Skip to main content

Ibadah yang Sering Dilakukan Pada Bulan Puasa/Ramadhan

Bulan puasa adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh para umat muslim di dunia, karena pada
bulan tersebut biasanya sebagian besar umat muslim lebih khusyuk untuk beribadah untuk lebih
mendekatkan diri kepada ALLAH SWT.
Selain itu pada bulan puasa atau yang sering disebut bulan suci ramadhan, merupakan ladang untuk mencari pahala sebanyak-banyaknya serta menghapus dosa yang telah lalu, hal tersebut sesuai dengan firman ALLAH SWT yang terdapat pada Al-Qur’an.
Tidak usah panjang lebar berikut merupakan Ibadah yang Sering Dilakukan Pada BulanPuasa/Ramadhan baik itu ibadah mahdhoh dan ghoiru mahdoh

Sholat Tarawih
Ya istilah sholat tarawih hanya ada dibulan puasa, pada bulan selain puasa sholat ini lebih dikenal dengan sholat la’il atau sholat malam. Adapun untuk jumlah rakaat sholat pada sholat tarawih tergantung keyakinan masing-masing asal ada dalil dan meyakini dalil tersebut benar, mungkin ada yang 11, 23 dan lain-lain.

http://www.eksis.info/2017/04/ibadah-yang-sering-dilakukan-pada-bulan.html
sumber gambar: https://belajarislam.com

Sholat Dhuha
Bagi sebagian besar orang melakukan sholat dhuha pada hari biasa merupakan hal yang sulit dilakukan, akan tetapi pada saat bulan puasa hal tersebut merupakan kegiatan yang biasa dilakukan. Biasanya sholat dhuha dilakukan sembari menunggu waktu/jam kerja atau bahkan disaat di tempat kerja.

Tadarus
Tadarus merupakan kegiatan membaca Al-Qur’an baik itu dilakukan secar bersama-sama maupun sendirian. Kebanyakan tadarus ini dilakukan setelah sholat terutama sholat tarawih, sholat subuh, sholat dhuhur dan sholat ashar.

Infaq dan sedekah
Ini merupakan kegiatan sosial dimana untuk infaq biasanya diberikan ke lembaga, seperti halnya masjid, panti, yayasan sosial dan lainnya. Sedangkan untuk sedekah biasanya diberikan langsung ke pihak/personal yang membutuhkan, diantaranya fakir miskin, yatim piatu,  musafir serta pihak lain yang membutuhkan. Infaq dan sedekah merupakan Ibadah yang SeringDilakukan Pada Bulan Puasa/Ramadhan

Zakat
Untuk zakat pada hakikatnya hampir sama dengan infaq dan sedekah, akan tetapi bedanya kalau zakat besarannya sudah ditentukan berdasar Al-Qur’an dan Hadist. Zakat dibagi 2 yakni zakat fitrah (wajib bagi semua orang yang mampu) dan zakat mal (diwajibkan bagi orang yang memiliki penghasilan tertentu). Untuk zakat fitrah memiliki besaran 2,5 kg beras atau bila diganti yang lain harus setara nilainya, sementara untuk zakat mal untuk penghasilan dikenai 2,5% dari penghasilan bersih, sementara untuk zakat mal yang lainnya mengikuti ketentuan sesuai Al-Qur’an dan Hadist (akan dibahas lain waktu).

Demikian merupakan Ibadahyang Sering Dilakukan Pada Bulan Puasa/Ramadhan semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

SOAL DAN JAWABAN POKOK BAHASAN INDEKS HARGA | ekonomiakuntansiid

SOAL DAN JAWABAN POKOK BAHASAN INDEKS HARGA DAN INFLASI
Untuk lebih memperdalam lagi mengenai indeks haraga maka ada beberapa hal yang harus sahabat ilmu ekonomi ketahui, oleh sebab itu pembahasan kali ini akan membahas tentang metode penghitungan indeks harga, metode penghitungan indeks harga tidak terimbang dan penghitungan indeks harga.
Metode Penghitungan Indeks Harga Secara garis besar, ada dua metode penghitungan indeks harga, yakni metode tidak tertimbang dan metode tertimbang.
a. Metode tidak tertimbang Yaitu metode yang tidak menggunakan faktor penimbang dalam menghitung indeks harga. Karena tidak menggunakan faktor penimbang maka semua barang dianggap sama penting.

Ada dua jenis metode tidak tertimbang, yaitu:

1) Metode agregatif sederhana, yang dirumuskan sebagai berikut:








Contoh soal

Diketahui harga rata-rata 6 macam barang adalah sebagai berikut:

Jika tahun 2001 dijadikan sebagai tahun dasar maka dengan menggunakan metode agregatif sederhana, indeks harga tahun 200…

Soal dan Jawaban Pokok Bahasan Permintaan (Demand) dan Penawaran (Supply) | ekonomiakuntansiid

Soal dan Jawaban Pokok Bahasan Permintaan  (Demand) dan Penawaran (Supply)
Berikut ini akan ditampilkan beberapa soal uraian atau essay dan pembahasan. Akan tetapi sebelumnya ditampikan beberapa teori mengenai Permintaan dan Penawaran, Harga Keseimbangan, Struktur Pasar, Elastisitas, Hukum, Kurva, Komoditas, Input, Ekonomi, agar pembaca tidak terlalu terisolasi kedalam satu pokus . Artinya kalau hanya ditampilkan soal saja boleh jadi pemikiran hanya terkhusus pada satu permasalahan padahal masih banyak permasalahan lain yang berkaitan dengan itu. Permintaan dan Penawaran, Harga Keseimbangan, Struktur Pasar, Elastisitas, Hukum, Kurva, Komoditas, Input, Ekonomi - Masihkah Anda ingat dengan masalah pokok ekonomi? Pada bab sebelumnya telah dijelaskan bahwa masalah itu adalah apakah barang atau jasa yang harus diproduksi dan berapa jumlahnya? Masalah tersebut dapat dipecahkan dengan memperhatikan interaksi antara pembeli dan penjual di pasar. Interaksi tersebut akan menentukan tingkat …

Soal-Soal dan Jawaban Badan Usaha | ekonomiakuntansiid

Soal-Soal dan Jawaban Badan Usaha

Latihan Soal Kegiatan Ekonomi Masyarakat Bab Badan Usaha
Salah satu cara untuk memancing bangkitnya daya nalar setiap orang adalah dengan belajar melalui soal-soal. Makanya itu ditampilkan beberapa soal-soal untuk memancing daya nalarnya sekaligus memacu semangat belajarnya. silahkan dicoba-coba-coba terus insya Allah pasti sukses. 

Soal dan Jawaban Uraian Badan Usaha
1.    Bedakan pengertian antara usaha, perusahaan dan Badan Usaha

Usaha merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan memperoleh hasil yang berupa laba.perusahaan adalah kegiatan usaha yang bersifat tetap, dilakukan secara terus-menerus, dan dikelola secara baik dengan tujuan menghasilkan barang dan jasa sehingga dapat melayani kepentingan umum sekaligus memperoleh laba.Badan usaha merupakan suatu unit ekonomi yang mengkombinasikan seluruh sumber daya ekonomi, seperti sumber daya alam, manusia, modal, serta kewirausahaan untuk menghasilkan barang dan jasa.

2.    Sebutkan jenis bada…