Pengertian Kedisiplinan|ekonomiakuntansiid

Pengertian Kedisiplinan
Disiplin dalam setiap lembaga atau perusahaan baik itu perusahaan negara, baik perusahaan swasta, maupun lembaga negara lainnya adalah merupakan suatu idaman yang sangat signifikan. Sebab bagaimanapun majunya, besarnya perusahaan jika didalamnya diwarnai oleh ketidak disiplinan dari setiap karyawan maka lambat atau cepat pasti perusahaan tersebut akan mengalami stagnasi. Bahkan kehancuranpun akan menanti.
Oleh karena itu setiap lembaga senantiasa menekankan mengenai kedisiplinan setiap langkah perusahaannya. Tanpa itu maka cita-cita untuk mencapai output maksimal hanya merupakan angan-angan yang tak mungkin akan terwujud menjadi suatu kenyataan.
Tidak heran jika sebagian besar ahli manajemen mengatakan bahwa kunci utama untuk sukses baik pribadi maupun kelompok adalah disiplin. Baik itu disiplin organisasi, disiplin nasional, disiplin waktu, disiplin sosial, maupun disiplin administrasi.  
 
Maka dari itu: Pengertian kedisiplinan. Berawal dari kata Disiplin adalah prilaku yang tecermin dalam suatu aktivitas stiap indifidu., kelompok atau masyarakat berupa kepatuhan atau ketaatan terhadap peraturan, ketentuan, etika, norma dan kaidah yang berlaku.
Disiplin kerja adalah sikap kejiwaan seseorang atau kelompok yang senantiasa berkehendak untuk mengikuti atau mematuhi segala peraturan yang telah ditentukan. Kedisiplinan dapat dilakukan dengan latihan antara lain dengan bekerja menghargai waktu dan biaya akan memberikan pengaruh yang positif terhadap produktivitas kerja pegawai.
Disiplin berasal dari bahasa latin Discere yang berarti belajar. Dari kata ini timbul kata Disciplina yang berarti pengajaran atau pelatihan. Disiplin berasal dari bahasa Inggris yaitu “disciple” yang berarti pengikut atau murid.
 Dan sekarang kata disiplin mengalami perkembangan makna dalam beberapa pengertian. Pertama, disiplin diartikan sebagai kepatuhan terhadap peratuaran atau tunduk pada pengawasan, dan pengendalian. Kedua disiplin sebagai latihan yang bertujuan mengembangkan diri agar dapat berperilaku tertib. Perkataan disiplin mempunyai arti latihan dan ketaatan kepada aturan. Dengan melaksanakan disiplin, berarti semua pihak dapat menjamin kelangsungan hidup dan kelancaran kegiatan belajar, bekerja, dan berusaha. Kemauan kerja keras yang kita peroleh dari disiplin, akan melahirkan mental yang kuat dan tidak mudah menyerah walaupun dalam keadaan sulit 
Dari pengertian diatas dapat kita simpulkan bahwa disiplin mengacu pada pola tingkah laku dengan ciri-ciri sebagai berikut:

1)    Adanya hasrat yang kuat untuk melaksanakan sepenuhnya apa yang sudah menjadi norma, etik, dan kaidah yang berlaku dalam masyarakat.

2)    Adanya prilaku yang dikendalikan.

3)    Adanya ketaatan (obedience)

Dari ciri-ciri pola tingkah laku pribadi disiplin, jelaslah bahwa disiplin membutuhkan pengorbanan, baik itu perasaan, waktu, kenikmatan dan lain-lain. Disiplin bukanlah tujuan, melainkan sarana yang ikut memainkan peranan dalam pencapaian tujuan. Manusia sukses adalah manusia yang mampu mengatur, mengendalikan diri yang menyangkut pengaturan cara hidup dan mengatur cara kerja. Maka erat hubungannya antara manusia sukses dengan pribadi disiplin. Mengingat eratnya hubungan disiplin dengan produktivitas kerja maka disiplin mempunyai peran sentral dalam membentuk pola kerja dan etos kerja produktif.

Disiplin berasal dari bahasa latin Discere yang berarti belajar. Dari kata ini timbul kata Disciplina yang berarti pengajaran atau pelatihan. Dan sekarang kata disiplin mengalami perkembangan makna dalam beberapa pengertian. Pertama, disiplin diartikan sebagai kepatuhan terhadap peratuaran atau tunduk pada pengawasan, dan pengendalian. Kedua disiplin sebagai latihan yang bertujuan mengembangkan diri agar dapat berperilaku tertib.

Dari pengertian diatas dapat disimpulkan. Kedisiplinan pegawai adalah sikap penuh kerelaan dalam mematuhi semua aturan dan norma yang ada dalam menjalankan tugasnya sebagai bentuk tanggung jawabnya terhadap pekerjaannya

 Macam-macam Kedisiplinan

Dalam dunia pendidikan. Pada dasarnya disiplin muncul dari kebiasaan hidup dan kehidupan belajar dan mengajar yang teratur serta mencintai dan menghargai pekerjaannya. Disiplin merupakan proses pendidikan dan pelatihan yang memadai, untuk itu guru memerlukan pemahaman tentang landasan Ilmu kependidikan akan keguruan sebab saat ini banyak terjadi erosi sopan santun dan erosi disiplin.

Macam-macam bentuk disiplin juga terbagi menjadi:

1)    Disiplin dalam menggunakan waktu.

Maksudnya bisa menggunakan dan membagi waktu dengan baik. Karena waktu amat berharga dan salah satu kunci kesuksesan adalah dengan bisa menggunakan waktu dengan baik

2)    Disiplin diri pribadi

Apabila dianalisi maka disiplin menganung beberapa unsur yaitu adanya sesuatu yang harus ditaati atau ditinggalkan dan adanya proses sikap seseorang terhadap hal tersebut. Disiplin diri merupakan kunci bagi kedisiplinan pada lingkungan yang lebih luas lagi. Contoh disiplin diri pribadi yaitu tidak pernah meninggalkan Ibadan lepada Tuhan Yang Maha Kuasa

3)    Disiplin Sosial

Pada hakekatnya disiplin sosial adalah Disiplin dari dalam kaitannya dengan masyarakat atau dalam hubunganya dengan. Contoh prilaku disiplin social hádala melaksanakan siskaling verja bakti. Senantiasa menjaga nama baik masyarakat dan sebagaiannya.

4)    Disiplin Nasional

Berdasarkan hasil perumusan lembaga pertahanan nasional, yang diuraikan dalam disiplin nasional untuk mendukung pembangunan nasional. Disiplin nasional diartikan sebagai status mental bangsa yang tercemin dalam perbuatan berupa keputusan dan ketaatan. Baik secara sadar maupun melalui pembinaan terhadap norma-norma kehidupan yang berlaku.
Disiplin nasional pada hakekatnya menacakup :
(a)  Terbitnya kesadaran masyarakat dan aparat penyelenggaraan terhadap arti pentingnya disiplin negara.
(b)  Tertibnya ketaatan bangsa kepada aturan hukum
(c)  Terbentuk sistem perilaku demokrasi Konstitusi yang efektif dan efisien
5) Disiplin organisasi adalah senantiasa menjaga keharmonisan didalam sebuah kekompakan agar segala sesuatu pekerjaan dapat dengan mudah terselesaikan secara afektif dan efisien. Kapan dak maka jangankan mengharapkan output  maksimal melainkan kehancuran akan menanti.
6). Disiplin administrasi adalah merupakan kedisiplinan yang tidak boleh harus setiap kegiatan dibina dan ditekankan pada setiap kegiatan baik kegiatan yang sifatnya rutin maupun kegiatan  yang sifatnya temporer.Terutama yang menyangkut masalah absensi kehadiran, dan menyangkut masalah keuangan.
Faktor yang mempengaruhi disiplin nasional :

(a)  Menerima pancasila sebagai satu-satunya asas dalam berbangsa, bermasyarakat dan bernegara.
(b)  Kita telah memiliki berbagai peraturan yang kita yakini kebenarannya
(c)  Kita telah memahami. menghayati dan mengamalkan Pancasila
(d)   Partisipasi masyarakat terhadap pembangunan

 Berikut ini contoh sikap disiplin di jalan raya:
 Menyeberang jalan di tempat penyeberangan,Tidak menerobos lampu merah,Berjalan di sebelah kiri.
 
Disiplin di Sekolah
 Setiap hari senin diadakan upacara bendera. Upacara diadakan untuk melatih kedisiplinan (disiplin berpakaian, disiplin masuk sekolah dan juga disiplin belajar). Untuk mencapai cita cita harus disiplin. Disiplin artinya kalian harus menaati peraturan yang ada, di mana pun tempatnya. Setiap ada aturan atau tata tertib harus ditaati. Jika semua orang menaati aturan, maka hidup ini akan teratur dan tenteram. Di sekolah juga ada tata tertib. Tata tertib di sekolah harus ditaati semua warga sekolah, apabila melanggar tata tertib akan mendapat hukuman. 
Berikut ini contoh sikap disiplin di sekolah:
Tidak terlambat masuk ke sekolah,Melaksanakan jadwal piket,Membuang sampah pada tempat sampah,Tidak membuat gaduh di kelas,Duduk dengan rapi,Bila keluar kelas minta izin.
Disiplin di Masyarakat
 Di masyarakat biasanya tidak ada aturan tertulis. Aturan masyarakat berbentuk norma sopan santun. Baik dan buruk menurut kebiasaan masyarakat. Contoh aturan di masyarakat: (a) jangan membunyikan  radio atau tv keras keras pada malam hari, (b) jangan bermain di jalan umum, (c) jangan bermain layang layang di jalan. Aturan-aturan tersebut tidak tertulis namun apabila melanggar kita sendiri yang rugi. 
Berikut ini contoh sikap disiplin di masyarakat:
Menjaga kebersihan lingkungan, Menjaga keamanan lingkungan,Tidak mengganggu tetangga,Berjalan di sebelah kiri
Membuang sampah pada tempatnya Agar kegiatan sehari hari berjalan dengan lancar harus dibuat jadwal tujuan pembuatan jadwal adalah untuk menciptakan hidup yang tertib dan teratur.
Akibat tidak disiplin  : 1.Kegiatan menjadi terhambat 2.Setiap tugas tidak selesai tepat waktu 3.Hati menjadi gelisah karena hatinya tergesah gesah 4.Prestasi belajar menurun.


0 Response to "Pengertian Kedisiplinan|ekonomiakuntansiid"

Post a Comment

Postingan Populer

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel