Pentingnya Mempelajari Ilmu Ekonomi|ekonomiakuntansiid



Dalam kehidupan sehari-hari, ekonomi sangat diperlukan dalam memenuhi kebutuhan, oleh karenanya ekonomi merupakan salah satu ilmu yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Selain itu, ekonomi sebagai alat untuk mengukur tingkat kemajuan dalam suatu negara, apakah keadaan ekonomi yang baik atau semakin memburuk.
Secara umum, dapat dikatakan bahwa Pengertian Ekonomi adalah sebuah bidang kajian ilmu yang berhubungan tentang pengurusan sumber daya material individu, masyarakat, dan negara untuk meningkatkan kesejahteraan kehidupan manusia. Karena itulah, ekonomi merupakan salah satu ilmu yang berkaitan tentang tindakan dan perilaku manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang berkembang dengan sumber daya yang ada melalui kegiatan konsumsi, produksi dan distribusi.
Dalam ekonomi dikenal juga dengan ilmu ekonomi, Menurut Ensiklopedia Indonesia, ilmu ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari usaha-usaha manusia untuk mencapai kemakmuran serta gejala-gejala dan hubungan yang timbul dari usaha tersebut. jadi secara singkat dapat dikatakan bahwa pengertian ilmu ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari usaha-usaha manusia untuk mencapai kemakmuran.
Dalam kehidupan sehari-hari manusia senantiasa sibuk atau giat bekerja. Petani sibuk mengerjakan sawa atau ladangnya. Pedagang sibuk mengurusi barang dagangannya. Pegawai kantor sibuk bekerja mengerjakan pekerjaan kantornya. Dokter sibuk melayani dan merawat pasiennya. Tiada lain hanya untuk memenuhi kebutuhan secara maksimal yakni untuk mencaopai kemakmuran, sekalipun kemakmuran masih sangat jauh sebab semakin banyak kesibukan seseorang dan semakin banyak penghasilannya maka semakin merasa diri belum makmur.  Yang menjadi pertanyaan sekarang, mengapa ilmu ekonomi sangat penting untuk dipelajari dengan berbagai cara atau metode oleh ummat manusia.

Definisi Ilmu Ekonomi

Berikut ini adalah pengertian dan definisi ekonomi menurut beberapa ahli:

Bila membicarakan tentang ekonomi, secara otomatis kita juga akan membicarakan mengenai ilmu ekonomi dimana ilmu ekonomi merupakan sebuah ilmu kajian yang membahsa dan memperlajari tentang ekonomi itu sendiri. Secara umum, ilmu ekonomi dibagi menjadi 2. yaitu ilmu ekonomi makro dan ilmu ekonomi mikro.
Ilmu ekonomi makro mempelajari perilaku ekonom sebagai keseluruhan tentang kehidupan ekonomi dan ilmu ekonomi mikro lebih memfokuskan pada keputusan-keputusan individu baik sektor rumah tangga maupun perusahaan dalam mengalokasikan sumber daya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
Ilmu Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Inti masalah ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas. Permasalahan tersebut kemudian menyebabkan timbulnya kelangkaan (Ingg: scarcity).
Menurut Prof . Paul . A . Samuelson Ilmu Ekonomi merupakan  suatu studi mengenai individu -individu dan masyarakat yang membuat pilihan, dengan atau tanpa menggunakan uang, dengan menggunakan sumberdaya terbatas – tetapi dapat digunakan dalam berbagaicara untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa serta mendistribusikannya untuk kebutuhan konsumsi, sekarang dan di masa datang, kepada berbagai individu dan golongan masyarakat.
Menurut Sadono Sukirno  “Ilmu Ekonomi menganalisa biaya dan  keuntungan dan memperbaiki corak penggunaan sumber.
Menurut Mankiw  “studi tentang bagaimana masyarakat mengelola sumber daya yang selalu terbatas dan langka”..

Makanya itu wajarlah kalau dalam pembahasan kali ini dikemukakan mengenai beberapa manfaat mempelajari ilmu ekonomi ; Membantu memahami wujud perilaku ekonomi dalam dunia nyata secara lebih baik, Mengetahui lebih baik daripada tidak mengetahui, Membuat yang mempelajarinya lebih mahir atau lihai dalam perekonomian, Bersedia, waspada dan berjaga lebih baik dan aman daripada tidak sama sekali, Memberikan pemahaman atas potensi dan keterbatasan kebijakan ekonomi, Mengetahui membuat lebih bijak daripada tidak
Pada dasarnya, masalah ekonomi yang selalu dihadapi oleh manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi adalah jumlah kebutuhan manusia tidak terbatas sedangkan jumlah alat pemuas kebutuhan manusia terbatas. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi jumlah kebutuhan seseorang berbeda dengan jumlah kebutuhan orang lain, yaitu antara lain : Faktor fisik, Faktor moral,  Faktor pendidikan, Faktor ekonomi, Faktor sosial budaya
Barangkali semua orang sepakat bahwa  perkembangan zaman yang ada, dan perkembangan pengertian ekonomi itu sendiri, sudah banyak yang menyamakan pengertian ekonomi dan ilmu ekonomi itu sendiri. Salah satu contohnya adalah John Stuart Mill dibawah ini:
Pengertian ekonomi sederhananya dikemukakan John Stuart Mill bahwa ekonomi adalah sains praktikal mengenai pengeluaran dan penagihan. Selanjutnya, dijelaskan oleh pakar ekonomi Adam Smith (bapak ilmu ekonomi) bahwa pengertian ekonomi adalah penyelidikan tentang keadaan tentang sebab dan adanya kekayaan suatu negara.
Pengertian ekonomi oleh Paul Anthony Samuelson (Peraih Nobel Prize dibidang Ilmu Ekonomi, 1970) bahwa adalah cara-cara yang dilakukan oleh individu atau manusia dan kelompoknya (ways that are performed by an individual or a man and his group) untuk memanfaatkan sumber-sumber yang terbatas atau langka untuk memperoleh berbagai barang produksi (to utilize limited resources or scarce to obtain various goods production) dan mendistribusikannya kepada masyarakat (and distribute it to the public). Ditambahkan oleh P.A.Samuelson bahwa pengertian ilmu ekonomi adalah studi tentang perilaku orang lain dan masyarakat dalam memilih menggunakan sumber daya yang langka dan yang memiliki beberapa alternatif penggunaan, dalam rangka memproduksi berbagai individu dan kelompok yang ada dalam suatu masyarakat. Selanjutnya Paul Samuelson mengatakan, Ekonomi merupakan cara-cara yang dilakukan oleh manusia dan kelompoknya untuk memanfaatkan sumber-sumber yang terbatas untuk memperoleh berbagai komoditi dan mendistribusikannya untuk dikonsumsi oleh masyarakat
      Pengertian ilmu ekonomi oleh M. Manulang bahwa ekonomi adalah suatu ilmu yang mempelajari masyarakat dalam usahanya untuk mencapai kemakmuran. Begitupun dengan J.L.Mey Junior bahwa pengertian ekonomi sama saja dengan ilmu ekonomi dan oleh karena itu, pengertian ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari usaha manusia, usaha dalam hal ini yaitu ke arah kemakmuran.
Begitupun dengan J.M Keynes (1936), dia memberikan pengertian tentang ekonomi bahwa pengertian ilmu ekonomi adalah teknik berpikir untuk mempertimbangkan biaya dan keuntungan. Sebenarnya
Pengertian Ilmu Ekonomi menurut J. Van Zwijndregt dalam buku Peladjaran ekonomi (1956) bahwa ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari usaha-usaha manusia untuk mencapai kemakmuran. senada dengan Van Zwijndregt, Albert J. Meyer memberikan pengertian ilmu ekonomi ialah ilmu pengetahuan yang mempersoalkan kebutuhan dan pemenuhan kebutuhan manusia.
Lionnel Robbins (Baron Robbins, 1923 dalam buku (Principles Of Economics)) menambahkan pengertian ilmu ekonomi tentang ilmu yang berhubungan erat dengan aspek kelakuan manusia (aspects of human behavior) yang timbul karena kelangkaan alat-alat guna mencapai tujuan yang ada.  Abraham Maslow,  Ekonomi adalah salah satu bidang pengkajian yang mencoba menyelesaikan masalah keperluan asas kehidupan manusia melalui penggemblengan segala sumber ekonomi yang ada dengan berasaskan prinsip serta teori tertentu dalam suatu sistem ekonomi yang dianggap efektif dan efisien
Hermawan Kartajaya,  Ekonomi adalah platform dimana sektor industri melekat diatasnya
  
Dari beberapa pengertian ekonomi dan pengertian ilmu ekonomi diatas sudah jelas bahwa zaman sekarang, pengertian ekonomi dan ilmu ekonomi dapat dikatakan sama. Walaupun beberapa ahli di bidang ekonomi masih beranggapan bahwa tidak dapat membuat sebuah definisi tentang ekonomi ataupun ilmu ekonomi yang tepat membatasi ekonomi itu sendiri dikarenakan cakupan dan aspek yang terdapat didalamnya. Hal inilah yang membuat dahulunya, ilmu ekonomi disebut sebagai ilmu ekonomi politik.
Kesimpulan
 Mengapa Ilmu ekonomi harus Dipelajari sebab Keinginan manusia banyak ragamnya, dan selalu bertambah terus tidak ada habisnya. Sumber daya alam jumlahnya terbatas atau langka serta  Sumber   daya   alam  sebagian   besar tidak   bisa   digunakan   secara   langsung,  harus diolah, diubah bentuk, jumlah, dipindahkan. Semoga bermanfaat




 

0 Response to "Pentingnya Mempelajari Ilmu Ekonomi|ekonomiakuntansiid "

Post a Comment

Postingan Populer

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel