Soal dan Jawaban Kerjasama Ekonomi Internasional | ekonomiakuntansiid

Soal dan Jawaban Kerjasama Ekonomi Internasional | ekonomiakuntansiid 
Materi 
Berikut ini ditampilkan 100 soal dan pembahasan kerja sama ekonomi internasional. Untuk lebih muda memahami dan menjawab maka baca dulu uraian berikut mengenai Kerja sama ekonomi Internasional. Sebab salah satu keberhasilan bacaan kita manakala setelah membaca ada beberapa soal atau petanyaan yang bisa terjawab baik dari hasil bacaan tersebut maupun dari pengalaman sebelum membaca. Harus diakui bahwa sebagian besar pembaca sudah memiliki pengalaman atau pengetahuan yang banyak. Karenanya gemar membaca. Selain itu harus diakui pula bahwa sebagian orang karena ingin memperoleh pengetahuan  sehingga mereka membaca. Makanya itu setelah membaca kerjakan soal berikut. Kemudian periksa sendiri karena kunci jawaban sudah tersedia.  

Kerja Sama Ekonomi Internasional
Untuk memenuhi semua kebutuhannya, suatu negara perlu bekerja sama dengan negara lain atau perlu kerja sama ekonomi internasional. Dewasa ini dengan semakin modern kebudayaan umat manusia di suatu negara, justru semakin tinggi tingkat kebergantungannya terhadap negara lain. Kerja sama ekonomi internasional adalah suatu kerja sama dalam bidang ekonomi yang dilakukan oleh suatu negara dengan negara lain. Kerja sama tersebut dapat terjadi hanya melibatkan dua negara saja maupun lebih. Dalam lingkup kehidupan bernegara. Saat ini hampir tidak ada negara yang dapat hidup sendiri. Suatu negara pasti membutuhkan kerja sama ekonomi dengan negara lain.


1. Kerja Sama Ekonomi Antarnegara
Kerja sama ekonomi antarnegara adalah bentuk kerja sama yang timbul dalam rangka memenuhi kebutuhan negara-negara anggota. Bentuk-bentuk kerja sama antarnegara sebagai berikut.

    Perdagangan Antarnegara. Perdagangan antarnegara adalah kerja sama yang melibatkan dua negara atau lebih untuk melakukan kegiatan ekspor dan impor.
    Pertukaran Faktor-Faktor Produksi. Sumber daya produksi setiap negara berbeda-beda. Hal ini menyebabkan tidak terpenuhinya faktor produksi yang dibutuhkan. Untuk mengatasinya, didatangkan faktor-faktor produksi, seperti tenaga kerja, mesin produksi, peralatan, dan modal dari negara lain.
    Kerja Sama Bidang Keuangan. Kerja sama dalam bidang keuangan diakibatkan oleh hubungan dagang antarnegara dan pembayaran atas pertukaran faktor-faktor produksi. Misalnya, pengusaha Indonesia ingin mengembangkan usaha, tetapi kekurangan modal. Pengusaha tersebut dapat meminjam modal dari negara lain.

2. Faktor-Faktor Pendorong Kerja Sama Ekonomi
Mengapa suatu negara melakukan kerja sama dengan negara lain? Beberapa faktor yang mendorong kerja sama ekonomi antarnegara sebagai berikut.

    Terbatasnya Kemampuan Negara dalam Memproduksi Barangdan Jasa. Jenis barang dan jasa yang dibutuhkan penduduk suatu negara sangat beragam. Di sisi lain, kemampuan untuk memenuhi semua kebutuhan itu terbatas. Penyebabnya antara lain tidak memiliki sumber daya alam atau teknologi. Untuk mengatasinya, negara tersebut melakukan perdagangan dengan negara lain.
    Perbedaan Sumber Daya Alam, Iklim, dan Sosial Budaya. Faktor-faktor alami yang dimiliki tiap-tiap negara tidaklah sama. Contohnya, sumber daya alam, iklim, dan keadaan sosial budaya di Indonesia berbeda dengan Jepang. Indonesia bisa menghasilkan kayu tropis yang berdiameter tebal, sedangkan Jepang tidak.
    Tuntutan Era Globalisasi. Era globalisasi menyebabkan tidak ada satu negara di dunia yang dapat hidup sendiri. Kemajuan teknologi menyebabkan batas-batas negara seolah menjadi kabur. Globalisasi harus dimanfaatkan sebagai peluang untuk meningkatkan kesejahteraan melalui kerja sama ekonomi.
    Keinginan Membuka Kerja Sama, Hubungan Politik, dan Dukungan dari Negara Lain. Selain keuntungan yang bersifat ekonomi, kerja sama didasari faktor nonekonomi. Setiap negara yang berdaulat pasti ingin membuka kerja sama, hubungan politik, dan dukungan negara lain.
    Keinginan Memperoleh Keuntungan dan Meningkatkan Pendapatan Negara. Setiap kerja sama ekonomi yang dijalankan Indonesia pada dasarnya dilandasi keinginan untuk memperoleh keuntungan. Bentuk keuntungan misalnya pemasukan devisa negara dari kegiatan ekspor. Indonesia tengah menggalakkan ekspor komoditas nonmigas, misalnya barang-barang kerajinan. Selain devisa, keuntungan dalam kerja sama juga berupa transfer teknologi dan keahlian dari negara maju.


3. Tujuan Kerja Sama Ekonomi
Kerja sama ekonomi antarnegara memiliki tujuan sebagai berikut.

    Meningkatkan Ekspor Impor. Untuk memperlancar ekspor impor, Indonesia bergabung dalam organisasi perdagangan sehingga mengetahui kebijakan perdagangan antarnegara. Dengan begitu, Indonesia bisa meningkatkan kinerja ekspor tanpa melanggar aturan.
    Mempercepat Pembangunan Nasional. Kerja sama ekonomi antarnegara berguna untuk mendapatkan modal dan bantuan pembangunan. Kebutuhan dana tersebut disalurkan melalui Bank Pembangunan Asia, Bank Dunia, atau lembaga keuangan internasional lainnya.
    Membebaskan Negara dari Keterbelakangan Ekonomi. Pertumbuhan ekonomi tiap-tiap negara berbeda-beda. Kerja sama ini diharapkan mampu mengurangi ketertinggalan melalui pemberian bantuan berupa modal, teknik, dan sumber daya manusia yang ahli.
    Mempererat Jalinan Persahabatan Antarnegara. Keterlibatan negara-negara di dunia dapat mempererat persahabatan antarnegara di dunia. Kondisi ini memberikan sinyal positif dalam menjaga persaudaraan antarnegara.
    Memelihara Perdamaian Dunia. Untuk mewujudkan perdamaian dibutuhkan peran aktif beberapa negara di dunia. Perdamaian dunia dapat terwujud melalui kerja sama ekonomi antarnegara.


4. Hambatan dalam Kerja Sama Ekonomi
Beberapa hambatan dalam kerja sama ekonomi antarnegara sebagai berikut.

    Ideologi Negara Berbeda.  Perbedaan ideologi dapat menghambat kerja sama ekonomi antarnegara. Misalnya, Cina yang berideologi komunis pernah menutup diri untuk bekerja sama dengan negara lain. Saat ini Cina menjadi negara yang terbuka. Faktanya, saat ini hampir tidak ada negara yang menutup diri dari kerja sama ekonomi antarnegara.
    Konflik dan Peperangan. Kondisi politik dan keamanan suatu negara tidaklah sama. Ada yang kondisinya stabil, tetapi ada yang sedang goyah akibat konflik di dalam negeri atau peperangan. Kondisi ini akan menghambat kerja sama ekonomi antarnegara di dunia.
    Kebijakan Perdagangan yang Merugikan Negara Lain. Dalam kegiatan ekspor impor, suatu negara sering menerapkan kebijakan yang bertujuan melindungi industri dalam negeri dan meningkatkan daya saing. Dampak kebijakan ini juga dapat mempengaruhi hubungan antarnegara sehingga menghambat kerja sama ekonomi.
    Perbedaan Kepentingan Tiap-Tiap Negara. Kerja sama dibutuhkan bagi perkembangan dan masa depan negara di dunia. Akan tetapi, dalam kerja sama antarnegara tiap-tiap negara memiliki kepentingan yang berbeda. Perbedaan ini& dapat menghambat kerja sama yang harmonis.

Soal dan Jawaban Kerjasama Ekonomi Internasional | ekonomiakuntansiid 
5. Bentuk-Bentuk Kerja Sama Ekonomi
a. Kerja Sama Bilateral
Kerja sama bilateral adalah sebuah bentuk kerja sama yang melibatkan dua negara di dunia. Misalnya kerja sama antara Indonesia dengan Republik Korea dalam bidang ekonomi dan teknik.
b. Kerja Sama Regional
Kerja sama regional adalah bentuk kerja sama yang terjalin& antara beberapa negara dalam satu wilayah atau kawasan. Kerja sama ini tidak dapat dilepaskan dari persamaan lokasi, historis geografis, teknik, sumber daya alam, dan pemasaran. Misalnya ASEAN di wilayah Asia Tenggara, APEC di wilayah Asia Pasifik, dan MEE di wilayah Eropa.
c. Kerja Sama Sub-Regional
Kerja sama subregional dilakukan oleh beberapa negara di dalam subkawasan. Misalnya kerja sama tiga negara antara Belgia, Belanda, dan Luksemburg. Kerja sama ini dikenal dengan Benelux. Di kawasan Asia Tenggara juga terjalin kerja sama antara Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Bentuk kerja sama ini berupa kerja sama pertumbuhan ekonomi atau Growth Triangle (IMT-GT). 
d. Kerja Sama Antarregional
Kerja sama antarregional adalah bentuk kerja sama yang melibatkan beberapa negara dalam satu kawasan dengan beberapa negara di kawasan lain. Misalnya negara-negara Uni Eropa menjalin kerja sama dengan negara-negara ASEAN.
e. Kerja Sama Multilateral
Kerja sama multilateral adalah bentuk kerja sama yang melibatkan beberapa negara di dunia tanpa memandang batas wilayah tertentu. Kerja sama ini bersifat global atau internasional. Misalnya, WTO, PBB, Bank Dunia, ILO, WHO, dan UNDP.

6. Badan Kerja Sama Ekonomi
a. Badan Kerja Sama Ekonomi Regional
1) ASEAN
Association South of East Asian Nations (ASEAN) adalah organisasi bangsa-bangsa di kawasan Asia Tenggara. ASEAN didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok atas prakarsa Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand. Pendirian ASEAN berdasarkan Deklarasi Bangkok. Tujuan utama ASEAN adalah mengadakan kerja sama dalam bidang ekonomi, sosial, dan budaya antarnegara anggota ASEAN. Kerja sama ASEAN bertujuan mempercepat pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia Tenggara. Kerja sama ASEAN mengarah perdagangan bebas pada tahun 2003 di kawasan Asia Tenggara(ASEAN Free Trade Area/AFTA). Tujuan AFTA adalah meningkatkan keunggulan kompetitif produkproduk ASEAN, serta mengurangi tarif guna meningkatkan efisiensi produksi atas industri perdagangan. Pada tahun 2015 negara-negara anggota ASEAN menginginkan terbentuknya komunitas ekonomi. Kesepakatan ini diharapkan membawa kawasan Asia Tenggara menuju pasar tunggal dan basis produksi pada tahun 2015.

2) APEC
Pada bulan November 1989 di Canberra, Australia, kerja sama ini disebut Asia Pasific
Economic Cooperation (APEC) yang mencakup Benua Asia, Australia, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Tujuannya menjalin kerja sama perdagangan, investasi, dan pariwisata; memperkuat perdagangan multilateral bagi kepentingan Asia Pasifik serta negara-negara lain; mengurangi hambatan perdagangan antarnegara; serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia guna mendorong pelaksanaan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi. Pada tanggal 5 November 1994 berlangsung KTT II APEC di Bogor, Indonesia yang menghasilkan Deklarasi Bogor (Bogor Declaration). APEC mencanangkan perdagangan bebas pada tahun 2010 untuk negara maju dan tahun 2020 untuk negara berkembang.

3) EEC
European Economic Community (EEC) juga disebut Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE). MEE berdiri pada tahun 1957 di Roma, Italia atas kesepakatan beberapa negara Eropa Barat. Pada bulan Februari 1992 MEE berubah menjadi Uni Eropa (European Union/EU). Untuk mempererat kerja sama negara-negara anggota Uni Eropa, mulai tanggal 1 Januari 1999 dikeluarkan mata uang tunggal, yaitu euro. MEE bertujuan menghilangkan hambatan perdagangan bebas guna memajukan kehidupan ekonomi dan sosial masyarakat Eropa.

b. Badan Kerja Sama Multilateral
1) Bank Dunia
Badan ini berdiri pada tanggal 27 Desember 1945 berdasarkan kesepakatan Konferensi Bretton Woods dan resmi beroperasi pada tanggal 25 Juni 1946. Pendirian Bank Dunia memiliki tujuan antara lain membantu perbaikan dan pendanaan pembangunan negara anggota, mempromosikan investasi swasta asing dengan memberikan jaminan pinjaman yang berkaitan dengan investasi, serta mempromosikan pinjaman jangka panjang dalam perdagangan antarnegara dan menyeleksi program penting berkaitan dengan investasi swasta asing. Dalam menjalankan tugasnya, Bank Dunia memiliki lembaga keuangan sebagai berikut.

a) IBRD
International Bank for Reconstruction and Development (IBRD) adalah badan dunia dalam bidang perbankan untuk pembangunan dan kemajuan negara berkembang. Badan ini berdiri pada tanggal 27 Desember 1945 dan mulai beroperasi tanggal 6 Juni 1946. IBRD memiliki tujuan memberikan bantuan dalam jangka panjang dan jangka pendek bagi negara yang sedang membangun, memberi bantuan teknik secara cuma-cuma, serta meningkatkan perdagangan internasional.

b) IDA
International Development Association (IDA) atau Asosiasi Pembangunan Internasional adalah badan dunia yang menangani bidang pembangunan, berdiri pada tanggal 15 September 1960. IDA bertujuan memajukan pembangunan ekonomi, meningkatkan produktivitas, dan menaikkan standar hidup negara-negara anggota yang kurang maju. IDA memberikan hibah atau bantuan untuk melaksanakan pembangunan proyek bagi negara miskin. Misalnya, proyek air bersih, penanggulangan wabah penyakit, dan mengurangi efek rumah kaca.

c) MIGA
Multilateral Investment Guarantee Agency (MIGA) atau Badan Penjamin Investasi Multilateral adalah badan yang didirikan untuk menjamin investasi modal langsung ke negara-negara berkembang. Investasi modal memiliki tujuan& mengurangi tingkat pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di negara-negara sedang berkembang. Selain itu, MIGA juga mempromosikan investasi langsung ke negara-negara yang sedang berkembang.

d) IFC
International Financial Corporation (IFC) adalah badan dunia dalam bidang keuangan yang memberikan bantuan modal kepada sektor swasta. Badan ini berdiri pada tahun 1956 dengan tujuan memajukan pembangunan ekonomi negara-negara berkembang melalui pemberian modal guna mendorong pertumbuhan sektor swasta, membantu swasta mengalokasikan dana di pasar uang dunia, serta menyediakan bantuan teknik dan analisis bagi dunia usaha dan pemerintah.

e) ICSID
International Centre for Settlement of Investment Disputes (ICSID) atau Asosiasi Internasional untuk Penyelesaian Perselisihan Investasi atau Internasional dibentuk pada tahun 1966. Badan ini bertugas untuk menyelesaikan perselisihan investasi atau penanaman modal antara pemerintah dan negara asing.

2) ADB
Asian Development Bank (ADB) atau Bank Pembangunan Asia didirikan pada tahun 1966. ADB adalah badan keuangan pembangunan yang memberikan bantuan bagi negara-negara Asia yang sedang membangun. Negara yang menjadi anggota ADB terdiri atas negara-negara di kawasan Asia Pasifik. Badan ini berfungsi memberikan pinjaman dan modal untuk kemajuan ekonomi dan sosial, memberikan bantuan teknik dan jasa konsultan pembangunan, mendorong investasi swasta dan modal untuk pembangunan, serta merespons permintaan bantuan dari negara-negara anggota.

3) IDB
Islamic Development Bank (IDB) adalah badan dunia yang memberikan bantuan bagi pembangunan ekonomi dan sosial di negara-negara Islam atau mayoritas penduduknya Islam. IDB didirikan pada tanggal 23 April 1975.

4) IMF
International Monetary Fund (IMF) merupakan lembaga keuangan dunia yang menangani masalah keuangan. Masalah-masalah keuangan yang menjadi wewenang IMF di antaranya inflasi (kenaikan harga) dan pengangguran yang tinggi, depresiasi (penurunan nilai tukar mata uang), devaluasi (kenaikan nilai tukar mata uang) akibat persaingan dagang antarnegara, defisit neraca pembayaran, serta runtuhnya sistem keuangan dan perbankan. IMF berdiri berdasarkan konferensi internasional di Bretton Woods, New Hampshire pada tanggal 1–22 Juli 1944.

  1. IMF menyediakan pinjaman untuk membantu masalah keuangan suatu negara.
  2. memajukan kerja sama moneter internasional;
  3. memberikan kemudahan dalam perdagangan antarnegara
  4. mendorong kestabilan perdagangan;
  5. menjaga perjanjian dan menghindari persaingan perdagangan yang tidak sehat;
  6. menciptakan sistem pembayaran yang lancar dalam perdagangan antarnegara;
  7. mendorong pengurangan hambatan perdagangan antarnegara yang dapat menghambat perdagangan bebas; serta
  8.  meyakinkan negara anggota dengan menyediakan sumber dana IMF.

5) ECOSOC
Economic and Social Council (ECOSOC) atau Dewan Ekonomi dan Sosial adalah badan dunia yang mengurusi masalah ekonomi dan sosial. Badan ini pertama kali melakukan pertemuan pada tanggal 23 Januari 1946 di London. Badan ini bertugas mengoordinasi pekerjaan ekonomi dan sosial PBB, menampung isu-isu tentang hak asasi manusia, serta memfasilitasi kerja sama budaya dan pendidikan internasional. Badan ini membawahi badan-badan khusus PBB sebagai berikut.

FAO. Untuk mengurusi masalah pangan dan pertanian, PBB membentuk badan khusus yang bernama Food Agricultural& Organization (FAO). Badan khusus ini didirikan pada tanggal 16 Oktober 1945. FAO memiliki tujuan antara lain memajukan dan meningkatkan kuantitas dan kualitas bahan makanan, mengurangi bahaya kelaparan, serta mempromosikan kegiatan pembangunan di perdesaan.
ILO. International Labour Organization (ILO) atau Organisasi Buruh Internasional adalah badan khusus yang menangani masalah perburuhan. ILO berdiri pada& tanggal 11 April 1919 yang bertujuan mewujudkan perdamaian dengan terciptanya keadilan sosial, mendorong peningkatan kesejahteraan buruh, serta menciptakan kestabilan ekonomi dan sosial.
UNESCO. United Nations Education Scientific and Cultural Organization (UNESCO) adalah badan khusus yang menangani pendidikan, ilmu pengetahuan, dan budaya.
WHO. World Health Organization (WHO) adalah badan khusus yang menangani masalah kesehatan negara-negara di dunia. Badan ini didirikan pada tanggal 7 April 1948.


6) WTO
World Trade Organization (WTO) atau Organisasi Perdagangan Dunia adalah badan yang menangani masalah perdagangan antarnegara. Perdagangan antarnegara diatur atas kesepakatan negara-negara anggota. WTO berdiri pada tanggal 1 Januari 1995 di Geneva, Swiss. Sistem perdagangan bebas telah ada sejak tahun 1947. Pada tahun 1947 terdapat aturan tentang tarif dan perdagangan dunia, sering disebut dengan General Agreement on Tariffs and Trade (GATT). Sejak berdirinya WTO, kesepakatan tentang perdagangan antarnegara diatur badan tersebut. WTO bertugas menyelesaikan sengketa dagang di antara negara-negara anggota. Badan ini membuat aturan dalam Understanding on Rules and Procedures Governing the Settlement of Disputes (DSU). DSU dilengkapi pengadilan banding bagi negara yang tidak setuju terhadap sanksi yang diberikan atas keputusan WTO.

7) OPEC
Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) adalah organisasi negara-negara pengekspor minyak. OPEC berdiri pada tanggal 14 September 1960 di Bagdad, Irak. Pada tanggal 1 September 1965 sekretariat OPEC pindah ke Vienna,Austria. Organisasi ini bertujuan mengatur produksi dan pemasaran minyak di negara anggota sehingga menghindarkan dari persaingan yang tidak sehat, mengusahakan kestabilan harga minyak mentah dunia, serta mengefisiensikan produksi minyak mentah guna memenuhi kebutuhan dunia.

1. Dampak Positif Kerja Sama Ekonomi
Dampak positif yang diakibatkan oleh kerja sama ekonomi bagi Indonesia sebagai berikut.

    Mendorong Proses Pembangunan Nasional. Proses pembangunan membutuhkan faktor-faktor pendorong, salah satunya adalah modal. Melalui kerja sama ekonomi, Indonesia bisa memperoleh pinjaman modal dari negara sahabat dan lembaga ekonomi dunia. Jenis pinjaman yang banyak dimanfaatkan adalah pinjaman lunak. Pinjaman ini berbunga rendah& dan jangka waktu pengembalian lama. Pinjaman ini digunakan untuk membangun infrastruktur ekonomi seperti jalan, jembatan, dan pembangkit listrik. Setelah dibangun infrastruktur tersebut, kegiatan ekonomi bisa meningkat. Dengan demikian, kerja sama ekonomi telah mendorong proses pembangunan di Indonesia.
    Semakin Diakuinya Indonesia dalam Kancah Pergaulan Dunia. Bangsa Indonesia menjalankan prinsip luar negeri bebas aktif. Melalui kerja sama ekonomi, Indonesia dapat berperan aktif dalam pergaulan dunia. Indonesia dapat menyuarakan kepentingan ekonomi nasional dalam berbagai organisasi dan perundinganperundingan internasional.
    Memperoleh Keuntungan dari Spesialisasi Perdagangan. Sebab utama Indonesia melakukan kerja sama perdagangan dengan negara lain adalah memperoleh keuntungan dan spesialisasi. Meskipun Indonesia dapat memproduksi barang yang sama jenisnya, tetapi ada kalanya Indonesia mengimpor karena harganya lebih murah. Hal ini juga berlaku sebaliknya, yaitu ketika Indonesia mampu menghasilkan produk dengan harga lebih murah, Indonesia bisa mengekspor ke negara lain.
    Meningkatnya Devisa Negara. Kerja sama ekonomi, terutama perdagangan merupakan penyumbang devisa negara. Devisa diperoleh dari ekspor migas (minyak dan gas) dan nonmigas. Cadangan devisa yang besar akan memperkuat perekonomian negara.
    Meluasnya Lapangan Kerja. Kerja sama ekonomi telah berdampak positif pada perluasan lapangan kerja. Misalnya, melalui investasi langsung (Foreign Direct Investment). Perusahaan asing yang mendirikan pabrik di Indonesia akan menggunakan tenaga kerja dari Indonesia. Contoh lain adalah berdirinya usaha-usaha berbasis ekspor, yaitu usaha kerajinan tangan, mebel, dan kaus tangan yang bersifat padat karya.
    Memperoleh Transfer Teknologi Modern dan Pendampingan Teknis. Indonesia melakukan kerja sama dengan negara maju untuk mendapatkan bantuan teknis dan pendampingan. Misalnya, dalam proyek pembangunan bendungan, Indonesia meminta bantunan ahli teknik dari Belanda. Bantuan ini bermanfaat meningkatkan kualitas teknik bangunan.

2. Dampak Negatif Kerja Sama Ekonomi
Dampak negatif yang ditimbulkan atas kerja sama ekonomi antarnegara sebagai berikut.

  • Terjadinya pasar bebas yang mengancam keberadaan industri dalam negeri.
  • Potensi ekonomi terkonsentrasi di negara maju yang dapat menyebabkan perekonomian negara berkembang menjadi tertinggal.
  • Perekonomian suatu negara menjadi tidak stabil akibat semakin bebasnya arus investasi swasta.
  • Adanya keterlibatan pihak asing dalam pengambilan kebijakan dalam negeri yang dapat mengurangi kemandirian suatu negara.
  • Ketergantungan perekonomian dalam negeri terhadap bantuan atau pinjaman dari luar negeri.
  • Tidak adanya hambatan dalam kerja sama ekonomi dapat mendorong masuknya budaya asing yang tidak sesuai dengan jati diri bangsa.
Soal dan Jawaban Kerjasama Ekonomi Internasional | ekonomiakuntansiid 
SOAL-SOAL 1-50
1. Hubungan ekonomi antar-negara tidak selalu sama dengan hubungan ekonomi antar-daerah dalam satu negara. Perbedaan-perbedaan yang jelas terlihat adalah …
    A. perbedaan dalam uang yang digunakan                  B. kondisi politik
    C. kepentingan masing-masing negara                          D. keadaan geografis

2. Salah satu aspek yang dipelajari dalam ekonomi internasional adalah …
    A. pembiayaan internasional                                            B. kebijakan penetapan kurs
    C. penetapan tarif                                                                D. kebijakan utang luar negeri

3. Hubungan ekonomi yang dilakukan antar-negara sedang berkembang disebut juga hubungan ekonomi :
    A. utara-utara                 B. selatan-selatan                      C. regional                     D. antar wilayah

4. Salah satu faktor yang mendorong percepatan hubungan ekonomi internasional antara Indonesia dengan negara lain adalah …
    A. pertukaran informasi yang cepat                B. peningkatan konsumsi barang impor
    C. penanaman modal asing                               D. ekspansi pasaran produk domestik ke luar negeri

5. Bagi Indonesia peranan perdagangan internasional sangat besar. Hal ini disebabkan …
    A. Indonesia memiliki perekonomian terbuka
    B. ekspor Indonesia lebih besar dibanding nilai impor
    C. ada transfer teknologi ke dalam negeri            
    D. kebutuhan impor lebih besar dibanding ekspor

6. Merkantilisme adalah suatu sistem kebijakan ekonomi sebagai upaya untuk menegakkan negara nasional yang kuat dan makmur. Nama merkantilisme ini diperoleh dari :
    A. Adam Smith               B. Columbus                      C. Gerald Malynes           D. Colbert

7. Merkantilisme terbagi menjadi dua kelompok, yaitu merkantilisme murni dan bullionist. Tokoh kelompok bullionist adalah …
    A. Adam Smith               B. Gerald Malynes           C. Colbert                            D. Thomas Mun

8. Merkantilisme di Perancis yang lebih menitikberatkan pada perkembangan industri dalam negeri daripada perdagangan internasional, dikenal dengan nama :
    A. cameralisme               B. bullionist                       C. colbertisme                  D. renaissance

9. Perusahaan-perusahaan dagang yang bertindak di bidang perdagangan guna memperoleh keuntungan yang besar melalui monopoli menimbulkan sifat …
    A. nasionalisme               B. sosialisme                     C. kolonialisme                 D. merkantilisme

10. Salah satu faktor yang mendorong timbulnya kegiatan ekonomi pada era merkantilisme adalah …
    A. adanya revolusi industri                                         B. penemuan daerah-daerah baru di luar Eropa
    C. perkembangan pedesaan yang pesat                  D. intervensi pemerintah yang kuat

11. Diketahui data sebagai berikut :
       Negara      Jumlah Jam Kerja                 Produksi per jam kerja Tersedia
                                             X                                                             Y
       A                                100                                                           2 3
       B                                200                                                           2 1

    Output total negara A jika negara itu berspesialisasi dalam bentuk Y masing-masing adalah
    sebesar …
    A. 200 dan 300 unit         B. 300 dan 400 unit         C. 400 dan 500 unit        D. 500 dan 600 unit

12. Keuntungan mutlak untuk menghasilkan X maupun Y dimiliki oleh negara …
      A. A                               B. B                                         C. A dan B                               D. tidak ada

13. Keuntungan komparatif bagi negara A terletak pada produk …
       A. X                               B. Y                                         C. X dan Y                              D. tidak ada

14. Menurut Mill, perdagangan internasional dapat dilakukan karena DTD A < DTI < DTD B atau sebaliknya. Jadi, dalam bilangan adalah …
      A. 4/5 < DTI < 2       B. 2 < DTI < 5                    C. 5/4 DTI < ½                     D. ½ < DTI < 5

15. Produksi total bila A dan B melakukan spesialisasi produk …
     A. 1,25 unit X dan 2 unit Y                                               B. 1,25 unit X dan 0,5 unit Y
     C. 2 satuan X dan1,25 unit Y                                           D. 5 unit X dan 1,25 unit Y

16. Setiap tambahan satu satuan output X akan menjadi semakin mahal apabila semakin besar …
    A. faktor produksi yang harus dikorbankan               B. barang lain yang harus dikorbankan
    C. tingkat keuntungan yang terjadi                              D. perubahan produksi yang harus dilakukan

17. Macam barang yang akan diekspor oleh suatu negara ditentukan oleh …
    A. tingkat upah dan besar kurs valuta
    B. tingkat upah dan keunggulan komparatif dalam produksi barang tersebut
    C. besarnya kurs valuta dan keunggulan komparatif dalam produksi barang tersebut
    D. biaya produksi barang tersebut

18. DTI harus terletak diantara DTD masing-masing negara agar produk-produk dapat diperdagangkan, pendapat dari …
      A. FD Graham                 B. John Stuart Mill                C. Harbeler                     D. Adam Smith

19. Pada kaus non-kompetitif labour groups, harga barang di dalam negeri ditentukan oleh …
    A. biaya produksi     B. biaya tenaga kerja       C. permintaan timbal balik   D. ongkos transportasi

20. Upah riel merupakan pencerminan produktivitas tenaga kerja, dikemukakan oleh …
    A. Tausigg                       B. Edgeworth                           C. Bastable                      D. Cairness

21. Perbedaan harga yang terjadi untuk barang yang sama diantara dua atau lebih negara disebabkan karena adanya perbedaan …
      A. hadiah alamiah        B. upah                                    C. tenaga kerja               D. keterampilan SDM

22. Perbedaan ongkos produksi berdasarkan waktu/ jam kerja dikemukakan oleh …
    A. Bowley                       B. Edgeworth                            C. Ricardo dan Mill       D. Hekscher dan Ohlin

23. Perbedaan dalam penggunaan proporsi dan intensitas faktor produksi menurut H-O disebabkan karena perbedaan dalam …
    A. hadiah alam              B. teknologi yang dipakai      C. biaya                       D. produktivitas t.k.

24. Bila negara A hanya menghasilkan padi, maka hasil produksi, maka hasil produksi kain adalah sebesar …
    A. nol                             B. DL satuan padi                       C. DC satuan kain         D. DD satuan kain

25. Kurva yang menunjukkan bagaimana interaksi penawaran dan permintaan barang-barang yang diperdagangkan oleh kedua negara itu menentukan besarnya DTI …
    A. kemungkinan produksi     B. kesediaan      C. konsumsi harga     D. penawaran dan permintaan

26. Diketahui DTD masing-masing negara adalah sebagai berikut :
    Negara A : 1x = 6y
    Negara B : 1x = 4y
    Negara C : 1x = 2y
    Apabila DTI nya : 1x = 5y, maka negara …
    A. A mengekspor X dan mengimpor Y                       B. B mengekspor X dan mengimpor Y
    C. A dan B mengimpor X                                               D. A dan C mengekspor Y

27. Pada umumnya tidak akan terjadi perdagangan antara kedua negara apabila terjadi kurva kemungkinan produksi …
     A. sama, selera sama      B. lain, selera lain                 C. sama, selera lain           D. lain, selera sama

28. Bila kedua negara saling melakukan kegiatan ekspor dan impor secara internasional yang saling menguntungkan maka akan terjadi keseimbangan …
    A. produksi                      B. internasional                          C. harga                            D. konsumsi

29. Apabila negara B menghasilkan dua macam barang x dan y dengan K/L yang lebih besar daripada di A, maka nisbah harga relatif faktor-faktor produksi PL/PK negara B dibanding negara A adalah …
    A. lebih tinggi di B          B. lebih tinggi di A                      C. sama                            D. tidak tentu

30. Jika negara A memiliki tenaga kerja lebih banyak dan faktor produksi lain lebih sedikit maka negara tersebut akan  melakukan spesialisasi pada produk yang …
    A. memiliki upah tenaga kerja tinggi                           B. memiliki upah tenaga kerja rendah
    C. relatif padat karya                                                        D. relatif padat modal

31. Salah satu asumsi yang digunakan oleh teorema Euler adalah …
    A. increasing return to scale                                           B. constant return to scale
    C. variable return to scale                                               D. law of diminishing return

32. Salah satu asumsi yang digunakan dalam penyamaan harga faktor-faktor produksi adalah …
    A. empat negara                                                                B. dua faktor produksi
    C. pasar monopoli                                                            D. fungsi produksi homogen nonlinear

33. Jika negara A memiliki keunggulan komparatif terhadap barang Y dibandingkan dengan barang X, maka akibatnya  adalah …
    A. lebih banyak mengekspor barang x                        B. harga barang y relatif lebih murah
    C. negara A akan mengekpor barang y                       D. keseimbangan harga terjadi

34. Penggunaan modal produksi dengan koefisien yang tetap seharusnya tidak dipergunakan dalam teori perdagangan internasional, karena hasilnya pasti tidak akan tepat. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh :
    A. Leontief                       B. Swerling                             C. Valanis                         D. Mc Doughall

35. Menurut Vanek, yang tidak termasuk faktor produksi adalah …
    A. modal                          B. upah                                    C. tenaga kerja                D. sumber daya alam

36. Negara yang dijadikan penelitian yang dilakukan oleh Leontief adalah …
    A. Australia                      B. Amerika Serikat              C. Kanada                          D. Inggris

37. Salah satu faktor yang menentukan besar/kecilnya biaya transportasi dalam perdagangan internasional adalah …
    A. bobot barang tersebut        B. pasar                 C. teknologi yang dipakai     D. lokasi bahan baku

38. Pertumbuhan ekonomi suatu negara dapat mempengaruhi TOT. Pengaruh pertumbuhan ekonomi itu bersifat positif  jika pertumbuhan itu bersifat bias ke …
    A. impor                          B. ekspor                              C. impor/ekspor                  D. tidak impor/ekspor

39. Apabila proporsi pertumbuhan barang impor terhadap pertambahan pendapatan riil (MPC) lebih besar daripada proporsi impor total terhadap pendapatan riil total (APC) maka pertumbuhan ekonomi seperti ini diklasifikasikan  sebagai …
    A. bias pro perdagangan   B. netral       C. bias anti perdagangan   D. bias ultra anti perdagangan

40. Pertumbuhan ekonomi suatu negara diklasifikasikan sebagai bias ultra pro perdagangan apabila …
    A. MSI < D, ny < D          B. MPC < D, ny < D           C. MSI < D, Ey < D            D. MPC < D, MSI < D

41. Menurut klasik, pada negara besar jika terjadi pertumbuhan ekonomi yang menyebabkan TOT = DTD, maka berarti pertumbuhan ekonomi tersebut …
    A. berpengaruh positif      B. berpengaruh negatif                 C. netral            D. tidak berpengaruh

42. Analisis keseimbangan parsial pada perdagangan internasional menunjukkan adanya pengaruh …
    A. upah tenaga kerja                                                         B. ongkos transportasi
    C. harga relatif faktor produksi                                    D. harga barang

43. Industri hilir adalah industri yang berorientasi …
    A. sumber daya alam      B. pasar                                  C. A dan B                         D. ekspor/impor

44. Pungutan yang didasarkan pada persentase nilai total barang impor termasuk ongkos-ongkosnya adalah tarif …
    A. spesifik                      B. ad-valorem                           C. majemuk                        D. tunggal

45. Efek tarif yang menyebabkan terjaadinya transfer kesejahteraan dari konsumen dalam negeri ke produsen dalam  negeri disebut efek …
    A. retribusi                     B. redistribusi                          C. protektif                          D. penerimaan

46. Secara umum yang diuntungkan oleh adanya pengenaan tarif …
    A. pemerintah                B. konsumen                            C. produsen                        D. pemilik modal

47. Tindakan sepihak yang dilakukan oleh negara pengimpor dengan jalan menentukan batas maksimum jumlah sejenis barang tertentu yang boleh diimpor selama jangka waktu tertentu disebut …
    A. kuota impor             B. lisensi impor                         C. subsidi impor                D. substitusi impor

48. Tujuan pokok dari pengenaan tarif adalah melindungi industri dalam negeri agar tidak mengalami  kehancuran. Apabila besarnya tarif itu hanya menyangkut harga output final saja, maka tarif yang dikenakan disebut tarif …
    A. final                          B. nominal                                   C. efektif                             D. spesial

49. Jika sebuah produk x harganya Rp10 juta, dengan besar nilai input adalah Rp4 juta, dikenakan tarif nominal sebesar  20% terhadap output final dan tarif terhadap tambahan sebesar 8%. Maka tarif efektif terhadap produk x adalah …
    A. 8%                           B. 18%                                       C. 28%                                D. 38%

50. Dalam tahap awal pendirian suatu industri, perlu adanya perlindungan terhadap industri tersebut agar persaingan  yang mematikan dapat dihindari. Alasan melindungi industri dalam tahap awal pendirinya, mula-mula dikemukakan  oleh …
    A. Mill – Bastable         B. Paul Prebisch                   C. Stolper – Samuelson         D. Friedrich List

Soal dan Jawaban Kerjasama Ekonomi Internasional | ekonomiakuntansiid 
SOAL-SOAL 51-100
51. Salah satu alasan ekonomi dilakukannya proteksi perdagangan adalah …
    A. ada distorsi pasar     B. kebangkrutan suatu industri      C. embargo              D. infant industry

52. Persetujuan Bretton Woods menghasilkan 3 badan dunia, yaitu IMF, ITO dan …
    A. UNTACD                  B. GATT                                      C. OECD                              D. IBRD

53. Badan dunia yang menangani masalah jangka pendek dalam likuiditas internasional dan membantu negara-negara  anggota yang mempunyai masalah dalam neraca pembayaran adalah …
    A. ITO                         B. IMF                                         C. IBRD                                D. GATT

54. Salah satu tujuan pokok GATT adalah melakukan negosiasi secara komprehensif mengenai perdagangan  internasional …
    A. sertifikat ekspor       B. tarif                            C. subsidi produk                   D. drawback system

55. Pemerintah Amerika akan memberi pungutan khusus terhadap ekspor tekstil Indonesia ke Amerika apabila pemerintah Indonesia terus memberi subsidi terhadap produk tekstilnya, pungutan khusus ini disebut …
    A. conterveiling duties   B. GSP                         C. drawback system              D. MFA

56. Salah satu bentuk integrasi ekonomi adalah masuknya perusahaan multinational ke dalam negeri, misalnya …
    A. Bayer                      B. Nyonya Meneer             C. Air Mancur                        D. Gudang Garam

57. Integrasi ekonomi diantara beberapa negara di Eropa adalah …
    A. EEC                       B. Asean                                     C. Lafta                                 D. Untacd

58. Inti pokok dari MEE (EEC) adalah …
    A. kesatuan pabean     B.pengenaan tarif berbeda        C. tarif sama            D. pengenaan kuota

59. Efek ekonomi yang ditimbulkan oleh sebuah integrasi ekonomi, khususnya sebuah kesatuan pabean dapat dikelompokkan menjadi efek …
    A. statik                      B. dinamik                                   C. statik/dinamik                    D. salah semua

60. Produk-produk pertanian yang diperdagangkan di MEE merupakan saingan berat bagi produk- produk pertanian negara-negara …
    A. berkembang di luar MEE                                               B. maju di luar MEE
    C. di lingkungan Asean                                                         D. dunia ketiga

61. Jika elastisitas pendapatan produk-produk olahan hasil industri adalah lebih rendah daripada elastisitas produk-produk primer akan mengakibatkan harga-harga produk …
    A. hasil industri olahan meningkat                                      B. primer menurun
    C. hasil industri olahan menurun                                         D. primer meningkat

62. Dasar Tukar Internasional yang mengukur hubungan antara harga-harga barang yang diperoleh dari ekspornya dengan harga barang-barang impor yang harus dibayar, disebut …
    A. DTI barter bruto       B. DTI doubel factoral    C. DTI kapasitas impor         D. DTI barter netto

63. Struktur pasar beberapa produk industri olahan dari negara-negara industri pada umumnya bersifat pasar …
    A. persaingan sempurna                                            B. monopoli
    C. oligopoli                                                                    D.monopolistic/oligopolistic

64. Variabel volume ekpor dan impor dimasukkan dalam perhitungan …
    A. DTI doblefactoral      B. DTI kapasitas impor    C. DTI barter bruto        D. DTI single factoral

65. Sifat ketergantungan negara-negara sedang berkembang pada negara-negara industri, terutama dalam hal …
    A. terbatas tenaga kerja                                                       B. pengelolaan sumber alam
    C. pemasaran produk ekspor, teknologi/ modal           D. teknologi yang masih sederhana

66. Diantara kartel-kartel yang telah dibentuk, yang paling berhasil adalah …
    A. UBEC (pisang)        B. IBA (bauksit)                 C. OPEC (minyak)                D. ANRPC (karet)

67. Perusahaan yang bersifat internasional dengan daerah operasi yang melintasi batas negara adalah …
    A. multinasional korporasi (MNC)                       B. join venture (perusahaan patungan)
    C. perusahaan swasta dalam negeri                     D. perusahaan umum negara

68. Kebijakan perdagangan antar perusahaan dalam MNC yang melintasi batas-batas dua atau lebih negara adalah  kebijakan …
    A. perdaganan             B. intra-trade                       C. antar-negara                     D. dalam negeri

69. Jika suatu perusahaan MNC yang mendirikan cabangnya di negara lain selalu disertai dengan aliran dana yang sering disebut investasi …
    A. asing langsung        B. portofolio                                    C. domestik                          D. negara

70. Pembelian saham perusahaan yang berlokasi di suatu negara oleh orang-orang atau perusahaan-perusahaan yang berlokasi di negara lain, dalam bentuk terjadinya pemasukan/transfer modal, sering disebut investasi …
    A. asing langsung        B. portofolio                                    C. dalam negeri                     D. negara

71. Perusahaan dalam negeri yang menjadi mitra perusahaan asing yang beroperasi di dalam negara tersebut, disebut ?
    A. join venture              B. perusahaan asing                       C. dalam negeri       D. perusahaan swasta

72. Tujuan ekonomi MNC adalah memaksimumkan …
    A. penjualan                B. laba                                           C. A dan B                            D. produksi

73. Sifat oligopolistik MNC jelas membawa pengaruh pada pembagian manfaat yang dihasilkan, laba maksimum yang diperoleh tidak akan terjadi bersamaan dengan kesejahteraan maksimum masyarakat, karena semua laba dilarikan ke negara asal. Agar masyarakat negara yang ditempati dapat turut serta menikmati keuntungan tersebut maka diadakan kebijakan-kebijakan, antara lain kebijakan menaikkan pajak …
    A. pendapatan             B. penjualan                                   C. PBB                                 D. benar semua

74. Praktek-praktek penentuan harga MNC pada perdagangan intra perusahaan disebut sebagai …
    A. transfer pricing        B. underpricing                        C. overpricing                        D. ceiling price

75. Apabila pajak perseroan yang dikenakan pada induk perusahaan di negara A ternyata presentasenya besar daripada prosentase pajak perseroan cabang perusahaan MNC di negara B, maka agar MNC tidak mengalami kerugian besar,  cabang MNC di negara B akan melakukan …
    A. under pricing           B. over pricing                           C. plafon harga                      D. floor price

76. Pengiriman laba oleh perusahaan cabang ke perusahaan induk di negara lain, disebut …
    A. redistribusi laba       B. repatriasi laba          C. pembayaran dana               D. pembayaran utang

77. Dalam hal perpajakan umumnya MNC mengikuti aturan pajak …
    A. negara asal             B. negara lokasi usaha      C. aturan PBB/UNO                D. adat internasional

78. Untuk menghasilkan laba maksimal, selain maksimalisasi penjualan, MNC memperhatikan juga persentase pajak,  biaya transpor ekspor-impor, dan …
    A. kebijakan target       B. kurs tiap-tiap negara              C. cabang/pusat          D. politik

79. Perusahaan yang menggunakan strategi Multy Level Marketing (MLM) memiliki sales (tenaga penjual) yang banyak  dan …
    A. domestik/lokal         B.tersebar di seluruh dunia             C. eksportir            D. pengusaha kecil

80. Perusahaan yang menggunakan strategi Multy Level Marketing (MLM) adalah termasuk perusahaan …
    A. domestik/lokal         B. MNC                                        C. eksportir                             D. kecil

81. Sebagian besar kepemilikan perusahaan MNC di seluruh dunia berdasarkan …
    A. perorangan              B. saham publik                            C. kelompok kecil              D. usaha keluarga

82. Kepemilikan perusahaan MNC di seluruh dunia tidak harus berdasarkan jenis tertentu, kecuali
        …
    A. perorangan              B. dimiliki PBB/UNO                 C. kelompok kecil           D. usaha keluarga

83. Perusahaan negara yang didirikan di negara lain termasuk …
    A. domestik/lokal         B. MNC                                         C. eksportir                           D. ekspor/impor

84. Kejadian krisis ekonomi Amerika tahun 2008 yang merambah ke seluruh dunia adalah peristiwa …
    A. naiknya harga-harga           B. jatuhnya harga saham
    C. turunnya presiden                D. harga minyak turun

85. Dampak krisis yang cepat terjadinya merambah ke seluruh dunia (global) disebabkan …
    A. MNC              B. aksi domestik/lokal           C. ekspor/ impor         D. harga minyak turun

86. Yang dimaksud aksi domestik/lokal adalah aksi …
    A. reaksi cepat            B. reaksi tidak langsung                  C. reaksi langsung                   D. balasan

87. Mekanisme pasar dalam krisis ekonomi Amerika 2008 ini sangat kental, yaitu …
    A. harga patokan         B. penjual/pembeli bebas             C. aturan ketat                         D. tanpa iklan

88. Pemerintah Amerika mengeluarkan bantuan/subsidi kepada perusahaan yang jatuh agar …
    A. dapat bunga            B.perusahaan bertahan      C. rakyat resah                 D. masyarakat tenang

89. Bantuan/subsidi pemerintah digunakan perusahaan sebagian besar untuk …
    A. berpesta                 B.membeli kembali saham               C. cadangan          D. pensiun karyawan

90. Bantuan/subsidi pemerintah sebagian lagi digunakan perusahaan untuk …
    A. menutup usaha       B. operasi                                       C. lobi pejabat            D. lobi legislatif

91. Jenis-jenis lobi yang dikenal adalah, kecuali …
    A.komite political action  B. suap/sogok                   C. grass root lobby                     D. tradisional

92. Mengenang kasus BLBI di Indonesia, mungkinkah kasus yang sama melanda Amerika terkait subsidi krisis Oktober 2008?
    A. tidak                       B. mungkin                                    C. salah semua                          D. tidak tahu

93. Patutkah dicari penyebab jatuhnya harga saham di bursa-bursa saham Amerika?
    A. tidak                       B. patut                                         C. salah semua                          D. tidak tahu

94. Kira-kira menurut Anda sebab mula-mula harga saham turun …
    A. harga minyak turun  B. betul semua               C. supreme mortgage                  D. habis lebaran

95. Kenapa harga minyak turun dapat dianggap penyebab harga saham turun?
    A. supply/demand        B. teori psikologis           C. takut terorisme                D. kewajiban agama

96. Apabila si A menaikkan harga maka dia tidak ingin diikuti, supaya nilai kenaikannya tetap
       besar. Sebaliknya, bila menurunkan harga, ingin diikuti. Ini disebut …
    A. supply/demand        B. teori psikologis      C. mekanisme pasar                    D. kewajiban agama

97. Kenapa supreme mortgage dapat dianggap penyebab harga saham turun?
    A. bunga turun             B. bunga tak terbayar      C. perumahan laku            D. kredit rumah lancar

98. Siapa yang paling beruntung dengan adanya krisis ekonomi oktober 2008 ini?
    A. spekulan                 B. orang miskin           C. manajer/karyawan                D. pemilik usaha/saham

99. Kenapa orang miskin dianggap yang paling beruntung dengan adanya krisis ini?
    A. dapat uang              B. paling kecil imbasnya                 C. dapat tertawa      D. dapat tidur

100. Siapa yang paling merugi dengan adanya krisis ini?
    A. spekulan                 B. pemilik usaha/saham                  C. manajer/karyawan        D. orang miskin

Soal dan Jawaban Kerjasama Ekonomi Internasional | ekonomiakuntansiid 
Kunci Jawaban :
1.  A
2.  A
3.  B
4.  D
5.  A
6.   A
7.   B
8.   C
9.   D
10. B
11. A
12. C
13. B
14. A
15. C
16. A
17. A
18. B
19. A
20. A
21. A
22. C
23. A
24. A
25. B
26. B
27. A
28. B
29. A
30. C
31. B
32. B
33. A
34. C
35. B
36. B
37. A
38. B
39. A
40. C
41. A
42. B
43. B
44. B
45. B
46. D
47. A
48. B
49. C
50. D
51. C
52. D
53. B
54. B
55. A
56. A
57. A
58. A
59. C
60. A
61. D
62. D
63. D
64. C
65. C
66. C
67. A
68. B
69. A
70. B
71. A
72. C
73. D
74. A
75. A
76. B
77. B
78. B
79. B
80. B
81.  B
82.  B
83.  B
84.  B
85.  B
86.  B
87.  B
88.  B
89.  B
90.  B
91.  B
92.  B
93.  B
94.  B
95.  B
96.  B
97.  B
98.  B
99.  B
100.B


1 Response to "Soal dan Jawaban Kerjasama Ekonomi Internasional | ekonomiakuntansiid "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel