Skip to main content

Istilah-Istilah dalam Transaksi di Market Bursa Saham


Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi mengenai Istilah-Istilah dalam Transaksi di Market Bursa Saham pada umumnya. Baikklah langsung saja, diatarannya istilah tersebut yakni:

BUY
Sebagaimana dari arti dari "buy" sendiri yang memiliki makna "beli' pasti juga sudah paham maksud dari istilah ini digunakan ketika kita membeli suatu saham dalam market bursa saham.

SELL
Kebalikan dari "buy", istilah ini memiliki arti menjual atau melepas saham dalam market bursa saham.

TEMPORARY ORDER
Istilah ini biasanya digunakan untuk menandai entry order/transaksi yang dilakukan sebelum market open atau bisa disebut order sementara.

sumber gambar: yuknabungsaham.idx.co.id

SEND TEMPORARY
Nah kalau ini kelanjutan dari Temporary Order, fasilitas ini berfungsi untuk melakukan pengiriman entry order yang dilakukan sebelum maket open dan telah ditandai sebagai Temporary Order untuk dikirim pada saat market sudah open.

DELETE ORDER TEMPORARY
Ini difungsikan ketika Temporary Order / Order Sementara tidak dilanjutkan untuk dikirim ke market yang sudah open untuk dihapus.

AMEND
Amend bisa berarti merubah sebagian atau seluruhnya, artinya intilah ini digunakan untuk mengubah harga dan atau lot pada order yang sudah diinput dan masih bestatus open atau partial.

WITHDRAW
Berbeda dengan Delete Order Temporary, Withdraw/membatalkan ini befungsi untuk menghapus order yang sudah diinput sebelumnya dan masih berstatus open atau partial

ORDER LIST
Order list merupakan kumpulan dari  berbagai order baik yang bersifat temporary maupun open atau partial

TRADE LIST
Trade list merupakan kumpulan dari berbagai order yang sudah done / match dengan market, artinya transaksi buy / sell yang sukses.

PORTOFOLIO
Pada portofolio ini ditampilkan saham yang dibeli serta dalam portofolio ini dapat dipantau aset sahamnya apakah untung atau rugi dari pembelian.

SELECTED STOCK
Selected Stock merupakan halaman yang menampilkan secara realtime data seluruh saham beserta detail perkembangan harga pada hari yang berjalan. Dalam halaman ini kita dapat menentukan / memilih stock / saham apa saja yang akan ditampilkan.

ORDER BOOK
Order ini biasanya digunakan untuk menampilkan informasi satu jenis saham seca realtime. Diantaranya untuk detail informasi dari perkembangan harga dan harga antrian dari jual/beli.

STOCK PRICE SUMMARY
Sama halnya dengan Selected Stock, pada halaman Stock Price Summary ini merupakan halaman yang menampilkan secara realtime data seluruh saham beserta detail perkembangan harga pada hari yang berjalan.

TRADE WACTH
Halaman guna  memantau transaksi yang terjadi di lantai bursa secara realtime.

STOCK RANK
Merupakan informasi dari urutan ranking dari data securities berdasar nilai tertinggi dan terendah yang berdasarkan, Top Gainer (Rp), Top Gainer (%), Top Loser (Rp), Top Loser (%), Top Volume, Top Value dan Top Frequency.

Merupakan informasi mengenai data semua broker yang bertransaksi. Anda bisa melihat broker mana saja yang nilai, voleme dan frekuensi nya paling tinggi dan paling rendah atau urutan keberapa broker tersebut berada.

STOCK TRADE SUMMARY
Informasi yang menampilkan mengenai data ringkasan transaksi berdasar investor type.

STOCK TRADE BY BROKER
Beda hal nya dengan Stock Trade Summary, halaman ini menampilkankan data ringkasan transaksi  dari saham untuk satu broker tertentu.

STOCK TRADE PRICE
Menampilkan informasi mengenai data perkembangan harga per kode stock tertentu secara realtime.

BROKER TRADE SUMMARY
Halaman yang digunakan untuk menampilkan data ringkasan transaksi per broker (semua saham).

BROKER TRADE BY STOCK
Menampilkan data ringkasan transaksi per broker untuk jenis saham tertentu seca realtime.

SECTOR TRADE
Merupakan jenis sektor dari saham, ada berbagai sektor mulai dari Pertambangan, Industri Keuangan, Agriculture dll

IDX INDICES
Halaman yang menampilkan informasi pergerakan index dan juga menampilkan history pergerakan data index secara intraday.

Sama hal nya dengan IDX Indices halaman ini menampilkan informasi pergerakan index dan juga menampilkan history pergerakan data index secara intraday namun beskala regional.

FUTURE
Merupakan istilah untuk kontrak berjangka dan memiliki aturan tertentu, biasanya jangka kontrak antara 12 - 18 bulan.

COMMODITY
Sama halnya dengan Future, commodity merupakan kontrak berjangka dan memiliki aturan tertentu namun dalam bentuk kontrak komoditas, misal Batu Bara, CPO, Copper, Plumbing dll

CURRENCY
Ini merupakan informasi mengenai nilai tukar dari mata uang di dengan berbagai pair.

MARKET SUMMARY
Informasi yang berkaitan dengan data ringkasan dari transaksi market

TARGET PRICE
Merupakan target harga yang ingin dicapai ketika mau menjual ataupun membeli jenis saham tertentu.

Chart merupakan visualisasi yang menceritakan sejarah pergerakan harga dari waktu ke waktu dan biasanya dengan pilihan custom waktu tertentu, adapun pilihan jenis chart, diantaranya Line Chart, Bar Chart, Candle Stick

NEWS
News merupakan informasi / berita yang berkaitan dengan suatu saham atau broker, biasaya news ini berisi mengenai kebijakan, kondisi, peraturan atau lainnya yang dapat mempengaruhi harga dari suatu saham. 

ANNOUNCEMENT
Annoucement ini berisikan informasi / pengumuman-pengumuman dari suatu securities seperti misalnya mengenai training, daftar saham margin, daftar haircut, daftar pre opening dan lainnya.


Demikian mengenai Istilah-Istilah dalam Transaksi di Market Bursa Saham, kalaupun ada yang kurang pasa bisa diinformasikan melalui komentar.

Semoga Bermanfaat, Salam.

Comments

Popular posts from this blog

SOAL DAN JAWABAN POKOK BAHASAN INDEKS HARGA | ekonomiakuntansiid

SOAL DAN JAWABAN POKOK BAHASAN INDEKS HARGA DAN INFLASI
Untuk lebih memperdalam lagi mengenai indeks haraga maka ada beberapa hal yang harus sahabat ilmu ekonomi ketahui, oleh sebab itu pembahasan kali ini akan membahas tentang metode penghitungan indeks harga, metode penghitungan indeks harga tidak terimbang dan penghitungan indeks harga.
Metode Penghitungan Indeks Harga Secara garis besar, ada dua metode penghitungan indeks harga, yakni metode tidak tertimbang dan metode tertimbang.
a. Metode tidak tertimbang Yaitu metode yang tidak menggunakan faktor penimbang dalam menghitung indeks harga. Karena tidak menggunakan faktor penimbang maka semua barang dianggap sama penting.

Ada dua jenis metode tidak tertimbang, yaitu:

1) Metode agregatif sederhana, yang dirumuskan sebagai berikut:








Contoh soal

Diketahui harga rata-rata 6 macam barang adalah sebagai berikut:

Jika tahun 2001 dijadikan sebagai tahun dasar maka dengan menggunakan metode agregatif sederhana, indeks harga tahun 200…

Soal dan Jawaban Pokok Bahasan Permintaan (Demand) dan Penawaran (Supply) | ekonomiakuntansiid

Soal dan Jawaban Pokok Bahasan Permintaan  (Demand) dan Penawaran (Supply)
Berikut ini akan ditampilkan beberapa soal uraian atau essay dan pembahasan. Akan tetapi sebelumnya ditampikan beberapa teori mengenai Permintaan dan Penawaran, Harga Keseimbangan, Struktur Pasar, Elastisitas, Hukum, Kurva, Komoditas, Input, Ekonomi, agar pembaca tidak terlalu terisolasi kedalam satu pokus . Artinya kalau hanya ditampilkan soal saja boleh jadi pemikiran hanya terkhusus pada satu permasalahan padahal masih banyak permasalahan lain yang berkaitan dengan itu. Permintaan dan Penawaran, Harga Keseimbangan, Struktur Pasar, Elastisitas, Hukum, Kurva, Komoditas, Input, Ekonomi - Masihkah Anda ingat dengan masalah pokok ekonomi? Pada bab sebelumnya telah dijelaskan bahwa masalah itu adalah apakah barang atau jasa yang harus diproduksi dan berapa jumlahnya? Masalah tersebut dapat dipecahkan dengan memperhatikan interaksi antara pembeli dan penjual di pasar. Interaksi tersebut akan menentukan tingkat …

Soal-Soal dan Jawaban Badan Usaha | ekonomiakuntansiid

Soal-Soal dan Jawaban Badan Usaha

Latihan Soal Kegiatan Ekonomi Masyarakat Bab Badan Usaha
Salah satu cara untuk memancing bangkitnya daya nalar setiap orang adalah dengan belajar melalui soal-soal. Makanya itu ditampilkan beberapa soal-soal untuk memancing daya nalarnya sekaligus memacu semangat belajarnya. silahkan dicoba-coba-coba terus insya Allah pasti sukses. 

Soal dan Jawaban Uraian Badan Usaha
1.    Bedakan pengertian antara usaha, perusahaan dan Badan Usaha

Usaha merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan memperoleh hasil yang berupa laba.perusahaan adalah kegiatan usaha yang bersifat tetap, dilakukan secara terus-menerus, dan dikelola secara baik dengan tujuan menghasilkan barang dan jasa sehingga dapat melayani kepentingan umum sekaligus memperoleh laba.Badan usaha merupakan suatu unit ekonomi yang mengkombinasikan seluruh sumber daya ekonomi, seperti sumber daya alam, manusia, modal, serta kewirausahaan untuk menghasilkan barang dan jasa.

2.    Sebutkan jenis bada…