         masa kerajinan dan pertukangan: pada masa dikenalnya struktur organisasi dan melakukan pembagian kerja
·         masa kapitalis:
Ø  pra kapitalis: pada zaman purba
Ø  kapitalis: pada kurun waktu antara abad 16-18. dimana ada kaum kapitalis (pemilik modal) dan kaum buruh (pekerja)
Ø  kapitalis raya : pada masa penjajahan
Ø  kapitalis akhir: pada masa muncunya paham sosial
14.   
Pertanyaan: Apakah mungkin pertumbuhan ekonomi itu negative? Adakah standar persentase pertumbuhan ekonomi suatu Negara dikatakan sehat? Jelaskan.
Jawaban:Menurut kami ada, karena setiap negara mengalami persentase pertumbuhan ekonomi Pencapaian yang baik untuk suatu Negara haruslah seimbang, baik dari segi kuantitatif maupun dari segi kualitatif. untuk segi kualitatif, perkembangan dan kemajuan juga bisa diukur dari beberapa faktor seperti pendidikan yang merata untuk semua rakyat di Negara tersebut, kesehatan yang memadai, hukum dan juga faktor politik. Biasanya dari segi kualitatif yang baik bisa dilihat dari sistem pemerintahannya yang bekerja dengan baik. Dan apabila terjadi peningkatan GNP(gross national product) riil di negara tersebut. Adanya pertumbuhan ekonomi merupakan indikasi keberhasilan pembangunan ekonomi.  
15.   
Pertanyaan: Menurut Jokowi pertumbuhan ekonomi akan mencapai 7%. Dilihat dari pertumbuhan ekonomi dan stabilitasi politik, mampukah Indonesia mencapai 7%?
Jawaban: menurut kami tidak, karena perusahaan-perusahaan di Indonesia dikhawatirkan tidak cukup berinvestasi di bidang inovasi dan teknologi. "Jika hal ini terus dibiarkan, perekonomian Indonesia bisa terperangkap dalam lingkup pendapatan menengah saja, di mana industri dan pabrik produk mentah tertarik berinvestasi, namun tidak akan mampu meningkatkan level industri negara ini.  Oleh karena itu, pemerintah harus mampu menjadikan investasi menjadi lebih produktif. Dimana industri padat karya harus menjadi prioritas guna meningkatkan pendapatan masyarakat, mengurangi pengangguran karena penyerapan tenaga kerja lebih tinggi. "Upaya yang harus dilakukan dengan berusaha untuk menekan konsumsi dan meningkatkan produktivitas.
16.   
Pertanyaan: Inflasi sekarang ini sangat terjadi. Bagaimana lagi tentang pertumbuhan ekonomi? Apa yang harus dilakukan?
Jawaban: Yang harus dilakukan pemerintah oleh pemerintah Indonesia dan masyarakat Indonesia agar pertumbuhan di Indonesia meningkat tanpa diiringi inflasi yaitu :
Pemerintah diminta untuk memilih fokus kebijakan antara meningkatkan pertumbuhan ekonomi atau menjaga inflasi. Karena jika tidak fokus, akan berdampak pada penurunan pertumbuhan ekonomi. Sejumlah ekonom menilai, keinginan menjaga inflasi pada angka yang rendah akan sulit dicapai jika pertumbuhan ekonomi terus ditingkatkan. Hal lain yang dapat dilakukan untuk meredam inflasi adalah dengan menaikkan suku bunga.  Dengan menaikkan suku bunga, dana di masyarakat naik maka permintaan turun, jika permintaan masyarakat turun maka komponen inflasi akan turun. Namun pertumbuhan ekonomi tidak meningkat. Maka dari itu, pemerintah harus memilih fokus kebijakan antara meningkatkan pertumbuhan ekonomi atau menjaga inflasi.

0 Response to "Soal dan jawaban PERTUMBUHAN EKONOMI | ekonomiakuntansiid"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel