Soal Jawab : Ekonomi Pembangunan & Perkembangan Ekonomi. Indo

Soal Jawab : Ekonomi Pembangunan & Perkembangan Ekonomi

  1. Jelaskan pengertian ekonomi pembangunan dan pembangunan ekonomi. Apakah ada hubungannya?
  2. Jelaskan mengapa pembangunan ekonomi menjadi penting bagi suatu negara?
  3. Sebutkan dan jelaskan teori yang membahas masalah pembangunan ekonomi?
  4. Sebut dan jelaskan teori yang membahas tentang perubahan struktural disuatu negara?
Jawaban :

1.    Ekonomi Pembangunan adalah suatu cabang ilmu ekonomi yang menganalisis masalah” yang dihadapi oleh Negara” sedang berkembang & mendapatkan cara” untuk mengatasi maslah” tersebut supaya Negara” berkembang dapat membangun ekonominya dengan lebih cepat lagi.
Pembanguna ekonomi adalah suatu proses kenaikan pendapatan total dan pendapatan perkapita dengan memperhitungkan adanya pertambahan penduduk dan disertai dengan perubahan fundamental dalam struktur ekonomi suatu negara dan pemerataan pendapatan bagi penduduk suatu negara.
Hubungannya :
2.     Pembangunan ekonomi menjadi lebih penting bagi suatu Negara karena maju atau tidaknya dalam suatu Negara, dapat diketahui dengan melihat pembangunan dan pertumbuhan ekonominya.
3.     Teori yang membahas masalah pembangunan ekonomi :
·         Teori Adam Smith :
Dalam teorinya tersebut di jelaskan bagaimana pertumbuhan ekonomi terjadi dan faktor-faktor serta kebijaksanaan apa yang menghambatnya. Khusus dalam kaitannya dengan petani, pedagang dan produsen, ia menunjukkan betapa arti penting menabung dan memupuk modal serta pentingnya proses pertumbuhan yang berimbang. Disamping itu tentu teori Smith memiliki kelemahan tertentu.
  Pembagian masyarakat secara lugas
  Alasan yang tidak adil bagi kegiatan menabung
  Asumsi yang tidak realistis tentang persaingan sempurna
  Pengabaian wiraswasta (pengusaha)
  Asumsi yang tidak realistis tentang keadaan stasioner
·         Teori Schumpeter :
Dalam teorinya Schumpeter mengasumsikan adanya perekonomian persaingan sempurna yang berada dalam keseimbangan mantap. Dalam keseimbangan yang mantap seperti itu terkandung keseimbangan persaingan sempurna: tidak ada laba, tidak ada suku bunga, tidak ada tabungan, tidak ada investasi dan tidak ada pengangguran terpaksa.
·         Teori John Fei dan Gustaw Ranis :
Teori tersebut berkenaan dengan suatu Negara terbelakang yang kelebihan buruh disertai perekonomian yang miskin sumberdaya, dimana sebagian besar penduduk bergerak di bidang pertanian di tengah pengangguran hebat dan tingkat pertumbuhan penduduk yang tinggi. Ekonomi pertaniannya mandeg. Kebanyakan orang bergerak dilapangan pertanian tradisional, bidang-bidang nonpertanian memang ada, tetapi begitu banyak mempergunakan modal.
Berdasarkan beberapa asumsi, maka Fei dan Ranis menelaah pembangunan ekonomi surplus-buruh menjadi tiga tahap, yaitu (1) tahap pertama, para penganggur tersamar, yang tidak menambah output pertanian, di alihkan ke sektor industri dengan upah institusional yang sama. (2) tahap kedua, pekerjaan pertanian menambah keluaran pertanian tapi memproduksi lebih kecil daripada upah institusional yang mereka peroleh. (3) tahap ketiga yang menandai akhir tahap landas dan awal pertumbuhan swasembada pada saat buruh pertanian menghasilkan lebih besar daripada perolehan upah institusional. 
·         Teori
4. perubahan struktural dari segi ekonomi terjadi suatu peningkatan pendapatan percapita yang diiringi dengan distribusi pendapatan secara merata dan adil. Sebab terkadang incam perkapita suatu negara meningkat tapi hanya dimonopoli oleh golongan tertentu. Sehingga hanya kedengaran pendapatan perkapitanya tinggi tapi busung laparnya juga meningkat.   

0 Response to "Soal Jawab : Ekonomi Pembangunan & Perkembangan Ekonomi. Indo "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel