Skip to main content

Cara Memasang Alarm Anti Maling Motor

Cara memasang alarm anti maling motor. Berbagai cara maling mengambil hak orang lain, mulai dari cara yang mudah sampai cara yang rumit dan sulit untuk ditebak, pemilik kendaraan khususnya pemilik motor diharuskan untuk berhati-hati terutama di waktu-waktu sekarang ini di mana cara semakin canggih ditempuh oleh maling untuk mencuri motor orang lain.

Kali ini memang artikel postingan saya tentag cara memasang alarm anti maling di motor, mungkin agak berbeda dri biasa nya. Niat saya ingin share dan membagikan informasi terkait cara mudah dan praktis memasang alarm canggih anti maling di motor anda. Sebenarnya, alarm yang kami maksudkan ini dapat menjadi jalan keluar atau solusi alternatif pemilik utk mencegah atau langkah preventif agar motor kesayangan anda tak digondol maling atau orang tak bertanggung jawab.

Ini dan cara kerja alarm untuk motor ini pada hakikatnya bisa dikatakan hampir sama dgn cara kerja pada alarm yang di mobil. Ketika orang lain mau mencuri motor, bisa dipastikan sasaran utama dan pertama ialah komponen kunci kontaknya. Nah, ketika maling mengaktifkan / on kontak motor anda, ketika itu pula klakson bakal langsung ber-bunyi dengan keras. Dari itu harus ada upaya mencegah terjadinya pencurian motor milik anda. 

Cara memasang alarm anti maling di motor

Persiapkan terlebih dulu alat-alat yang kami sebutkan di bawah ini:

Alat Untuk Melakukan Pemasangan :
  • Solder yang sudah anda lengkapi dgn timah.
  • Alat potong berupa gunting
  • Alat untuk menutup berupa lakban atau isolasi kabel
Bahan-bahan yang Harus Anda Siapkan (Disertai harga) 
  • Bahan berupa saklar sepanjang kurang lebih 3 kaki (harganya berkisar : Rp.3.000)
  • Bahan berupa kabel dengan panjang kurang lebih 3 meter (harganya berkisar : Rp5.000)
  • Bahan berupa soket relay (harganya sekitar : Rp.5.000)
  • Bahan berupa relay dengan panjang sekitar 4 kaki (harga : Rp.15.000)
Lihat skema pemasangan alarm anti maling motor ini sebagai berikut:
Cara Memasang Alarm Anti Maling Motor

Sekarang kita akan melangkah lebih lanjut ke langkah-langkah instalasi alarm anti maling ini:
  • Pasanglah saklar alarmnya di daerah yg cukup sulit dijangkau oleh orang lain, tapi kita juga harus bisa mengoperasikan atau menjangkaunya, semisal di bawah jok dan lainnya. 
  • Potonglah kabel negatif-CDI motor tang yang berwarna hitam bermotif bergaris warna putih.
CDI Motor


  • Lantas sambungkanlah dgn sakelar alarm yg berkaki 3. Perhatikanlah posisi masing2 kaki, kabel dri CDI menuju bagian saklar di pasang pda kaki nomor 1 (yang pinggir) adapun kabel dri potongan CDI menuju bagian bodi itu di pasang pda kaki nomor 2 (yang tengah). Setelah itu siapkanlah kabel panjang pda kaki nomor 3/pinggir menuju ke klakson, untuk sementara biarkanlah dulu. Sekarang kita lanjutkan ke langkah berikut yaitu pemasangan relay 
  • Pemasangan relay. Pasanglah relay pda soketnya. Pasangkan kaki nomor. 86 dgn kabel panjang dri saklar alarm yg tadi di siapkan. Lantas sambungkan kabel negativ klakson yg berwarna hijau). Sambungkan kaki nomor 30 & 85 menjadi 1, lalu di sambung ke yang positif klakson (kabel yang berwarna orange). Kaki nomor 87 di pasang ke bagian aki, yakni kabel warna merah pda soket yang berwarna hijau. 
  • Janganlah lupa anda rapikan setiap kabel2 sebagaimana kondisi semula.
Lihat video cara memasang alarm anti maling di motor dengan mudah di bawah ini:


Testing & Uji Coba 

Sesudah langkah-langkah di atas anda lakukan dgn benar. Direkomendasikan utk melakukan semacam testing/pengetesan alarm yg sudah kita kreasi / buat barusan.

Pertama-tama, silahkan arahkan sakelar alarm ke posisi : off. Setelah itu, arahkanlah konci kontak motor ke posisi : on (Jika kondisi normal biasanya tak terjadi apa-apa). Setelah itu, hidupkanlah mesin (Jika semua berjalan normal & lancar mesin bisa hidup dgn keadaan sebagaimana biasa / normal). Setelahnya, cobalah tekan bagian klakson (jika berjalan sempurna klakson seharusnya dapat berbunyi secara normal). Bila hasil semua proses testing/pengetesan berjalan baik, anda off-kan dulu kunci kontaknya. 

Langkah kedua, utk mengetes alarm yg telah atau baru saja kita buat, caranya : posisikan sakelar alarm : on terlebih dulu. Cobalah posisikan on kunci kontak (sampai di sini seharus nya klakson anda akan segera berbunyi). Lantas cobalah anda hidupkan mesin (sampai di sini seharus nya mesin tak dapat di hidupkan). Nah, langkah yang terakhir ialah mematikan konci kontak ke : off (jika proses berjalan sesuai arahan seharusnya klakson bakal tetap dan masih berbunyi) 

Nah, utk menghentikan deringan klakson ini. Caranya ialah cabutlah kunci kontak, dengan membuka jok, arahkanlah sakelar alarm ke : OFF.

NB: Jangan anda lupa memposisikan off saklar alarm anda saat atau ketika motor mau di kendarai supaya klakson tak berbunyi terus-terusan.

Bagi sobat semua yang tak mau capek otak-atik kabel saat memasang alarm anti maling motor, sekarang ini telah tersedia alarm anti maling di motor yang sudah jadi tinggal merogok kocek (sedikit saja) dan tinggal anda pasang dan alarm anti malinya sudah siap dipakai.

Demikian yang bisa kami sampaikan buat anda semua tentang cara memasang alarm anti maling motor.

Comments

Popular posts from this blog

SOAL DAN JAWABAN POKOK BAHASAN INDEKS HARGA | ekonomiakuntansiid

SOAL DAN JAWABAN POKOK BAHASAN INDEKS HARGA DAN INFLASI
Untuk lebih memperdalam lagi mengenai indeks haraga maka ada beberapa hal yang harus sahabat ilmu ekonomi ketahui, oleh sebab itu pembahasan kali ini akan membahas tentang metode penghitungan indeks harga, metode penghitungan indeks harga tidak terimbang dan penghitungan indeks harga.
Metode Penghitungan Indeks Harga Secara garis besar, ada dua metode penghitungan indeks harga, yakni metode tidak tertimbang dan metode tertimbang.
a. Metode tidak tertimbang Yaitu metode yang tidak menggunakan faktor penimbang dalam menghitung indeks harga. Karena tidak menggunakan faktor penimbang maka semua barang dianggap sama penting.

Ada dua jenis metode tidak tertimbang, yaitu:

1) Metode agregatif sederhana, yang dirumuskan sebagai berikut:








Contoh soal

Diketahui harga rata-rata 6 macam barang adalah sebagai berikut:

Jika tahun 2001 dijadikan sebagai tahun dasar maka dengan menggunakan metode agregatif sederhana, indeks harga tahun 200…

Soal dan Jawaban Pokok Bahasan Permintaan (Demand) dan Penawaran (Supply) | ekonomiakuntansiid

Soal dan Jawaban Pokok Bahasan Permintaan  (Demand) dan Penawaran (Supply)
Berikut ini akan ditampilkan beberapa soal uraian atau essay dan pembahasan. Akan tetapi sebelumnya ditampikan beberapa teori mengenai Permintaan dan Penawaran, Harga Keseimbangan, Struktur Pasar, Elastisitas, Hukum, Kurva, Komoditas, Input, Ekonomi, agar pembaca tidak terlalu terisolasi kedalam satu pokus . Artinya kalau hanya ditampilkan soal saja boleh jadi pemikiran hanya terkhusus pada satu permasalahan padahal masih banyak permasalahan lain yang berkaitan dengan itu. Permintaan dan Penawaran, Harga Keseimbangan, Struktur Pasar, Elastisitas, Hukum, Kurva, Komoditas, Input, Ekonomi - Masihkah Anda ingat dengan masalah pokok ekonomi? Pada bab sebelumnya telah dijelaskan bahwa masalah itu adalah apakah barang atau jasa yang harus diproduksi dan berapa jumlahnya? Masalah tersebut dapat dipecahkan dengan memperhatikan interaksi antara pembeli dan penjual di pasar. Interaksi tersebut akan menentukan tingkat …

Soal-Soal dan Jawaban Badan Usaha | ekonomiakuntansiid

Soal-Soal dan Jawaban Badan Usaha

Latihan Soal Kegiatan Ekonomi Masyarakat Bab Badan Usaha
Salah satu cara untuk memancing bangkitnya daya nalar setiap orang adalah dengan belajar melalui soal-soal. Makanya itu ditampilkan beberapa soal-soal untuk memancing daya nalarnya sekaligus memacu semangat belajarnya. silahkan dicoba-coba-coba terus insya Allah pasti sukses. 

Soal dan Jawaban Uraian Badan Usaha
1.    Bedakan pengertian antara usaha, perusahaan dan Badan Usaha

Usaha merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan memperoleh hasil yang berupa laba.perusahaan adalah kegiatan usaha yang bersifat tetap, dilakukan secara terus-menerus, dan dikelola secara baik dengan tujuan menghasilkan barang dan jasa sehingga dapat melayani kepentingan umum sekaligus memperoleh laba.Badan usaha merupakan suatu unit ekonomi yang mengkombinasikan seluruh sumber daya ekonomi, seperti sumber daya alam, manusia, modal, serta kewirausahaan untuk menghasilkan barang dan jasa.

2.    Sebutkan jenis bada…