BAGAIMANA MENCAPAI KEBERHASILAN |ekonomiakuntansiid

BAGAIMANA MENCAPAI KEBERHASILAN
Tidak ada satupun yang menyangkal bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi dewasa ini telah melahirkan globalisasi diberbagai segi. Terutama globalisasi ekonomi dunia.Melaju begitu cepat tak tertahankan, sehingga menyebabkan padatnya persaingan yang seiring dengan kepadatan jumlah penduduk.  
Dengan padatnya jumlah penduduk, tentunya persainganpun ikut menjadi ketat, akan tetapi apakah dengan ketatnya persaingan akan menyebabkan kita tidak boleh mencapai kesuksesan/keberhasilan ? jawabnya belum tentu. Sekalipun dengan persaingan yang semakin hari semakin tajam, sampai-sampai semakin melahirkan jurang pemisah antara sikaya dan simiskin semakin lebar. Permasalahannya adalah bagaimana bagaimana cara meraih/mencapai keberhasilan  kapan saja yang terpenting semakin cepat semakin bagus, sebab belum ada larangan untuk cepat menjadi sukses atau mencapai keberhasilan diberbagai segi. Terutama dibidang ekonomi, pertanyaannya kenapa setiap tulisan senantiasa ekonomi senantiasa didahulukan ? karena ekonomi adalah merupakan salasatu penentu utama dari setiap aktifitas baik kebaikan maupun kebatilan, sehingga ada ulama mengatakan kepakiran sangat dekat dengan kekapiran.  
Berikut ini penulis akan menampilkan langkah-langkah strategis untuk mencapai keberhasilan/kesuksesan dalam kehidupan
Langkah-langkah Strategis mencapai Keberhasilan/Sukses dalam Hidup Anda
langkah sukses dalam hidup Semua orang ingin sukses, baik dalam urusan pribadi, keluarga ataupun kelompok seperti pekerjaan, pendidikan, karir dan profesi , sosial, budaya, anak-anak dan orang tua.  Sukses mempunyai definisi tersendiri bagi Anda dan orang lain.  Namun dapat dimengerti bahwa sukses merupakan pencapaian individual yang berdampak kepada orang lain disekitar Anda.  Sukses adalah hasil dari sebuah proses pengembangan diri yang berkesinambungan.  Misalkan Anda sebagai kepala keluarga tentu Anda ingin sukses memberikan pendidikan dan kehidupan terbaik kepada anak-anak dan pasangan hidup.  Sebagai seorang Pemimpin Perusahaan tentu Anda ingin sukses membuat organisasi akan bertumbuh dan berkembang dalam jangka panjang. Berikut langkah-langkah strategis untuk mencapai sukses dalam hidup Anda
Bagaimana Cara Mencapai Keberhasilan.
Cara mencapai keberhasilan merupakan hal yang sudah banyak sekali di bahas oleh para motivator dimana – mana, terutama pada saat usia muda hal itu karena Usia muda adalah Usia yang paling produktif untuk berkarya, saat usia masih muda seseorang masih terkumpul semua kekuatan fisik yang luar biasa sehingga memungkinkan sekali untuknya melakukan cara untuk mencapai keberhasilan di usia muda yang akan kami share disini.
Ada banyak cara mencapai keberhasilan  di usia muda yang sebenarnya bisa anda terapkan agar anda tidak hidup dalam keadaan monoton hanya terpaku pada satu cara saja dalam melakukan kiat sukses di usia muda.
Cara mencapai keberhasilan di usia muda yang paling penting adalah NIAT anda seberapa besar keinginan untuk sukses/berhasil di usia muda. Karena ada banyak tips dan trik sukses di usia muda akan tetapi jika niat tidak ada sama sekali sama saja bohong dan tidak ada nilainya tips sukses di usia muda tersebut.
Mungkin tulisan tentang  cara mencapai keberhasilan/kesuksesan di usia muda ini akan panjang jadi saya sarankan anda membacanya sampai akhir penuh perhatian agar anda bisa mendapatkan ilmu bermanfaat untuk menjadikan anda bisa sukses di usia muda. 
Berikut  Cara mencapai keberhasilan/kesuksesan di usia muda :
1. Miliki Semangat Juang Yang Tinggi dan Berani menghadapi resiko
Semangat adalah bahan bakar hidupmu agar mau bertindak ataupun berkarya, tanpa semangat untuk berbuat anda tidak akan bisa melakukan tips sukses di usia muda selanjutnya. Hidup harus semangat jangan loyo jika ingin berhasil. Harus berani menghadapi resiko (take risks) Hidup akan lebih menyenangkan dan menarik pada saat Anda berani mengambil risiko. Risiko bukan harus dihindari namun dihadapi, karena inilah proses pembekalan Anda menjadi orang yang berpengalaman.  Pada akhirnya Anda akan tahu kebenaran “No Pain No Gain”.  Risiko dapat dikalkulasi dengan baik, meski tidak ada jaminan akan tepat dan akurat.  Setiap peluang akan datang dari mana saja, namun tidak akan berada dalam waktu panjang, sehingga Anda perlu berani mengambil keputusan untuk memanfaatkan peluang tersebut.  Sebuah kehidupan yang sukses meliputi tidak memiliki penyesalan karena tidak mengambil cukup risiko.
2 .Pilih Sekolah Yang Sesuai Bakat Dan Minat Anda
Hal ini jika anda masih berstatus sebagai pelajar di bangku sekolah, maka sebelum anda memutuskan untuk masuk sekolah baru, tentukan dan carilah informasi sekolah yang benar – benar akan membantu mengarahkan anda untuk semakin berkembang dan meningkatkan skil sesuai minat dan bakat anda, hal ini agar anda merasa nyaman dan menikmati proses pembelajaran sehingga ilmupun benar – benar bisa anda resapi kedalam otak. Jangan memaksakan otak anda pada sekolah yang memang tidak sesuai dengan bakat dan minat anda, karena hanya akan menjadi beban mental diri anda.
Diskusikan dengan baik bersama keluarga di rumah ceritakan apa sebenarnya dan dimana potensi anda bisa mendalami pendidikan. utarakan keinginan anda untuk menjadi seorang anak yang terlatih dibidang seni,dan tentunya anda perlu membuktikan keinginan ini dengan prestasi anda. Kemudian tetapkan tujuan anda (Set Goals) Ketika Anda tahu kemana tujuan Anda, maka langkah hidup yang dijalani lebih menyenangkan dan membahagiakan daripada sekedar melakoni hidup mengalir begitu saja.  Anda tidak harus menunggu sesuatu diluar sana untuk membahagiakan Anda di masa depan, karena begitu Anda memutuskan sesuatu maka alam akan segera menjadikannya.
3. Take A risk, beranilah dan Jangan Takut Gagal (Dont Fear Failure)
Beranilah mengambil resiko jika anda ingin tahu seberapa besar potensi yang sudah anda miliki, jika anda belum berhasil bukan berarti anda gagal hanya saja belum berhasil, itu artinya ada yang perlu anda pelajari dan di perbaiki lagi. Jangan Takut Gagal (Dont Fear Failure) Anda perlu tahu bahwa kegagalan adalah bagian dari sebuah proses pembelajaran yang berujung pada keberhasilan dan sukses.  Anda mungkin dianjarkan bahwa gagal adalah pembelajaran buruk dalam hidup, namun ternyata dengan banyak menghadapi kegagalanlah Anda akan belajar untuk sukses. Tidak pernah ada sepanjang hidup Anda akan selalu benar, dan setiap waktu Anda akan berhadapan dengan gagal.  Setiap keberhasilan akan melalui beberapa kegagalan. Gagal lalu bangkit lagi, orang yang gagal lalu berusaha bangkit terus menerus mencoba tidak bisa di katakana gagal, Orang gagal sesungguhnya adalah yang terjatuh lalau tidak mau berusaha berdiri kembali.
Ada banyak sejarah dan kenyataan terjadi orang sukses di usia muda, itu karena mereka berani mengambil resiko dengan mengambil resiko, baik menjalankan bisnis sendirian dan lain sebagaianya. Manfaatkan waktu luang untuk menjalankan bisnis baik di sekolah ataupun di kampus, jalankan bisnis di sela waktu senggang dengan bisnis kecil – kecilan.
Jangan malu apalagi gengsi, malulah kalau anda tidak sukses dan menjadi budak orang berhasil. Jika anda terus berjuang tidak malu mengambil resiko ejekan orang lain percayalah suatu saat anda akan membuat mereka yang menertawakan anda menjadi menelan ludah sendiri.
4. Jangan Mau terbawa Arus
Jika anda ingin berhasil jangan mau terbawa arus modern yang selalu sibuk dengan trend dunia, jangan iri melihat mereka yang selalu tampil keren tapi itu semua dari orang tuanya, justru seharusnya anda malu jika harus bergaya, menaktir pacar dengan uang jajan kiriman orang tua anda. Tampil sederhana tapi hasil sendiri itu jauh lebih keren dan memuaskan.
Jangan alergi jika melihat teman – teman anda memakai handpone canggih terbaru sementara anda masih pakai hp butut atau jadul, berusahalah terus meningkatkan skill dan berjuang mensukseskan diri semuda mungkin. Terkadang handphone mahal hanya akan menyita banyak waktumu di habiskan untuk bermain game dll. di gadget kerenmu. Hindari itu.
5. Meningkatkan Skill Berbahasa Asing
Belajarlah Terus (Keep Learning) dengan rajin dan tekun .
Makin banyak Anda tahu, makin banyak Anda tidak tahu.  Inilah konsep dasar dari belajar tiada henti.  Anda perlu mencari teman baru setiap saat, sehingga semakin luas wawasan dan pengetahuan Anda.  Pengetahuan selalu berdampak pada kehidupan setiap pagi, sehingga menjadi alasan bagi Anda agar selalu berkembang.
Semakin berkembang dan majunya jaman maka kita akan melihat betapa semua peralatan technology menggunakan bahasa pemograman berbahasa inggris, belum lagi kita sudah memasuki pasar global dimana semua penjuru dunia dengan bebasnya masuk ke Negara – Negara lain, hal ini tentunya bahasa internasional yang di gunakan, terutama bahasa inggris, bagaimana anda akan mampu bersaing di persaingan bisnis international jika skill berbahasa asing anda rendah bahkan tidak ada?… Memiliki kemampuan berbahasa asing percayalah akan menjadikan anda banyak manfaatnya di masa mendatang bahkan juga masa sekarang sudah sangat di butuhkan dimana – mana.
6. Jangan Takut Hidup sederhana / Jalani Hidup Seimbang (Life Balanced)
Godaan yang paling berbahya bagi nafsu seseorang adalah kehidupan yang serba mewah, banyak yang rela melakukan apa saja asal hidupnya bisa di lihat mewah, memang hidup mewah tidak dilarang selama anda meraihnya dengan cara yang benar. Tapi jika memang belum saatnya untuk itu bersabarlah dan jangan takut hidup sederhana apa adanya dulu sampai kelak anda tiba waktunya berhasil dengan hasil keringat sendiri.
Lihat bapak Joko Widodo bisa menjadi presiden meskipun kehidupan beliau penuh kesederhanaan, tetaplah berbahagia dengan kesederhanaan meskipun hidup anda sukses besar karena itu akan lebih indah.
Kehidupan selalu berbicara tentang keseimbangan, antara baik dan buruk, tinggi dan rendah.  Dalam kehidupan Anda akan menjalani perbedaan secara pasti, antara keluarga, pribadi, teman dan rekan kerja, komunitas, pasar dan lainnya.  Anda tidak mungkin memenuhi semua keinginan yang ada, namun Anda dapat meraih keseimbangan.  Lakukan pekerjaan Anda dengan sebaik mungkin, dapatkan penghasilan yang baik dari pekerjaan jujur Anda.  Keseimbangan dapat meliputi badan dan pikiran, mental dan spiritual, pribadi dan keluarga.
7.  Tidak berpuas Diri (Don’t Settle)
Jika Anda belum menemukannya makan teruslah mencari, jangan berhenti.  Beberapa kejadian dapat berlangsung dalam waktu yang sama, namun lainnya memerlukan waktu, tenaga dan pikiran yang tidak sedikit.  Apapun yang ada didepan Anda harus dihadapi dan dilalui, jangan pernah berpikir menyerah dan berbalik arah.
8.  Carilah Mentor (Seek a Mentor)
Benjamin Franklin berkata, “beritahu aku maka aku lupa, ajari aku maka ingat, libatkan aku maka aku belajar”.  Caar terbaik meraih sukses Anda adalah dengan belajar kepada mereka yang telah melalui jalan tersebut, sehingga Anda akan meminimalisir kejadian-kejadian yang berpotensi gagal.  Mentor mempermudah Anda melakukan yang terbaik dan efektif mencapai sukses.  Anda perlu luangkan waktu untuk berterima kasih kepada mentor terdahulu yakni orang tua, guru sekolah dan lainnya yang menginspirasi Anda untuk sukses.
9.  Diam dan Perhatikan (Listen)
Banyak orang hanya menunggu waktu berbicara ketiak dia diam, padahal dengan banyak mendengar Anda akan menemukan banyak ide dan pikiran.  Anda dengan lebih mendengar akan sangat mengerti apa yang dibicarakan dan terlibat dalam sebuah percapakan.  Ingatlah, bahwa keterlibatan akan membuat Anda akan belajar.  Mendengarkan memberi Anda kesempatan untuk menyuguhkan nasihat, solusi dan curahan.
10.  Jaringan (Networking)
Dalam membangun sebuah kesuksesan, tentu Anda tidak akan lepas dari orang lain.  Mereka yang menjadi rekanan, bawahan dan atasan Anda akan sangat berperan dalam pengembangan diri dan karir profesional Anda.  Orang akan lupa apa yang Anda katakan, apa yang Anda lakukan, namun tidak akan lupa bagaimana Anda memberikan perasaan kepada mereka.  Anda memerlukan orang lain untuk bersandar mencapai sukses.
11.  Bawa Catatan (Notebook)
Kapasitas pikiran Anda tentu sangat besar, namun perlu dimengerti bahwa kemampuan Anda dalam mempertahankan memory tidak lebih baik daripada sebuah catatan.  Memori otak kita cuma mampu bertahan untuk tiga menit, dan jika Anda tidak ingin kehilangan banyak ide, bawalah catatan dan selalu membawanya kemanapun.
Semoga bermanfaat Amiiin............
 Refrens; linkedin.com.










0 Response to "BAGAIMANA MENCAPAI KEBERHASILAN |ekonomiakuntansiid"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel